Distribusi Adalah

Posted on

Distribusi Adalah – Seseorang yang terlibat dengan kegiatan-kegiatan ekonomi pasti sudah paham mengenai istilah yang satu ini. Sebab, kegiatan distribusi memiliki peran yang sangat penting di dalam proses jual-beli produk.

Distribusi Adalah

Sederhananya, Distribusi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyalurkan produk baik itu berupa sebuah barang dan juga jasa dari pabrik ataupun produsen kepada para konsumennya.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai Kegiatan Distribusi, yuk kita simak bersama-sama penjelasan dari kegiatan Distribusi beserta dengan hal-hal yang berhubungan didalamnya.

Distribusi Adalah?

Distribusi adalah suatu kegiatan mendistribusikan atau memasarkan sebuah produk baik itu berupa barang ataupun jasa dari para produsen ke konsumen sehingga produk tersebut dapat disebarluaskan.

Seseorang yang melakukan kegiatan Distribusi ini disebut sebagai Distributor yang berperan sebagai perantara untuk memudahkan para konsumen dengan pemilik barang ataupun produk untuk dipertemukan.

Dalam pelaksanaannya, Distribusi termasuk kedalam bagian dari proses pemasaran yang dapat menciptakan nilai tambah bagi suatu produk melalui berbagai fungsi seperti manfaat, lokasi, waktu dan juga hak-hak produk.

Definisi Distribusi Menurut Para Ahli

Supaya kalian dapat memahami pengertian dari Distribusi yang ada diatas, yuk simak penjelasan dari Distribution menurut para ahli dibawah ini, yaitu sebagai berikut :

  • Assauri, mengatakan bahwa Distribution merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memindahkan produk dari produsen ke pengguna akhir dengan melewati saluran penjualan tepat waktu.
  • Basu Swastha, mengatakan bahwa Distribution merupakan saluran pemasaran melalui produsen yang mengirimkan produk mereka ke industri atau konsumen. Terdapat beberapa tingkatan distributor dalam saluran penjualan ini, mulai dari Produsen, Distribution dan juga Konsumen.
  • Soekartawi, mengatakan bahwa Distribution merupakan suatu kegiatan menjual ataupun mengirimkan barang dan juga jasa untuk menjangkau pengguna akhir.

Tujuan Adanya Kegiatan Distribution

Tujuan utama dari kegiatan Distribution ini memang merupakan salah satu penentu bagi kelangsungan suatu kegiatan produksi. Berikut ini merupakan tujuan dari Kegiatan Distribusi, yaitu :

1. Menjamin Produk Sampai Ketangan Konsumen

Fungsi dari kegiatan Distribution adalah untuk menjamin bahwa suatu produk baik itu berupa barang atau jasa yang diciptakan oleh produsen dapat sampai ke tangan konsumen dengan keadaan yang baik.

Proses distribusi yang satu ini terdiri dari banyak hal, tidak hanya pengiriman produk, tetapi juga promosi produk ke pengguna akhir. Oleh karena itu, proses pengiriman produk harus diteruskan dengan baik kepada konsumen.

2. Untuk Menjamin Kelangsungan Dari Proses Produksi

Distributor yang baik pasti akan menjamin kelangsungan dari kegiatan produksi barang atau jasa. Karena Distributor memainkan peran yang sangat penting untuk kelangsungan dari kegiatan produksi.

Jadi ini tidak akan mengarah pada akumulasi barang atau produk di dalam gudang pabrik. Hal ini juga berarti bahwa produk akan terus didistribusikan kepada para konsumen akhir.

Baca Juga :
Jenis – Jenis Produksi
Teori Perilaku Konsumen
Cara Jualan Di Shopee

Jenis – Jenis Kegiatan Distribusi

Secara umum, Kegiatan Distribusi dibedakan menjadi dua jenis Distribution Langsung dan Tidak Langsung. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis Distribution, yaitu :

1. Direct Distribution

Distribusi langsung merupakan suatu kegiatan dengan tujuan untuk mendistribusikan barang yang diproduksi oleh produsen langsung ke konsumen.

Dengan kata lain, produsen bertindak sebagai mitra penjualan dalam proses perdagangan, sehingga hal ini dilakukan bukan melalui perantara atau pihak ketiga.

2. Indirect Distribution

Dalam distribusi tidak langsung, barang atau produk yang diproduksi oleh produsen didistribusikan kepada konsumen melalui perantara atau pihak ketiga. Dalam hal ini, pedagang dapat menjadi individu atau distributor.

Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Distribusi

Secara umum, terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kegiatan Distribution. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan Distribusi tersebut, yaitu :

  • Jumlah produk atau layanan yang dihasilkan.
  • Jenis barang atau jasa yang diproduksi.
  • Luas Wilayah atau daerah tujuan kegiatan distribusi.
  • Mode transportasi
  • Sarana komunikasi
  • Faktor Bisnis
  • Faktor biaya
  • Keadaan pasar

F.A.Q

Apa itu Distribusi?

Distribution sering diartikan sebagai suatu kegiatan mendistribusikan atau memasarkan sebuah produk baik itu berupa barang ataupun jasa dari para produsen ke konsumen sehingga produk tersebut dapat disebarluaskan.

Seseorang yang melakukan kegiatan Distribusi disebut?

Individu yang melaksanakan kegiatan Distribution ini disebut sebagai Distributor yang berperan sebagai perantara untuk memudahkan para konsumen dengan pemilik barang ataupun produk untuk bertemu.

Komponen-komponen dalam Distribusi?

1. Pedagang
2. Agen
3. Makelar
4. Eksportir
5. Importir
6. Komisioner

Sekian dari pembahasan dalam artikel kali ini. Semoga membantu pembaca untuk memahami apa itu Distribusi beserta dengan hal-hal didalamnya.