Contoh Teks Eksposisi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi – Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kita sering sekali membaca suatu surat kabar, majalah, koran atau artikel-artikel yang terdapat di media cetak atau media elektronik. Pada informasi yang kita baca pada media-media diatas merupakan termasuk ke dalam Teks Eksposisi.

Bukan hanya itu saja, apabila kita membahas suatu informasi kepada teman-teman juga termasuk kedalam Teks Eksposisi, karena bertujuan untuk memberikan sebuah informasi atau ilmu pengetahuan yang belum kita pahami.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas tentang Teks Eksposisi beserta struktur-struktur yang terdapat didalamnya

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah Sebuah teks berisikan yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi atau pengetahuan suatu hal kepada orang lain.

Pada penulisan atau penyampaian teks eksposisi harus sesuai berdasarkan fakta yang sebenarnya terjadi pada suatu hal sebagai informasi atau pengetahuan yang akan disampaikan kepada orang lain.

Dan penulisannya harus menggunakan bahasa kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain, agar tidak terjadinya suatu kesalahan pehaman pada diri orang lain yang akan kita berikan.

Contoh Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Dalam penulisan teks eksposisi memiliki 3 penyusun, yaitu sebagai berikut :

Pernyataan Pendapat (Tesis) : Bagian teks eksposisi yang berisikan berupa pernyataan pendapat (Tesis) seorang penulis, atau disebut juga sebagai bagian pembuka.

Argumentasi : Bagian teks eksposisi yang berisikan berupa memuat suatu alasan yang bisa menjadi suatu alasan sebuah argumen seorang penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasannya.

Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration) : Bagian teks eksposisi yang berisikan berupa penegasan ulang suatu gagasan pendapat seorang penulis.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun dalam penulisan teks eksposisi, terdapat ciri-ciri yang membedakan dengan teks lainnya, berikut adalah Ciri-Ciri Teks Eksposisi :

  • Teks Eksposisi menjelaskan atau menyampaikan informasi-informasi pengetahuan
  • Teks Eksposisi harus memakai gaya informasi yang dibentuk dapat mengajak orang lain
  • Teks Eksposisi biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana
  • Teks Eksposisi berusaha menjelaskan tentang sesuatu hal yang dibahas
  • Teks Eksposisi bersifat informatif
  • Teks Eksposisi berupa fakta yang dipakai sebagai alat kontribusi
  • Penulisan teks eksposisi harus Singkat, Padat, dan Akurat
  • Penulisan teks eksposisi berupa fakta yang dipakai sebagai alat konkritasi
  • Penyampaian penulisan teks eksposisi harus secara lugas serta memakai bahasa baku
  • Penyampaian teks eksposisi harus tidak memihak siapa pun
  • Paragraf penulisan teks eksposisi pada umumnya menjawab tentang askadimega

Jenis-Jenis & Contoh Teks Eksposisi

Setelah kita membahas tentang Pengertian teks eksposisi, Struktur-struktur, serta Ciri-cirinya, berikut ini adalah Jenis-Jenis Teks Eksposisi beserta dengan Contoh :

1.  Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks Eksposisi Ilustrasi merupakan Sebuah teks yang menggunakan suatu gambaran sederhana atau bentuk konkret untuk menyampaikan suatu informasi atau gagasan. Dalam mengilustrasikan sesuatu hal yang mempunyai kesamaan sifat dan menggunakan frasa penghubung.

Contoh : 

Dalam kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah seringkali membuat masyarakyat di kalangan menengah kebawah menjadi kesusahan, dalam memenuhi kebutuhan pangan pakan dikehidupan sehari-hari.

Seperti kasus kebijakan pemerintah dalam kenaikan harga BBM, yang sangat membuat rakyat menengah kebawah merasa gelisah.

Karena kenaikan harga BBm yang diterapkan oleh pemerintah akan membuat harga jasa dan juga barang menjadi semakin mahal, dan dalam keadaan seperti ini lah akan membuat rakyat untuk memutar otak mereka agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Teks Eksposisi Berita

Teks Eksposisi Berita merupakan Sebuah teks yang memberikan suatu informasi dari sebuah kejadian tertentu, yang sering kita jumpai dalam berita, koran atau surat kabar.

Contoh :

Cuaca curah hujan yang terjadi di Indonesia kini semakin ekstrem, beberapa kota besar di Indonesia seringkali terjadi banjir dengan kedalaman air yang sangat tinggi, khususnya salah satu kota terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta.

Pada saat ini  beberapa wilayah yang berada di Ibu Kota Jakarta mulai tergenang banjir saat hujan deras terus melanda. Padahal puncak musim hujan baru akan terjadi pada bulan Februari 2016, namun hingga saat ini warga Jakarta harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan besar banjir susulan yang akan terjadi.

Berdasarkan dari Data Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat 134 LK/RW yang harus waspada terhadap banjir susulan yang akan terjadi.

Seluruh wilayah yang akan terkena banjir susulan tersebut tersebar pada 29 Kelurahan yang berada di Jakarta, yaitu yang paling banyak tersebar berada pada bagian Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, seperti Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Srengseng Sawah, Kelurahan Rajawati dan Kelurahan Bukit Duri.

Pada Data Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tercatat bahwa saat hujan deras berlangsung pada Minggu 14 Februari 2016, pada wilayah ini terendam banjir setinggi 10-50 cm.

3. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi Perbandingan adalah Sebuah teks yang menerangkan suatu gagasan pada kalimat utama dengan menggunakan metode perbandingan.

Contoh : 

Metode Pertanian pada umumnya mempunyai 2 macam, yaitu metode pertanian Konvensional & metode pertanian Modern. Pada kedua metode pertanian ini, dan setiap masing-masing metode memberikan sebuah pengaruh yang berbeda terhadap produktivitas hasil pertanian.

Pada kedua metode pertanian ini perbedaannya terletak pada konsep yang diterapakan, alat-alat pertanian yang digunakan, dan sifat ketahanan hasil panen.

Metode Pertanian Konvensional :

Metode pertanian ini banyak diberlakukan pada Negara-negara berkembang daripada Negara-negara maju. Dan alat pertanian yang digunakan, masih menggunakan alat-alat tradisional, seperti Tenaga Manusia untuk menanam bibit, memanen hasil pertanian, dan mengolah hasil-hasil pertanian.

Dalam membajak sawah masih menggunakan tenaga hewan seperti kerbau atau sapi, cangkul, dan sabit. Pertanian konvensional pada umumnya menerapkan konsep pertanian Non Organik, yaitu Konsep pertanian yang lebih mengandalkan penggunaan Bahan Kimia, seperti Pestisida yang digunakan untuk menjaga tanaman dari parasit dan menggunakan Pupuk Kimia untuk mempercepat perkembangan tanaman.

Dalam menggunakan Bahan Kimia pada konsep pertanian konvensional berdampak pada ketahanan dari hasil panen yang tidak bertahan lama atau bersifat jangka pendek.

Akibat dari penggunaan Bahan Kimia ini, Negara yang menerapkan sistem pertanian konvensional ini, lebih bergantung pada hasil pertanian import, karena ketersediaan hasil pertanian sangat terbatas.

Metode Pertanian Modern :

Metode pertanian ini banyak diberlakukan pada Negara-negara maju daripada Negara-negara berkembang. Dan alat pertanian yang digunakan, menggunakan alat yang jauh lebih modern, seperti menerapkan Sistem Robot dalam merawat tanaman, Sensor Suhu dan Kelembaban Udara, serta Teknologi GPS.

Pada konsep pertanian modern yang diterapkan dengan mengandalkan penggunaan Bahan Alami atau Bahan Organik, dan sangat melarang keras untuk menggunakan Bahan Kimia dalam proses penanaman, perawatan, memanen, hingga pengelolaan hasil pertanian.

Dalam menggunakan Bahan Alami atau Bahan Organik membuat sifat ketahanan hasil dari pertanian, bersifat jangka panjang atau lebih tahan lama serta kestabilan dapat terjaga.

4. Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi Proses adalah Sebuah teks yang berisi mengenai suatu panduan atau tata cara dalam membuat sesuatu.

Contoh : 

Cara Membuat Kue Cucur

Kue Cucur merupakan makanan khas tradisional yang ada di Indonesia. Kue ini hampir terdapat di seluruh wilayah yang berada di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandar Lampung, Bandung, Dll.

Dalam proses pembuatan kue ini terbilang cukup sederhana dan mudah untuk pembuatannya. Berikut adalah cara pembuatan Kue Cucur :

Bahan-Bahan:

  • 450 ml Air.
  • 150 gram Gula Merah yang disisir secara halus.
  • 100 gram Gula Pasir.
  • 300 gram Tepung Beras.
  • 30 gram Tepung Terigu.
  • Minyak Goreng secukupnya.

Cara Pembuatan :

  • Pertama rebuslah Air, Gula Merah, & Gula Pasir sampai mendidih. Setelah mendidih, Air, Gula Merah, & Gula Pasir, tersebut disaring dengan menggunakan saringan.
  • Kedua tuangkan Air, Gula Merah, & Gula Pasir, ke dalam baskom yang berisi Tepung Beras & Tepung Terigu lalu di aduk secara merata, selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah di aduk sacara merata, lalu adonan yang telah dicampurkan, tersebut di kocok-kocok dengan menggunakan sendok sayur selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah di kocok menggunakan sendok sayur, lalu diamkan adonan selama 2 jam.
  • Sembari mendiamkan adonan yang telah dicampurkan, panaskan minyak goreng ke dalam wajan kecil dengan suhu api yang sedang, lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue cucur ke dalam wajan kecil tersebut.
  • Selama adonan berada di dalam wajan, siramkan minyak makan ke dalam adonan kue cucur, lalu adonan tersebut, ditusuk menggunakan tusuk sate, pada bagian tengah adonan kue cucur, tunggu sampai adonan tersebut menjadi kering.
  • Selanjutnya angkat adonan kue cucur yang sudah kering, dan kemudian ditiriskan kedalam wadah kue.
  • Dan kue cucur pun siap di hidangkan untuk di nikmati.

5. Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi Definisi adalah Sebuah teks yang berisikan tentang pengertian dari suatu obyek tertentu.

Contoh :

Menurut sebagian Ilmuwan yang meneliti makhluk hidup. Hewan kucing di kelompokkan sebagai hewan Karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Karena itu sebagian besar Ilmuwan memberi nama ilmiah dari kucing itu sendiri, yaitu Felis Silvestris Catus atau Felis Catus.

Hewan ini sendiri telah lama berbaur dalam kehidupan manusia, sejak 6000 tahun yang lalu sebelum Masehi. Penelitian tersebut merujuk dari adanya penemuan kerangka kucing di pulau Siprus.

Sampai saat ini kucing telah menjadi salah satu jenis hewan peliharaan, yang paling pouler di kalangan masyarakat seluruh Dunia, selain anjing, kelinci, atau hamster.

Pada jenis hewan kucing ini yang paling banyak jumlah populasinya di dunia adalah Kucing keturunan campuran yang biasa kita sebut sebagai kucing liar atau kucing kampung. Karena jenis kucing ini populasinya di dunia telah mencapai 90 %, lebih banyak daripada jumlah populasi jenis kucing lainnya yang ada di dunia. Jenis-jenis Ras kucing lainnya memiliki populasi hanya sebesar 1% saja, dan diantara beberapa jenis Ras kucing tersebut, antara lain Persia, Siam, Manx, & Spinx.

 6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan adalah Sebuah teks yang berisikan pertentangan antara suatu obyek dengan obyek lainnya. Pada jenis teks eksposisi ini juga biasa menggunakan Frasa kata penghubung, seperti Meskipun begitu, Akan tetapi, atau Sebaliknya.

Contoh : 

Kedua Orang tua Nadia ingin menjadikan anaknya sebagai seorang Dokter. Maka tidak heran, apabila saat sekolah SMA, Nadia dipaksa oleh kedua orang tuanya untuk masuk ke dalam jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), supaya nanti Nadia bisa mengambil Jurusan Kedokteran saat masuk Perkuliahan nanti.

Tetapi sebaliknya, Nadia justru tidak ingin mengikuti keinginan dari kedua Orang tuanya itu. Karena Nadia sendiri sangat suka, pada Jurusan Desain Grafis, supaya Nadia bisa mengambil Jurusan Desain Grafis saat masuk Perkuliahaan nanti.

Karena pertentangan antara keinginan Nadia dengan kedua Orang tuanya ini, membuat Nadia sering terjadi konflik dengan kedua Orang tuanya.

7. Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi Analisis adalah Sebuah teks yang berisikan suatu proses memisahkan suatu masalah pada gagasan utama dan terbagi menjadi beberapa sub-bagian, lalu kemudian dilakukan pengembangan yang secara berurutan.

Contoh : 

Dalam proses turunnya hujan terbagi menjadi beberapa macam proses, diantaranya adalah :

  1. Panas Matahari membuat Air Laut/Air Danau terjadi penguapan.
  2. Uap Air yang terkumpul di Udara membentuk berupa Awan.
  3. Awan yang terbentuk lama-kelamaan menjadi semakin besar.
  4. Awan yang semakin besar mengakibatkan keberatan dalam menampung Uap Air
  5. Maka terbentuk Butiran-butiran Air yang akan terjatuh ke permukaan Bumi.
  6. Lalu Butiran-butiran Air yang terjatuh semakin banyak, maka inilah yang disebut sebagai Hujan.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Teks Eksposisi beserta Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Contoh Teks Eksposisi.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :