Contoh Teks Berita

Posted on

Contoh Teks Berita – Saat ini, berita memang sudah menjadi salah satu makanan sehari-hari untuk kita semua. Apalagi, sekrang kita sudah masuk ke era digital, dimana segala sesuatu dari kemajuan teknologi akan semakin mudah untuk diakses oleh semua orang kapanpun dan dimanapun.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa Contoh Teks Berita secara singkat, padat dan juga jelas. Tapi, sebelumnya ada baiknya jika kita mengetahui apa itu Teks Berita?

Contoh Teks Berita

Definisi Teks Berita

Teks berita adalah sebuah narasi yang didalamnya berisikan laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian faktual yang sedang ataupun sudah terjadi.

Informasi yang didapatkan harus jelas sumbernya, agar dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sumber teks berita dapat diambil dari mana saja, baik itu media cetak ataupun elektronik.

Teks berita dapat dikatakan sebagai teks yang baik dan benar jika didalamnya mengandung sebuah unsur 5W+1H. Apa itu 5W+1H? 5W+1H adalah sekumpulan pertanyaan yang jawabannya akan menjadi sebuah informasi bagi para pembacanya.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot

Struktur Teks Berita

Agar kalian bisa mendapatkan penjelasan yang jauh lebih rinci, maka kalian bisa menyimak penjelasan dari struktur teks berita berikut ini :

  • Orientasi, merupakan bagian pembukaan dari teks berita yang berhubungan dengan hal-hal yang nantinya akan di beritakan.
  • Peristiwa, merupakan bagian inti dari suatu berita yang nantinya berita tersebut akan di narasikan dengan baik agar dapat menyajikan fakta- fakta yang sebenarnya.
  • Sumber berita, pada bagian ini tidak perlu di cantumkan, namun letaknya juga sangat fleksibel. Maksudanya, sumber dari berita tidak harus selalu berada diakhir berita, melainkan dapat di letakkan didalam berita tersebut.

Baca Juga : Contoh Teks Negosiasi

Contoh Teks Berita

Agar lebih jelas memahami tentang Teks Berita, dibawah ini terdapat beberapa contoh Teks Berita, diantaranya adalah :

Contoh 1 : Hujan Deras, Sungai Ciliwung Menenggelamkan 2 Desa

Banjir bandang kembali terjadi dan menenggelamkan beberapa desa yang ada di ibu kota Jakarta. Bencana ini terjadi karena disebabkan oleh meluapnya sungai Ciliwung akibat diguyur hujan yang tak henti-henti dari pukul 19.00-09.00 WIB.

Meluapnya sungai Ciliwung mengakibatkan 2 desa tenggelam dan banyak kepala keluarga yang harus mengungsi ke kampung sebelah. Berdasarkan data yang ada, sudah terdapat kurang lebih 137 kepala keluarga yang harus kehilangan rumahnya karena hanyut terbawa banjir.

Sementara itu, pihak dari pemerintah sudah memberikan respon yang sangat cepat akan kebutuhan di para pengungsi dengan cara menyediakan obat-obatan, air bersih, makanan, minuman dan juga pakaian.

Peristiwa yang serupa juga pernah terjadi desa ini yaitu pada dua tahun yang lalu. Akan tetapi, akibat yang disarsakan tidak separah tahun ini, di mana terdapat 2 desa yang tenggelam dan 137 kepala keluarga yang harus kehilangan rumahnya.

Musibah banjir tahunan ini terjadi diperkirakan disebabkan oleh kebiasaan masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai Ciliwung membuang sampah kedalam sungai tersebut. Kebiasaan yang terus-menerus dipelihara ini tentu akan membuat sungai semakin dangkal.

Contoh 2 : Asap Pekat, Sekolah di Palembang Libur Selama 3 Hari

Pemerintah yang ada di Kota Palembang meliburkan para siswa sekolah dimulai dari taman kanak-kanak hingga ke sekolah menengah pertama, selama tiga hari karena kabut asap pekat yang menyelimuti kota tersebut.

Asap pekat yang berasal dari kebakaran hutan menyebabkan polusi udara semakin parah, bahkan hingga ke tingkat yang membahayakan kesehatan masyarakat Palembang.

Setelah surat edaran yang menyatakan bahwa siswa diliburkan selama tiga hari ke sekolah-sekolah yang ada di Palembang, para guru harus memulangkan seluruh siswanya pada Senin pagi.

Dinas Pendidikan dari Kota Palembang menyatakan bahwa surat edaran untuk meliburkan siswa sekolah akan diberikan kepada sekolah TK hingga SMP yang dimulai dari tanggal 14 sampai 17 Oktober 2019.

Akan tetapi, jika polusi udara yang masih saja tidak membaik, maka masa libur sekolah akan diperpanjang demi melindungi seluruh siswa dari dampak paparan asap yang tidak baik bagi kesehatan.

Contoh 3 : Diduga Sopir Lalai, Kecelakaan 2 Bus Tewaskan 7 Orang

Kecelakaan maut melanda Bus Sinar Jaya dengan Bus Arimbi Jaya Agung, ini terjadi di Tol Cipali KM 117.800 jalur B Kampung Sumberjaya, Desa Wanasari, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang.

Kecalakaan ini terjadi pada Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 00.00 WIB. Kejadian tersebut mengakibatkan tujuh orang tewas, dan semua korban tersebut berasal dari Bus PO Arimbi yang ditabrak oleh Bus PO Sinar Jaya.

Kepala dari Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan bahwa, kecelakaan tersebut diduga karena adanya kelalaian yang dilakukan pengemudi bus Sinar Jaya.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi

Apa yang dimaksud dengan Teks Berita?

Teks berita adalah sebuah narasi yang didalamnya berisikan laporan mengenai suatu peristiwa atau kejadian faktual yang sedang ataupun sudah terjadi.

Apa tujuan dari adanya Teks Berita?

Teks Berita bertujuan untuk memberikan sebuah berita kepada para pembaca, penonton, dan juga pendengarnya mengenai kejadian-kejadian yang pantas, penting, dan juga layak untuk diberitakan.

Apa saja kaidah kebahasaan dari Teks Berita?

1. Harus mengandung keterangan yang jelas.
2. Terdapat sebuah verba pewarta.
3. Terdapat sebuah verba transitif.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.