Contoh Teks Editorial

Posted on

Contoh Teks Editorial Singkat – Dalam kesempatan yang sebelumnya kita sudah membahas dan juga memahami materi tentang Teks Editorial beserta dengan hal-hal yang ada di dalamnya.

Contoh Teks Editorial

Nah, dalam kesempatan ini, Rumus.co.id akan memberikan contoh-contoh dari Teks Editorial secara singkat. Agar kita semua lebih memahami pembahasan yang sebelumnya.

Namun ada baiknya jika kita mengingat kembali apa itu Teks Editorial? Ya, Teks Editorial merupakan sebuah teks yang di dalamnya berisikan suatu pendapat pribadi yang disampaikan oleh penulis mengenai masalah atau isu faktual yang sedang hangat diperbincangkan.

Struktur Teks Editorial

Dalam pembahasan yang sebelumnya, Rumus.co.id sudah menjabarkan mengenai struktur yang menyusun Editorial Text. Namun, untuk mengingatnya kembali, berikut struktur dari Editorial Text, yaitu :

  • Pernyataan pendapat (tesis), di bagian ini Anda akan menemukan perspektif penulis tentang masalah yang sedang dibahas. Biasanya argumen akan menguatkan perspektif secara teoritis.
  • Argumentasi, adalah alasan atau bukti yang berfungsi untuk memperkuat pernyataan yang terkandung dalam tesis, meskipun argumen umumnya digunakan untuk menolak pendapat. Umumnya berupa pertanyaan umum atau data dari hasil pencarian.
  • Perulangan pendapat (Reiteration), di bagian ini Anda akan menemukan konfirmasi pendapat berdasarkan fakta dan juga data di bagian penalaran untuk memperkuat atau menegaskannya.

Ciri – Ciri Teks Editorial

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri dari Teks Editorial, yaitu diantaranya adalah :

  • Memiliki sifat yang logis serta sistematis.
  • Berupa sebuah pendapat argumentatif.
  • Berisikan topik yang sedang hangat dibahas, jadi sangat menarik.
  • Ada fakta dalam pendapat pribadi penulis.
  • Memiliki sifat analisis.
  • Disajikan dalam bentuk perspektif sehingga kebenaran berbeda dari perspektif lain.
  • Secara umum, mulailah dengan fakta umum dan kemudian dengan opini.
  • Itu adalah opini atau opini yang bersifat argumen.

Contoh Teks Editorial

Di bawah ini terdapat beberapa contoh teks editorial yang akan Rumus.co.id sajikan untuk kalian semua, yaitu sebagai berikut :

#Contoh 1 : Kecelakaan Maut, Akibat Supir Mengantuk

  • Pernyataan Pendapat (Tesis) :

Sudah terjadi kecelakaan beruntun di Jalan Raya Sentani pada 40 km pada tanggal 12 September 2019. Kecelakaan ini terjadi diduga bahwa pengemudi truk mengantuk pada muatan penuh karena sudah bekerja semalaman.

Menurut saksi, truk melaju sangat cepat, sehingga menabrak kendaraan di depannya dan berbelok ke kiri.

  • Argumentasi :

Ini terjadi karena ada seseorang yang tertidur di sebelah pengemudi truk. Jika seseorang masih sadar di truk, kecelakaan itu tidak terjadi. Sopir truk yang mengantuk menyebabkan banyak orang menderita kecelakaan.

Kejadian seperti ini sering terjadi, sehingga pengemudi truk harus lebih waspada di tempat kerja. Jika musibah ini ini tidak segera di tindak lanjuti, maka akan banyak insiden yang serupa akan terjadi.

Jadwalkanlah jam kerja para pengemudi seefektif mungkin guna mengurangi terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan oleh semua orang.

  • Perulangan pendapat (Reiteration) :

Kecelakaan yang terjadi jalan raya sebenarnya dapat diantisipasi. Dengan cara, para pengemudi harus mengemudikan kendaraan yang mereka kendarai dengan hati-hati, terlepas dari pengaruh kantuk atau hal-hal berbahaya lainnya.

Pilihlah jalur yang benar serta pertahankan kecepatan Anda saat mengemudi untuk menghindari kecelakaan yang terjadi di lalu lintas.

Baca Juga :
Teks Editorial
Teks Argumentasi
Contoh Teks Eksposisi

#Contoh 2 : Kurikulum 2013 Diterapkan di Tiap Sekolah

  • Pernyataan Pendapat (Tesis) :

Sistem pendidikan yang ada di Indonesia telah direvisi hingga beberapa kali untuk membuat kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 atau disingkat dengan K13. Kurikulum yang diterapkan tidak hanya berfokus pada hasil kognitif siswa. Namun sikap serta kemampuan siswa juga dinilai.

  • Argumentasi :

Setiap sekolah harus peduli dengan bagaimana perilaku siswa dapat berubah menjadi lebih baik. Perilaku dilihat tidak hanya berdasarkan hasil tes yang baik, tetapi juga pada sikap siswa selama pelajaran. Sikap dapat dilihat jika siswa tepat waktu, bertanggung jawab, disiplin, teliti, dan lain sebagainya.

Sedangkan guru berperan sebagai perantara dan juga pengamat bagi para siswa/siswinya. Mengubah perilaku anak bukanlah tugas yang mudah dilakukan, akan tetapi dengan adanya parameter sehingga dapat digunakan untuk mengukur perilaku siswa secara akurat.

  • Perulangan pendapat (Reiteration) :

Meskipun kurikulum 2013 mendorong sikap dan kemampuan anak-anak, kecerdasan kognitif juga merupakan parameter yang harus dipertimbangkan. Jangan biarkan anak-anak berperilaku baik, tetapi melupakan pengetahuan yang seharusnya dikuasai siswa.

#Contoh 3 : Perlu meningkatkan pelayanan rumah sakit

  • Pernyataan Pendapat (Tesis) :

Perawatan kesehatan di Indonesia mulai menurun tahun lalu. Banyak pasien mengeluh kepada Departemen Kesehatan Indonesia bahwa pelayanan di rumah sakit terdekat tidak sebaik tahun-tahun yang sebelumnya.

  • Argumentasi :

Dimana penurunan layanan yang dimaksud disini adalah layanan yang diberikan oleh dokter, yang merasa kurang memuaskan bagi pasien yang mencari pengobatan.

Banyak dokter yang tidak bisa menemukan penyakit pasien, jadi kadang-kadang obat yang diberikan tidak sesuai dengan penyakit, sehingga penyakit pasien tidak dapat sembuh.

  • Perulangan pendapat (Reiteration) :

Oleh karena itu, keahlian seorang dokter di Indonesia perlu ditingkatkan karena terkait erat dengan kesehatan masyarakat.

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Pemerintah harus menyajikan penilaian berkala terhadap kualitas layanan kesehatan sehingga layanan medis dapat meningkat dan tidak mengecewakan mereka.

F.A.Q

Teks Editorial adalah?

Teks Editorial merupakan sebuah teks yang di dalamnya berisikan suatu pendapat pribadi yang disampaikan oleh penulis mengenai masalah atau isu faktual yang sedang hangat diperbincangkan.

Fungsi dari Teks Editorial?

Secara umum, teks editorial berperan untuk menyampaikan informasi dasar mengenai hubungan yang terlibat antara berita dengan realitas sosial dan untuk mempengaruhi faktor-faktor secara lebih rinci.

Manfaat dari Editorial Text adalah?

1. Memberikan para pembaca informasi atau referensi.
2. Merangsang pikiran pembaca
3. Teks ini dapat digunakan untuk membantu pembaca melakukan suatu tindakan.

Itu dia referensi dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.

Related posts: