Dampak Modernisasi

Posted on

Dampak Modernisasi – Masyarakat akan selalu mengalami perubahan, dan perubahan yang terjadi di lingkungan masyarakat itu masuk akal dan tak terhindarkan, bahkan jika perubahan yang ada di dalam suatu komunitas akan berbeda dari komunita yang lainnya.

Dampak Modernisasi

Demikian juga, pada proses modernisasi, yaitu modernisasi yang terjadi di masyarakat tertentu, akan berbeda dari masyarakat lain, baik dalam hal proses dan juga penerimaan, tergantung pada kebutuhan serta keinginan dari masyarakat tersebut.

Perubahan yang terjadi akibat proses modernisasi ini akan memikat masyarakat di dalam budaya konsumeris, hedonisme, dll. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Modernisasi, yuk simak penjelasan yang akan disampaikan oleh Rumus.co.id dibawah ini.

Definisi Modernisasi

Modernisasi sering diartikan sebagai sebuah proses perubahan dari sikap atau mentalitas diri masing-masing masyarakat yang diubah untuk memenuhi kebutuhan masa kini.

Secara harfiah Modernisasi merupakan sebuah proses untuk merubah diri menjadi masyarakat yang lebih modern, artinya proses perubahan masyarakat ini dari masyarakat yang kuno atau tradisional menjadi masyarakat yang modern atau maju. 

Modernisasi adalah fenomena sosial di mana kita dapat secara langsung mengamati gejalanya dalam kehidupan manusia. Kita dapat melihat manifestasi dari proses modernisasi secara langsung dalam perkembangan masyarakat di dunia atau bahkan di Indonesia.

Modernisasi Menurut Para Ahli

Tidak hanya secara umum saja, akan tetapi pengertian dari istilah Modernisasi ini juga diungkapkan oleh beberapa para ahli, yaitu sebagai berikut :

  • Soerjono Soekanto, Modernization adalah bentuk perubahan sosial berdasarkan dengan rencana yang disebut sebagai perencanaan sosial.
  • Wilbert E Moore, Modernization adalah cara untuk mengubah seluruh kehidupan masyarakat dari tradisional ke modern dengan tujuan untuk menstabilkan perekonomian suatu negara.
  • JW School, Modernization merupakan sebuah transformasi, perubahan yang terjadi di semua aspek masyarakat. Teori modernisasi mendeskripsikan proses transformasi dari masyarakat kuno atau tradisional ke masyarakat modern atau maju.
  • Widjojo Nitisastro, Modernization merupakan sebuah transformasi secara total atau perubahan dari kehidupan tradisional dan juga organisasi sosial ke model ekonomi serta politik.

Baca Juga :
Integrasi Sosial
Mobilitas Sosial
Penyimpangan Sosial

Gejala – Gejala Dari Modernization

Modernization adalah bagian dari proses perubahan yang dilakukan sesuai dengan rencana dan juga pedoman yang ditetapkan. Secara umum, terdapat gejala-gejala modernisasi yang ditunjukkan dalam bidang-bidang tertentu.

Berikut ini merupakan gejala-gejala dari adanya Modernization yaitu sebagai berikut :

  1. Culture (Bidang Budaya), gejala ini biasanya ditandai dengan urgensi budaya tradisional melalui pengaruh budaya dari luar negeri, sehingga budaya tradisional tersebut lambat laun lenyap.
  2. Politics (Bidang Politik), gejala ini biasanya ditandai dengan meningkatnya jumlah negara yang terbebas dari penjajahan, sehingga ada banyak negara merdeka baru, pertumbuhan negara-negara demokratis, kelahiran lembaga-lembaga politik dan juga pengakuan HAM.
  3. Economics (Bidang Ekonomi), gejala ini umumnya ditandai dengan adanya kebutuhan manusia yang lebih kompleks dalam kebutuhan barang dan jasa. Oleh karena itu, kondisi ini menciptakan keadaan untuk memproduksi barang oleh sektor industri.
  4. Social Sector, gejala ini umumnya ditandai oleh semakin banyaknya kelompok sosial atau institusi baru di dalam kehidupan masyarakat, masing-masing elemen sosial menunjukkan perbedaan kelas dan juga status sosial.

Ciri-Ciri Modernisasi Secara Umum

Setelah memahami gejala-gejala yang timbul dari adanya Modernization, selanjutnya kalian juga perlu untuk mengetahui ciri-ciri dari Modernization. Berikut ciri – ciri dari Modernisasi, yaitu :

  • Memiliki tingkat organisasi yang cukup tinggi, khususnya disiplin diri.
  • Otoritas terpusat dalam implementasi perencanaan sosial.
  • Sistem administrasi yang baik dapat melaksanakan reformasi birokrasi yang dimilikinya.
  • Adanya sistem pengumpulan data reguler
  • Sifat pemikiran ilmiah dilembagakan dalam kehidupan otoritas dan masyarakat
  • Ciptakan suasana yang dapat dinikmati publik untuk modernisasi melalui penggunaan perangkat komunikasi massa.

Dampak Modernization Pada Masyarakat

Dari timbulnya Modernisasi ini tentunya akan menimbulkan dampak ke masyarakat, baik itu dampak langsung ataupun tidak langsung, positif maupun negatif. Berikut ini dampak-dampak dari adanya Modernisasi, yaitu :

1. Dampak Positif

Dampak positif dari modernisasi dapat dilihat oleh masyarakat melalui integrasi masyarakat yang lebih besar untuk membuatnya semakin terbuka, sehingga interaksi antara orang-orang di masyarakat lebih baik.

Selain itu, dampak positif dari Modernization lainnya yaitu dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi, industri serta transportasi, yang semakin maju dan juga meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu politik dan demokrasi.

2. Dampak Negatif

Selain dampak positif, Modernization juga memberikan dampak negatif ke dalam kehidupan masyarakat, diantaranya yaitu :

  • Adanya kesenjangan masyarakat di bidang ekonomi dan juga sosial
  • Menimbulkan pencemaran lingkungan alam yang ada disekitar
  • Semakin meningkatnya tindakan kriminalitas

F.A.Q

Modernisasi adalah?

Modernisasi sering diartikan sebagai sebuah proses perubahan dari sikap atau mentalitas diri masing-masing masyarakat yang diubah untuk memenuhi kebutuhan masa kini.

Faktor penghambat dari Modernisasi ini yaitu?

1. Minimnya menjalin hubungan dengan komunitas eksternal
2. Mengalami perkembangan pendidikan yang sangat lambat
3. Sikap kuat masyarakat terhadap tradisi yang mereka miliki
4. Adanya rasa kekhawatiran dari masyarakat jika kegoyahan terjadi
5. Sering menolak adanya hal-hal yang baru

Faktor pendorong terjadinya Modernisasi yaitu?

1. Adanya intensitas hubungan atau kontak dengan budaya lainnya.
2. Memiliki pendidikan tingkat lanjut.
3. Memiliki sikap terbuka masyarakat.
4. Adanya sikap ingin berkembang dan juga maju dari diri masyarakat.

Sekian penjabaran mengenai Dampak Modernisasi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya untuk anda. Semoga membantu kalian semua yaa….