Dampak Korupsi

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi Dampak Korupsi terhadap ekonomi – lengkap dengan pengertian, fungsi, bentuk, klasifikasi, dan kelompoknya, supaya mudah dipahami.

Korupsi adalah suatu perbuatan yang dimana akan merugikan negara, sehigga aset yang dimiliki akan kehilangan yang disebabkan kurupsi, makan setiap kalangan masyarakat akan memikul beban yang disebabkan terjadinya korupsi.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Korupsi Adalah

Dampak-Korupsi

Kata korupsi berasal dari kata corruptio atau corruptus, dan korupsi merupakan ssuatu perbuatan dalam penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara untuk kepentingan pribadi.

Korupsi juga adalah sebuah tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk memperkaya dirinya sendiri dan tindakan yang dapat merugikan negara atau perusahaan.

Dampak dari korupsi berarti dapat merusak keuangan atau aset dengan menyalahgunakan barang atau uang dari perusahaan dan negara tempat mereka bekerja.

Menurut UU No. 31 tahun 1999 maka korupsi juga tindakan secara tidak sah untuk memperkaya dirinya sendiri atau orang atau perusahaan lain yang dapat membahayakan keuangan negara atau perekonomian negara.

Maka korupsi ditafsirkan sebagai tindakan oleh seseorang orang dengan tujuan menyalahgunakan uang yang bukan miliki akan tetapi dapat merugikan keuangan atau ekonomi negara.

Baca Juga: Bahaya Radikalisme

Penyebab Korupsi

Korupsi dapat terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhi para pelaku sehingga pelaku dapat melakukan nya dengan semaunya yang disebabkan kurangnya pengawasan dari pimpinan.

Marikut ini adalah penyebab terjadinya korupsi diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Penyebab Secara Klasik

  • Kelemahan dari seorang pemimpin sehingga pelaku korupsi dapat melakukan aksinya dan terdapat peluang untuk mudak melakukan tindakannya.
  • Kelemahan dalam pengawasan hal ini adalah saah satu penyebab terjadinya kurupsi, karena kurangnya pengawasan dari seorang pemimpin dengan pemahaman dan bentuk-bentuk implementasi.
  • Kurangnya pendidikan dalam hal ini adalah sebuah masalah yang sangat sering sekali terjadai pada perusahaan dan seringkali terjadainya korupsi.
  • Keinginan yang berlebihan dan cenderung melakukannya untuk memperkaya diri dirinya dengan melakukan tindakan dan akan mengambil keuntungan yang maksimal.
  • Tidak adanya hukuman yang berat sehingga para pelaku kurupsi akan meraja lela dan terus melakukan tindakan untuk mengambul kesempatan melakukan korupsi

2. Penyebab Sumber Daya Yang Rendah

Penyebab korupsi dapat juga digolongkan dalam bentuk kurangnya sumber daya manusia.

Berikut ini terdapat empat komponen terhadap kelemahan sumber daya.

  • Bagian utama adalah sebuah kemampuan seseorang untuk menguasai ilmu pengetahuan.
  • Komitmen dan moral bagi setiap bangsa untuk melakukan tindakan dengan kepentingan dirinya sendiri bukan kepentingan bangsa dan negara
  • Aspek keterampilan adalah sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya.
  • Secara fisik adalah sebuah usaha yang memengaruhi untuk memikul tanggung jawab yang diberikan.

6 Dampak Korupsi

korupsi

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa dampaik dalam bidang korupsi dalam kehidupan bernegara diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Krisis kepercayaan

Dampak utama dari korupsi adalah kurangnya kepercayaan pada pemerintah sehingga masyarakat Indonesia akan semakin pintar menilai suatu kasus.

Berdasarkan dari suatu pengamatan dengan tindakan hukum terhadap koruptor telah banyak koruptor yang menyalahgunakan tindakan ini kerana tidak adanya hukuman kepada pelaku korupsi.

Akibatnya:

Seseorang tidak lagi percaya pada proses hukum yang berlaku dan memilih kewaspadaan untuk menyelesaikan kasus dan pemerintah tetap melakukan tindakan untuk menangani kasus korupsi.

2. Krisis Ekonomi

Dampak dari korupsi adalah akan mengakibatkan negara biasa terjadai Krisis Ekonomi dan dapat diukur dengan tingkat ekonomi pada negara tersebut.

Maka penelitian ini dapat menunjukkan bahwa semakin maju suatu negara makan akan semakin berkembang nya tingkat dalam penyalahgunaan uang miliki negara.

Dari tindakan itu maka negara-negara berkembang akan mengalami kekurangan ekonomi bahkan semua aspek ekonomi akan tidak stabil.

Akibatnya:

Perusahaan atau badan negara akan mengalami kerugian bahkan akan terjadai kebangkrutan dalam bidang perekonomian.

Denga tindakan ini juga semua aspek akan mengalami penurunan ekonomi dan nilai rupanya akan sulit untuk didapatkan.

Baca Juga: Ekonomi Syariah 

3. Bidang demokrasi

Dampak korupsi dalam bidang demokrasi adalah semua aspek pada Dewan Pemilih Permanen atau Partai akan berlangsung yang sering disebut dengan “Serangan Fajar”.

Seingga semua bidang akan menawarkan hadiah dalam bentuk keuangan kepada siapa saja yang akan memilihnya selama pemilihan atau bisa juga disebut dengan ( suap ).

Beberapa tidak memberikan uang untuk membuka jalan untuk mengisi posisi, tetapi mereka memberikan barang-barang tertentu kepada publik, apa pun bentuk suap yang diberikan, itu adalah bentuk korupsi.

Sayangnya, sebagian besar orang Indonesia tidak cukup pintar untuk berpikir tentang efek jangka panjang dari menerima suap.

Akibatnya:

Bidang demokrasi dalam bentuk mengisi kursi DVR , maka semua aspek akan berlomba lomba untuk mendapatkan kedudukan itu sehingga dengan berbagai cara akan di lakukan untuk menjadai seorang pemimpin.

4. Bidang kesejahteraan masyarakat

Dampak korupsi dalam Bidang kesejahteraan masyarakat hal ini adalah sebuah tindakan dengan kurangnya kesejahteraan pada masyarakat sehingga adanya peraturan baru dari pemerintah.

Akibatnya:

Dalam bidang usaha kecil kecilan atau industri menengah tidak dapat bertahan karena adanya peraturan dari pemerintah sehongga mereka akan mematuhi peraturan yang ada misalnya, pemerintah menaikan pajak pada pengusaha yang lebih tinggi.

5. Kerusakan stabilitas umum

Dampak dari korupsi maka akan mengakibatkan kerusakan dalam bidang stabilitas umum.

Misalnya:

Terdapat beberapa kelompok masa akan melakukan demontrasi tentunya dari dampak ini akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan stabilitas umum akan terganggu.

6. Risiko inflasi

Risiko Inflasi adalah salah satu bentuk depresiasi dengan tinglat mata uang apda suatu negara akan mengalami kerugian yang disebabkan oleh sejumlah orang yang melakukan korupsi.

Maka dampaknya inflasi ini masyarakat akan sulitmencari nilai uang.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Dampak Korupsi terhadap ekonomi, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>