Doa Penutup Acara

Posted on

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hallo sobat kali ini rumus.co.id akan menytampaikan materi tentang Doa Penutup Acara dalam ajaran islam, arab dan latin lengkap dengan pengertian, keutamaan, makna, arti, adab dalam dalam berdoa, supaya mudah dipahami.

Doa Penutup Acara – Adalah suatu peristiwa atau kegiatan umumnya harus ditaati sedemikian rupa sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam hal tersebut dapat dilaksanakan setelah membaca atau penutupan juga harus membaca. Seorang muslim apa bila mengadakan acara dan kegiatan sebaiknya harus membaca doa di akhir acara atau di awal acara.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Doa Penutup Acara Adalah

Doa-Penutup-Acara

Dalam sebuah acara biasanya berakhir dengan permintaan maaf dari pembawa acara dan memiliki kata atau tindakan salah satunya adalah ucapan terima kasih atau doa penutup acara.

Ketika membaca tentu berharap bahwa pengetahuan dan wawasan yang kita dapatkan dari suatu acara dapat dipraktikkan dan dapat melakukannya atau dapat bermanfaat sesuai dengan iman yang kuat.

Dalam doa terakhir dari acara ini adalah untuk meminta ampun kepada Allah SWT untuk semua dosa yang telah kita lakukan baik dosa sengaja atau dosa tidak sengaja.

Bahasa Majlis adalah tempat untuk duduk, di mana kata majelis digunakan untuk menunjukkan berbagai jenis pertemuan antara kelompok atau orang dengan minat yang sama.

Dalam bahasa Indonesia terutama yang beraga islam pada saat mengadakan acara pasti diadakan doa penutupan suatu kegiatan dan hanya dibaca di akhir kegiatan.

Sebagai pujian kepada Alloh dan rasa syukur dapat menyelesaikan pembelajaran dengan membaca doa intinya akan bermanfaat agar kita tidak rugi dan menjadi tidak berguna atas apa yang telah kita lakukan.

Baca Juga: Arti Syukron

Adab Saat Berdoa

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan membrikan tata cara atau adab ketika kita berdoa dan memmanjatkan pujian kepada Allah SWT diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kita harus mengabdikan diri untuk berdoa atau kita harus berdoa dengan sungguh-sungguh dan selalu berharap segera dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Ketika berbicara atau berdoa harus direkam dan ditafsirkan dan menstabilkan makna dalam.
  • Angkat kedua tangan dan telapak tangan di depan dada atau di tengah dada.
  • Berdoalah dengan menghadap kiblat.
  • Jangan tergesa-gesa saat membaca doa.

Baca Juga: Arti Ar Rahman

Keutamaan Doa Penutup Acara

Dalam memanjatkan doa di akhir acara atau kegiatan dapat menghapus dosa-dosa yang sengaja kita lakukan atau tidak, disini juga akami akan memberikan keutamaan di dalam nya adalah.

  • Dengan berdoa di akhir acara diharapkan mendapatkan pengetahuan dan wawasan dari pertemuan acara dan bermanfaat untuk masa depan.
  • Allah SWT akan membuat kita lebih mudah untuk meraih surga-Nya dan Allah tidak marah dengan hamba-hamba-Nya.
  • Jika kita berdoa pasti akan mengalami hal-hal baik.
  • Dapat menguatkan iman.
  • Dapat menenangkan jiwa.

Baca Juga: Arti Al Malik

Hadist Doa Penutup Acara

Adapun terdapat beberapa hadist tentang hal tersebut diantaranya adalah.

Rasulullah-SAW-bersabda

Hadist Yang lainnya:

Rasulullah-SAW-bersabda1

Baca Juga: Arti Al Amin

Doa Penutup Acara 

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memaberikan apa yang kami maksudkan supaya mudah di hafal dan mudah di pahami diantaranya adalah sebagai berikut.

doa1

Doa Yang lainnya

doa2

Doa yang lainnya

doa3

Demikian lah sobat yang dapat kami ulas tentang doa penutup acara lengkap dengan hadist dan maknanya, semoga apa yang sudah kami ulas di atas dapat berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Ukhti Fillah Artinya

Related posts: