Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi – Dalam kehidupan didunia ini, sering sekali kita mendengarkan atau menyaksikan secara langsung peristiwa Fenomena Alam, Bencana Alam ataupun Peristiwa Sosial yang terjadi pada daerah atau wilayah tertentu.

Contoh Teks Eksplanasi

Pada umumnya Teks Eksplanasi ini sering digunakan dalam pembawaan acara-acara berita yang berada di stasiun televisi tertentu, yang menginformasikan suatu peristiwa fenomena alam, bencana alam, ataupun kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa itu Teks Eksplanasi berserta dengan Struktur Komponen-Komponen yang berada pada Teks Eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah Suatu Teks yang menjelaskan suatu peristiwa Fenomena Alam, Bencana Alam atau Kejadian-Kejadian Sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada suatu daerah atau wilayah tertentu.

Seperti kejadian bencana alam Tsunami yang menerjang daerah Aceh Darusallam pada tahun 2004 yang lalu. Pada kejadian bencana alam tersebut banyak sekali masyarakat yang menjadi korban dari bencana alam tsunami tersebut.

Pada peristiwa tersebut Tsunami dengan Gempa berkekuatan 9.1 – 9,3 skala Ritcher, mengguncang dasar lautan sumatera bagian barat daya, sekitar 20 – 25 kilometer bagian lepas pantai Aceh Darusallam.

Pada 27 Desember 2004, Persirakatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa Peristiwa Tsunami ini merupakan peristiwa bencana alam terbesar yang pernah terjadi dalam kehidupan manusia. Karena bencana alam tsunami ini bukan hanya menerjang kawasan Aceh Darusallam saja, tetapi bencana alam ini juga menerjang kawan Khao Lak di Thailand, Sri Lanka, dan juga Negara India.

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan Umum

Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi berupa penjelasan umum tentang suatu kejadian Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial yang akan menjadi topik pembahasan, yaitu berupa pengenalan dari Suatu Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial tersebut atau penjelasannya.

Pada contoh teks di atas tersebut, penjelasan umum yang disampaikan dalam teks ini, berupa gambaran secara detail tentang Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial, mengapa Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial itu terjadi, dan bagaimana proses peristiwa-peristiwa tersebut bisa terjadi.

2. Deretan Penjelasan

Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi tentang proses penjelasan, mengapa kejadian Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial tersebut bisa terjadi.

Pada teks deretan penjelas eksplanasi ini terdiri lebih dari satu paragraf.

3. Interpretasi (Kesimpulan)

Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi tentang teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan suatu keharusan.

Teks Interpretasi yang dimaksud ini adalah merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dan deretan penjelasan dari peristiwa yang terjadi tersebut.

Opsionalnya dapat berupa tanggapan, kritik ataupun sebagai kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Pada Teks Eksplanasi ini memiliki karakteristik yang membedakannya pada teks-teks lainnya. Berikut adalah ciri-ciri teks eksplanasi :

  • Pada Teks Eksplanasi ini seluruh informasi yang akan disampaikan pada dalam teks, berdasarkan fakta yang sesuai dengan suatu kejadian yang telah terjadi, tanpa adanya tambahan informasi opini dari penulis.
  • Pada Teks Eksplanasi ini memiliki topik yang akan dibahas merupakan fenomena alam yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  • Pada Teks Eksplanasi ini meiliki jenis teks yang bersifat informatif & tidak mempengaruhi para pembaca untuk mempercayai hal-hal yang akan dibahas.
  • Pada Teks Ekspalani ini memiliki struktur teks yang terdiri dari 3 jenis, yaitu : Pernyataan Umum, Deretan Penjelasan atau Sebab Akibat, & Interpretasi.
  • Pada Teks Ekspalani ini memiliki penjelasan teks yang menggunakan Sequence Markers, seperti : Pertama, Kedua, Ketiga, & Seterusnya.

Tujuan Teks Eksplanasi

Secara umum tujuan dari teks eksplanasi memiliki 2 tujuan, yaitu sebagai berikut :

1. Menjelaskan secara detail suatu peristiwa Fenomena Alam, Bencana Alam atau Kejadian-Kejadian Sosial yang terjadi dan memberikan informasi sebab akibat mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, kepada masyarakat pada daerah atau wilayah yang tertentu.

2. Memberitahukan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat pada daerah atau wilayah tertentu dalam menghadapi peristiwa yang telah terjadi tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi

Setelah kita memahami pengertian, struktur, ciri-ciri dan juga tujuan teks eksplanasi, berikut adalah contoh-contoh teks eksplanasi :

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi

Pernyataan Umum 

Tsunami berasal dari Bahasa Jepang, terdiri dari 2 kata, yaitu “Tsu” yang berarti (Pelabuhan) & “Nami” yang berarti (Gelombang). Para Ilmuwan Dunia biasa mengartikan dengan sebutan Tidal Wave (Gelombang Pasang) atau Seismic Sea Waves (Gelombang Laut Akibat Gempa Bumi).

Gelombang Tsunami ini merupakan gelombang laut yang secara tiba-tiba memiliki kecepatan tinggi yang awal-awal menerjang menuju kawasan penduduk pantai. Biasanya terjadi karena sebuah Letusan Gunung Merapi atau Gempa Bawah Laut.

Deretan Penjelas

Saat gempa bumi terjadi, pada permukaan dasar laut akan naik turun di sepanjang patahan lempeng bumi, maka pada saat itulah Gelombang Tsunami terbentuk.

Patahan Lempengan Bumi sehingga menyebabkan keseimbangan air laut menjadi terganggu, apabila patahan yang terjadi semakin besar, maka akan menghasilkan gelombang tsunami yang besar juga.

Setelah mengalami gempa bumi terjadi, maka pada permukaan air laut akan mengalami pasang surut air. Kemudian Air Laut akan kembali menuju daratan dalam bentuk gelombang yang besar (Tsunami).

Tsunami ini juga dapat terjadi, karena letusan sebuah gunung berapi yang berada didasar laut dan mengakibatkan tingginya pergerakan air laut yang berada di dekatnya.

Pada Bencana Alam Tsunami ini memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada kecepatan gelombang biasa, yaitu kecepatannya sampai 700km/jam, yang hampir sama dengan kecepatan sebuah pesawat terbang.

Dan memiliki tinggi gelombang sebesar 50 – 100 Meter, yang kemudian menyebar ke seluruh arah. Pada ketinggian tsunami ini juga dipengaruhi oleh bentuk kedalaman perairan pantai.

Kesimpulan/Penutup (Interpretasi)

Pada kenyataannya Bencana Alam Tsunami ini menjadi salah satu Peristiwa Alam yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Karena menyebabkan kerusakan besar yang ditimbulkan bahkan banyak merenggut ribuan jiwa manusia sekaligus, apabila bencana alam tsunami tersebut terjadi secara mendadak.

Maka dari itu kita harus selalu waspada setiap saat untuk menyiapkan diri dalam menghadapi bencana alam tsunami. Meskipun tidak semua gempa bumi & letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan bencana alam tsunami.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Teks Eksplanasi beserta Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Eksplanasi.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :