Contoh Tanggung Jawab

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi Contoh Tanggung Jawab terhadap keluarga dan diri sendiri – lengkap dengan pengertian, manfaat dan fungsinya supaya mudah dipahami.

Contoh Tanggung Jawab – adalah suatu tugas yang sudah menjadi kewajiban dalam individu dan harus dilakukan dengan hasil yang baik dengan menanggung semua konsekuensinya.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Tanggung Jawab Adalah

Contoh-Tanggung-Jawab

Tanggung jawab adalah salah satu sikap yang harus kita miliki karena sikap ini merupakan suatu karakter dengan keyakinan bahwa dalam keadaan apapun kita harus bertanggung jawab khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggung jawab juga dapat diartikan secara harfiah adalah salah satu syarat untuk melakukan segala sesuatu yang dihadapi bahkan apa yang sudah terjadi harus mampu memikulnya.

Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan tanggung jawab adalah suatu kondisi yang di mana wajib memikul segala sesuatu dengan tenang dan tetap memberikan sikap yang bertanggung jawab.

Rasa tanggung jawab akan muncul karena seseorang akan sadar dalam konsekuensi yang baik atau buruk dari apa yang dilakukannya dan tidak akan menyalahkan pihak lain.

Selain itu juga bahwa tanggung jawab dapat diartikan sebagai salah satu sifat dengan kesadaran manusia baik dari tindakan atau ucapan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

Peraturan itu sendiri adalah sebuah tindakan dan perilaku dalam pandangan sebagai prinsip untuk menentukan langkah-langkah yang di mana seseorang berkewajiban untuk menanggung beban yang akan terjadi.

Maka dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sikap tanggung jawab ini memiliki makna sebagai tindakan dalam diri seseorang untuk mengetahui pentingnya memiliki sikap ini.

Akan tetapi, sikap tanggung jawab sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja dalam ruang lingkup keluarga ataupun masyarakat.

Baca Juga: Contoh Ketahanan Nasional

Manfaat Tanggung Jawab

Tanggung jawab sangat menguntungkan diri pribadi dan dapat meningkatkan derajat sebagai manusia, disaat melakukan kesalahan maka harus mengakuinya dan hasur bertanggung jawab.

Berikut ini adalah beberapa manfaat seseorang yang memiliki sikap tanggung jawab adalah:

1. Dihormati oleh orang lain – seseorang yang bertanggung jawab dengan berprilaku yang baik pada umumnya akan lebih dihargai oleh orang lain, karena hal ini dapat menjadikannya seseorang dapat andalkan untuk memegang sesuatu.

2. Tidak suka membuat kesalahan – seseorang yang memiliki sikap tanggung jawab biasanya tidak mudah melakukan kesalahan, karena orang tersebut akan selalu berhati-hati dengan tugas yang dilakukannya hingga orang itu dapat menyelesaikan karyanya dengan benar.

3. Dapat dipercaya – seseorang yang memiliki jiwa yang bertanggung jawab maka orang tersebut dapat dipercaya oleh orang lain karena pekerjaannya dapat memberikan kepuasan kepada seseorang.

Akibatnya, orang-orang yang bertanggung jawab pada umumnya mendapatkan lebih banyak kepercayaan pada dalam bidang komunitas atau organisasi.

4. Mendapatkan kesuksesan – seseorang yang memiliki sikap tanggung jawab pastinya akan lebih mudah untuk mecapai kesuksesan dan selalu bertindak dengan hati – hati demi meningkatkan kualitas apa yang dikerjakannya.

Baca Juga: Contoh Hedonisme

Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung-jawab

Sikap yang bertanggung jawab harus dapat disampaikan sejak dini dalam diri seseorang sehingga akan terbiasa dengan sikap yang baik ini, maka seseorang akan memberikan pertumbuhan secara spiritual dan pribadi yang baik.

Berikut ini adalah beberapa contoh sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah sebagai berikut.

Selalu konsisten

Selalu konsisten adalah salah satu sikap yang bertanggung jawab kepada diri sendiri, karena bagaimana pun diri sebuah cerminan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat memberikan contoh kepada keluarga yang lainnya secara konsisten.

Contohnya:

Jika mengikuti suatu kegiatan maka harus dapat hadir tepat waktu untuk menjadikan contoh sikap yang disiplin dan bertanggung jawab.

Dengarkan saran dari orang tua

Dengarkan saran dari orang tua adalah salah satu sikap yang bertanggung jawab dengan mematuhi apa nasehat dari dari orang tua dan anggota yang lebih tua.

Contohnya:

Seseorang yang harus kita hormati dan patuhi dan harus mendengarkan saran yang diberikan , karena hal iji dapat dijadikan suatu motivasi untuk menjadi lebih baik.

Jangan berbohong

Jangan berbohong adalah salah satu sikap bertanggung jawab dengan melakukan sesuatu dengan tulus dan Jangan berbohong.

Contohnya:

Menjaga kualitas yang tercela dan tidak melakukan hal yang buruuk, karena suatu kebohongan yang kecil akan menjadi kebohongan yang besar.

Jaga kebersihan diri sendiri

Jaga kebersihan diri sendiri adalah salah satu sikap bertanggung jawab dengan selalu memperhatikan kebersihan diri pribadi karena kebersihan adalah sebgaian dari iman.

Contohnya:

Jika kamar tempat kita tidur terlihat kotor dan bauk maka secepat mungkin haris kita bersihkan, atau bisa juga menjaga kebersihan diri dengan menjaga aktifitas yang kotor dan harus rajin mandi.

Tanggung jawab kepada keluarga

Tanggung jawab kepada keluarga adalah salah satu sikap dengan bertanggung jawab demi mejaga kesejahteraan dan harmonis dalam keluarga.

Contohnya:

Seorang ayah bersusah payah mencari rizki demin mencukupi hidup istri dan anak-anaknya setiap hari.

Tanggung jawab kepada Alloh

Tanggung jawab kepada Alloh harus tumbuh sejak lahir di dunia dengan memiliki tanggung jawab terhadap Alloh dan patuh kepada agama.

Contohnya:

Seseorang harus mampu taat kepada Alloh dan menjalankan perinah nya serta menjauhi semua larangannya untuk melakukan nya dengan ihklas dan akan mendapatkan keselamatan dunia dan diakhirat.

Contoh tanggung jawab dalam lingkungan keluarga

Selain bertanggung jawab kepada diri sendiri maka di sini juga kan akan menyampaikan bebeapa contoh bertanggung jawab pada lingkungan keluarga.

Berikut ini adaah contoh sikap bertanggung jawab pada lingkungan keluarga adalah.

Patuhi aturan keluarga

Patuhi aturan keluarga adalah contoh sikap yang bertanggung jawab dan harus mengikuti aturan apda yang ada dalam keluarga.

Misalnya:

Semua anggota keluarga harus mematuhi aturan-aturan ini dan harus melakukan pekerjaan sehari-hari dengan teratur.

Baca Juga: Contoh Negara Kesatuan

Menghormati satu sama lain

Menghormati satu sama lain adalah contoh dari sikap bertanggung jawab dengan saling menghormati satu sama lain anggota keluarga.

Misalnya:

Sebagai seorang anak harus mampu menghormati orang tua dan kakak serta semua anggota keluarga yang lainnya, karena rasa hormat dapat mewujudkan sikap tanggung jawab dengan penuh sukacita.

Tidak berbohong pada anggota keluarga

Tidak berbohong pada anggota keluarga adalah salah satu sikap bertanggung jawab dengan melakukan perbuatan tidak berbohong kepada anggota keluarganya.

Misalnya:

Jika ada masalah maka harus berbicara dan perlu diselesaikan atau diskusikan dengan orang tua untuk menghindari kesalahpahaman dan mendapatkan solusinya.

Baca Juga: Sumber Hukum

Bersikap proaktif

Bersikap proaktif adalah salah satu cara untuk melakukan perbuatan tanggung jawab dan harus dapat memastikan bahwa tugas utama terhadap pekerjaan yang benar-benar perlu dilakukan.

Misalnya:

Jika ada barang yang rusak didalam rumah tangga maka harus tanggap segera memperbaiki nya tanpa harus bertanya kepada anggota keluarga yang lainnya.

Bisa dipercaya

Bisa dipercaya adalah salah satu sikap seseorang yang memiliki tanggung jawab hingga seseorang dapat dipercaya oleh orang lain.

Misalnya:

jika sudah di kasih kepercayaan maka harus benar – benar menjaga kepercayaan tersebut.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Contoh Tanggung Jawab pada dilingkungan, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>