Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam – Untuk mengetahui sebuah Fenomena Alam atau Peristiwa-peristiwa Bencana Alam, tentu kita bisa mendapatkan informasinya dalam sebuah Majalah, Buku Pelajaran, atau Koran Harian.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam

Bentuk penulisan yang berada dalam sebuah Majalah atau Koran Harian biasanya menggunakan suatu jenis Teks, yang disebut dengan Teks Eksplanasi.

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksplanasi? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas tentang Teks Eksplanasi beserta dengan Struktur-struktur yang terkait dalam pembentukannya.

Pengertian

Teks Eksplanasi adalah Salah satu jenis Teks yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah informasi mengenai tentang Proses terjadinya suatu Fenomena Alam, Peristiwa-peristiwa Bencana Alam, Ilmu Pengetahuan, Kehidupan Sosial dan Budaya.

Jenis Teks ini dapat ditulis dan dibentuk berupa sebuah Majalah, Koran, Artikel, atau Buku-buku Sains, Geografis, dan Sejarah.

Sebuah Fenomena Alam atau Bencana Alam tentu saja terdapat proses Sebab Akibatnya dengan peristiwa-peristiwa lainnya, oleh karena itu Teks Eksplanasi menggunakan Kalimat “Mengapa” dan “Bagaimana” dalam penulisannya.

Ciri-Ciri Teks

Teks Eksplanasi (Explanatory Text) memiliki karakteristik yang membedakannya pada jenis Teks lain-lainnya, yaitu sebagai berikut ini :

  • Seluruh informasi yang akan disampaikan dalam pembentukannya, berdasarkan Fakta sesuai dengan suatu Peristiwa yang telah terjadi, tidak memiliki tambahan kalimat Opini dari penulis.
  • Topik yang akan menjadi pembahasan merupakan Fenomena Alam atau Peristiwa Alam, yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan atau bersifat Ilmiah.
  • Memiliki bentuk Teks yang bersifat Informatif dan tidak mempengaruhi para pembaca untuk mempercayai hal-hal yang akan menjadi pembahasannya.
  • Struktur Teks terdiri dari 3 jenis bentuk, yaitu : Pernyataan Umum, Penjelasan suatu Sebab Akibat, dan Interpretasi.
  • Memiliki penjelasan Teks dengan menggunakan Penanda Urutan (Sequence Markers), seperti : Pertama, Kedua, Ketiga, & Seterusnya.

Struktur Teks

Dalam penulisan Teks Eksplanasi, terdapat urutan Struktur-struktur pada pembentukannya, yaitu sebagai berikut ini :

1. Pernyataan Umum

Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi berupa penjelasan umum tentang suatu kejadian Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial yang akan menjadi topik pembahasan, yaitu berupa pengenalan dari Suatu Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial tersebut atau penjelasannya.

Pada contoh teks di atas tersebut, penjelasan umum yang disampaikan dalam teks ini, berupa gambaran secara detail tentang Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial, mengapa Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial itu terjadi, dan bagaimana proses peristiwa-peristiwa tersebut bisa terjadi.

2. Deretan Penjelasan

Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi tentang proses penjelasan, mengapa kejadian Fenomena Alam, Bencana Alam, atau Kejadian-Kejadian Sosial tersebut bisa terjadi.

Pada teks deretan penjelas eksplanasi ini terdiri lebih dari satu paragraf.

3. Interpretasi (Kesimpulan)

Pada struktur umum teks eksplanasi ini, berisi tentang teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan suatu keharusan.

Teks Interpretasi yang dimaksud ini adalah merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dan deretan penjelasan dari peristiwa yang terjadi tersebut.

Opsionalnya dapat berupa tanggapan, kritik ataupun sebagai kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Tujuan

Secara umum Teks Eksplanasi berfungsi untuk memberikan suatu Informasi tertentu, yaitu sebagai berikut :

  • Menjelaskan secara detail suatu peristiwa Fenomena Alam, Bencana Alam atau Kejadian-Kejadian Sosial yang terjadi.
  • Memberikan informasi sebab akibat mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, kepada masyarakat pada daerah atau wilayah yang tertentu.
  • Memberitahukan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat pada daerah atau wilayah tertentu dalam menghadapi peristiwa yang telah terjadi tersebut.

Contoh Kalimat

Teks Eksplanasi terbentuk untuk menjelaskan secara detail, tentang Fenomena-fenomena sesuai dengan kenyataan yang telah terjadi dan bersifat Informatif. Berikut ini terdapat beberapa contoh-contohnya :

Contoh Tentang Sosial

Pengangguran masih menjadi suatu permasalahan utama bagi bangsa Indonesia, yang hingga saat ini belum dapat menemukan solusi yang lebih baik dan efektif. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan sebuah pengangguran terjadi, yaitu seperti Pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih belum seimbang, jumlah pencari kerja selalu meningkat setiap tahun, kemampuan Sumber Daya Alam yang belum memadai, Pengakhiran hubungan kerja (PHK) sering terjadi, dan lain-lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam

Jumlah pengangguran yang seiring waktu meningkat ini, tentu saja dapat memberikan dampak yang negatif bagi kehidupan bersosial, yaitu diantaranya adalah Jumlah kemiskinan dapat meningkat secara drastis, jumlah kriminalitas semakin menjadi, semakin menurunnnya tingkat kesehatan yang baik, dan masih banyak lagi dampak-dampak negatif yang akan bermunculan.

Dengan seiring pergantian Presiden dan Wakil Presiden, sudah banyak sekali solusi-solusi yang sudah berlakukan, seperti Pembukaan sebagai Pekerja Negara Sipil (PNS) bagi kaum-kaum muda, memberikan pelatihan ekonomi terhadap kaum-kaum muda. Tetapi meskipun begitu, bila dari diri sendiri saja tidak mau berusaha untuk dapat meningkatkan perekonomian masing-masing, maka akan tetap menjadi pengangguran, tetapi apabila dari diri sendiri tetap berusaha untuk memerangi pengangguran, maka bisa menjadi seseorang yang sukses.

Contoh Tentang Kebudayaan

Pulau Bali atau nama pupulernya yaitu Pulau Dewata merupakan salah satu Provinsi yang terkenal di Indonesia, Ibukota pada Provinsi ini adalah Denpasar. Secara Geografis, Pulau Bali terletak diantara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk yang berada pada Pulau ini, sebagian besar menganut kepercayaan Agama Hindu.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam

Pulau Bali juga sangat terkenal akan kebudayaannya yang unik, sehingga mampu menarik perhatian para wisatawan dari seluruh Mancanegara, kebudayaan-kebudayaan yang terkenal di Pulau Dewata itu diantaranya adalah Upacara Ngaben, Gebug Ende Seraya, Ritual Pengerebongan, Tradisi Trunyan, Tradisi Mekotek, dan lain-lainnya.

Pulau Bali sangat terkenal akan keindahan alamnya, terutama pada keindahan pada pantai-pantainya, sehingga Pulau Bali ini dikenal oleh para warga diseluruh Dunia. Salah satu pantai yang terkenal di Bali adalah Pantai Lovina, Pura Besakih, Kintamani, Amed, Tulamben, dan masih banyak lagi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali menyebutkan bahwa, terdapat 5,7 juta Wisatawan dari Mancanegara tercatat sering menjadikan Pulau Bali, sebagai tempat wisata utama, sepanjang periode tahun 2017. Wisatawan Mancarnegara yang sering datang rata-rata, dari Negeri China dengan 1,4 juta wisatawan, Australia dengan 1 juta wisatawan, India dengan 264 ribu wisatawan, Jepang sekitar 250 ribu wisatawan dan lainnya datang dari Benua Eropa, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Prancis dan Jerman.

 

Contoh Tentang Bencana Alam

Letusan Gunung Merapi merupakan peristiwa yang terjadi, akibat Endapan Magma yang terdapat di dalam Perut Bumi, kemudian akan terdorong keluar oleh Gas dengan tekanan yang sangat tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Dan Bencana Alam

Magma merupakan Cairan Pijar yang terdapat di dalam lapisan inti Bumi ini, memiliki Suhu yang sangat tinggi, yaitu diperkirakan sekitaran lebih dari 1.000 °C. Cairan Magma yang terdorong keluar dari dalam Perut Bumi itu disebut dengan Lava. Suhu Lava yang terdorong keluar, dapat mencapai sekitar 700-1.200 °C.

Letusan Gunung Merapi akan membawa Batu dan Abu yang dapat menyembur keluar, sampai sejauh sekitar Radius 18 km bahkan lebih, sedangkan pada Lava dapat melebar keluar sekitar sejauh Radius 90 km. Tetapi tidak semua Gunung Merapi dapat meletus, karena Gunung Merapi yang berpotensi meletus adalah Gunung Merapi yang aktif.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Teks Eksplanasi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan, dan Contoh Kalimatnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksplanasi

Struktur Teks Biografi

Teks Laporan Hasil Observasi

Related posts: