Descriptive Text

Posted on

Descriptive Text – Teks Deskriptif adalah salah satu jenis teks yang sering digunakan didalam kehidupan sehari-hari untuk menggambarkan sebuah benda, tempat, manusia, hewan dan lainnya.

Teks ini juga dapat diartikan sebagai sebuah teks yang ada didalam bahasa Inggris untuk menjelaskan seperti apa benda atau mahluk hidup yang akan kita jelaskan, baik secara kenampakan, suara, tekstur, bau, jumlah, maupan sifat-sifatnya.

Jenis teks ini tidak memerlukan informasi secara detail misalkan seperti melalui hasil dari penelitian atau observasi yang dilakukan secara mendalam. Melainkan, teks ini lebih ke menjelaskan apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan terhadap sesuatu ingin dideskripsikan.

Descriptive Text

Defintion Descriptive Text

Descriptive text ini berasal dari dua suku kata yaitu ‘Descriptive’ yang berarti sebuah gambaran dan ‘Text’ yang berarti sebuah tulisan. Jadi dapat disimpulkan bahwa, Descriptive Text adalah sebuah karya tulis yang berisikan penggambaran dari sesuatu yang dilihat.

Atau dengan kata lain teks deskripsi adalah suatu tulisan atau teks yang didalamnya berisikan penjelasan mengenai sifat-sifat yang terdapat pada sesuatu, baik itu manusia, tumbuhan, hewan, ataupun benda mati seperti rumah, mobil, motor dan lain sebagainya.

Baca Juga : Narrative Text

Characteristics of Descriptive Text

Terdapat beberapa karakteristik dari Teks Deskriptif yang dapat membedakannya dengan jenis teks yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Sebuah teks yang menggunakan simple present tense 
  • Didalamnya terdapat beberapa attribute verb, seperti be (am, is, are) 
  • Sebuah teks yang hanya fokus pada satu objek saja.
  • Menggunakan sebuah kata sifat atau adjective.
  • Penulisannya menggunakan bahasa yang sangat menarik.

Descriptive Text Structure

Terdapat beberapa struktur didalam penulisan Teks Deskriptif agar tulisan yang kita buat dianggap benar, yaitu diantaranya adalah :

  • Identification, merupakan salah satu bagian yang berisikan pengenalan dari sesuatu yang akan dideskripsikan, misalnya seperti pengenalan tokoh ataupun pengenalan karakter dan juga topik yang dibahas.
  • Description, merupakan salah satu struktur yang berfungsi untuk menggambarkan sesuatu secara detail dan juga lengkap dari berbagai aspek seperti warna, bentuk, ciri, ukuran dan lain sebagainya.
  • Conclusion (Kesimpulan), pada bagian ini boleh ada boleh juga tidak, sebab hal ini tidak akan mempengaruhi bentuk dan juga fungsi dari descriptive text itu sendiri.

Descriptive Text Language Rules

Terdapat beberapa ciri kebahasaan dari Teks Deskriptif ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Didalamnya memakai kata benda sesuai dengan topik yang ingin dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dan lain sebagainya.
  2. Terdapat sebuah frasa yang mengandung unsur kata benda. Contohnya seperti beliau adalah seorang direktur yang rendah hati, dan lain sebagainya.
  3. Terdata sebuah kata sifat yang umumnya bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua kaos putih, tiga sepatu hitam, dan lain sebagainya.
  4. Mengandung sebuah kata kerja Transitif yang akan digunakan untuk memberikan informasi secara subjektif. Seperti: wanita itu mengenakan seragam coklat susu, dan lain sebagainya.
  5. Terdapat sebuah kata kerja yang mengandung unsur perasaan atau pendapat dengan tujuan untuk menyatakan pendapat pribadi dari seorang penulis tentang objek yang dibahas. Seperti: saya pikir dia adalah anak yang cerdas, saya yakin harga buku itu sangat murah, dan lain sebagainya.
  6. Mengandung sebuah kata keterangan yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek yang sedang dibahas. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin, di taman, dan lain sebagainya.
  7. Terdapat sebuah bahasa kiasan yang berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: senyumnya manis seperti gula merah, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Teks Deskripsi

Contoh Descriptive Text

Setelah menimak beberapa penjelasan yang ada diatas, dibawah ini terdapat beberapa contoh descriptive text yang dapat memudahkan kalian untuk memahaminya, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 : Beautiful Lake

The lake is a calm waters that inhabit a large enough basin that is the surface of the earth. The entire surface of the basin is surrounded by land.Lake is a water that does not flow and only forms a dam.

Even though it is in the form of a dam, the water in the lake has a very high level of clarity. Most lakes on this earth are inundated by fresh water and have a level of clarity that is commonly found in the northern hemisphere because it has a higher land mass.

The depth of a lake is very different and cannot be determined. Because, lakes are waters that are on land that do not have specific criteria. The lake is also used as a habitat for several types of living things.

Artinya : Danau Yang Indah

Danau adalah perairan tenang yang menghuni cekungan besar yang terdapat dipermukaan bumi. Seluruh permukaan dari cekungan ini dikelilingi oleh daratan. Danau adalah air yang tidak mengalir dan hanya membentuk bendungan saja.

Danau adalah sebuah perairan yang tidak mengalir dan hanya membentuk sebuah bendungan saja. Meskipun berbentuk bendungan, air yang ada di danau memilki tingkat kejernihan yang sangat tinggi

Kebanyakan danau yang ada di bumi ini digenangi oleh air tawar dan memiliki tingkat kejernihan yang umumnya banyak ditemukan di belahan bumi utara karena memiliki daratan yang lebih tinggi.

Kedalam yang dimiliki oleh sebuah danau sangat berbeda-beda dan tidak dapat ditentukan. Sebab, danau adalah perairan yang terdapat didaratan yang tidak memiliki kriteria khusus. Danau juga dijadikan sebagai habitat dari beberapa jenis makhluk hidup.

Contoh 2 : Roses

Rose is one type of flowering plant that has a special type, that is, if seen from the shape and characteristics of this plant. Because, this flower is used as an ornamental plant, because it has beautiful shapes and colors.

This plant is included in the group of closed seed plants, the stem of this plant is also opened by thorns which are quite sharp. As one dicotyledonous plant, this plant has a taproot.

The stem and roots of this plant have enlarged cambium and this flower consists of 5 leaves of makhota. In addition, roses also have a variety of shapes and colors. The ovary of this flower is parted by the leaves of the machota and also the petals.

Artinya : Bunga Mawar

Bunga Mawar adalah salah satu jenis tanaman bunga yang memipunyai ciri khusus, yaitu jika dilihat dari bentuk dan karakteristik dari tanaman ini. Umumnya, bunga ini digunakan sebagai tanaman hias, karena mempunyai bentuk dan juga warna yang indah.

Tanaman ini termasuk kedalam kelompok tumbuhan biji tertutup, batang dari tanaman ini juga dipenuhi oleh duri-duri yang cukup tajam. Sebagai salah satu tumbuhan dikotil, tanaman ini mempunyai akar tunggang.

Batang dan juga akar dari tanaman ini memiliki kambium yang dapat membesar dan bunga ini terdiri dari 5 helai daun makhota. Selain itu, Bunga mawar juga mempunyai berbagai macam bentuk dan warna. Ovari dari bunga ini terletak dibagian daun makhota dan juga kelopaknya.

Baca Juga : Contoh Kalimat Deskripsi

Apa itu Descriptive Text?

Descriptive Text adalah sebuah karya tulis yang berisikan sebuah penggambaran dari sesuatu yang dilihat secara rinci.

Apa tujuan dari Descriptive Text?

Tujuan utama dari Descriptive Text ini yaitu agar para peembaca teks ini seolah-olah ikut merasakan apa yang sedang penulis jelaskan didalam teks tersebut.

Bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat Descriptive Text?

1. Pertama, yang harus kalian lakukan adalah menentukan tema yang akan dibahas.
2. Menentukan tujuan dari pembuatan Descriptive Text tersebut.
3. Kumpulkan data-data dan juga fakta dari objek yang akan dibahas melalui pengamatan langsung.
4. Susunlah data-data yang sudah didapatkan untuk menjadi sebuah kerangka karangan.
5. Uraikan susunan kerangka karangan tersebut menjadi sebuah Teks Deskriptif yang utuh.

Demikianlah pembahasan dari artikel pada kesempatan kali ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua.