Dioda Zener – Pengertian, Rumus, Karakteristik, & Cara Mengukur

Posted on

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai diode dan medan magnet. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian diode zener, rumus, karakteristik, dan cara mengukur. Simak penjelasn berikut ini

Pengertian Dioda Zener

Pengertian dioda zener adalah Komponen Elektronika yang terbuat dari Semikonduktor dan merupakan jenis Dioda yang dirancang khusus untuk dapat beroperasi di rangkaian Reverse Bias (Bias Balik).

Diode Zener merupakan semikonduktor paling banyak di gunakan karena mudah dan sederhana di bandingkan dengan yang lain. Selain sederhana dan mudah dioda Zener juga banyak di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada umumnya alat ini di gunakan untuk kestabilan arus listrik, karena arus litrik akan lebih baik dalam keadaan stabil. Alat ini mudah sehingga banyak di gunakan di kalangan masyarakat, hampir setiap rumah pasti mempunyai alat sejenis ini.

Jika dioda lainnya di gunakan sebagai penyearah arus tetapi berbeda dengan diode Zener. Diode Zener dirancang supaya bisa beroprasi pada rangkaian bias balik atau reverse bias.pada sebuah rangkaian biasa maju atau forward bias dan dipasangkan Zener berfungsi seperti diode pada umumnya yaitu penyearah arus. Akan tetapi jika dipasangkan pada reverse bias balik diode akan mencapai tegangan breakdown dan tegangan ini kemudian menjadi tegangan referensi.

dioda zener

Fungsi Dioda Zener

Berikut ini adalah fungsi diode Zener antara lain:

  1. Penyestabil lever tegangan
  2. Pendeteksi tegangan tertentu
  3. Pembatas sinyal input
  4. Pengaman Electro Static Discharge (ESD)

Cara Mengukur Dioda Zener

Mengukur diode Zener sama saja seperti mengukur peyearah yang biasa di gunakan pada power suplay. Tetapi lebih mudah kerena menggunakan AVO meter atau multimeter yang memiliki fitur mengukur diode. Posisi kaki anoda di sesuaikan perhatikan gambar dibawah ini

Cara mengukur

Jika di ukur dengan multimeter ternyata di bolak balik polaritasnya tetap menunjukkan angka pada meter, bisa di pastikan diode tersebut disebut short atau bocor.

Rumus Dioda Zener

rumus

Contoh Soal Dioda Zener

Dalam rangkaian catu daya tersebut di atas, dipasang sebuah dioda zener yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan. Nilai tegangan zener atau break down zener sebesar 10 V. Tegangan di sisi elco sebesar 40 VDC. Resistor yang diseri dengan zener sebesar 470 Ohm. Impedansi output sebesar 200 Ohm. Berapa output tegangan yang dihasilkan oleh rangkaian? Berapa besar arus yang bisa mengalir dalam rangkaian? Dan berapakah arus zener minimal dan maksimal yang dihasilkan oleh rangkaian tersebut?

Penjelasan:

Baca Juga:

Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik

Demikian penjelasan mengenai pengertian diode zener, rumus, karakteristik, dan cara mengukur. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana