Contoh Surat Resign

Posted on

Contoh Surat Resign – Ada banyak sekali alasan seorang karyawan mengundurkan diri dari pekerjaannya, misalnya seperti masalah gaji yang kecil, tidak cocok dengan lingkungan pekerjaannya, merasa bosan dengan pekerjaan sekarang dan masih banyak lagi.

Namun, jika seseorang ingin mengundurkan diri dari kantor tempatnya bekerja, ia harus memberikan sebuah surat yang didalamnya berisikan permohonan maaf untuk mengundurkan diri secara baik-baik.

Surat itu disebut dengan Surat Resign atau Surat Pengunduran Diri. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa Contoh Surat Resign yang baik dan benar secara lengkap.

Contoh Surat Resign

Definisi Surat Resign

Surat Resign adalah sebuah surat yang dibuat dan ditujukan untuk menyatakan bahwa ia berhenti bekerja dari tempat di mana selama ini ia bekerja, baik itu di perusahaan swasta ataupun di kantor pemerintahan.

Mengundurkan diri atau berhanti dari pekerjaannya adalah hal yang sangat wajar dilakukan dan merupakan hak yang dimiliki oleh seluruh pegawai.

Hal ini disebabkan karena setiap orang bebas untuk menentukan jalan hidup mereka masing-masing dan bertanggung jawab atas apa yang sudah menjadi pilihannya.

Baca Juga : Contoh Surat Kuasa

Alasan Pegawai Mengundurkan Diri Dari Tempatnya Bekerja

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa mengundurkan diri adalah hak yang dimiliki oleh seluruh pegawai. Namun, terdapat beberapa alasan utama yang mendasarinya, yaitu sebagai berikut :

1. Gaji Yang Sangat Kecil

Gaji menjadi salah satu faktor penting bagi setiao karyawan, karena hal tersebut sangat berhubungan erat dengan biaya hidupnya. Apabila biaya hidup mereka lebih besar dibandingkan dengan gaji yang ia dapatkan.

Hal ini akan membuat mereka merasa apa yang ia kerjakan semua terasa percuma, karena ia bekerja untuk mendapatkan bayaran yang nantinya akan digunakan untuk biaya hidupnya.

2. Merasa Tidak Cocok dengan lingkungan Kerja

Untuk mengetahui cock atau tidaknya seorang pegawai dengan keadaan lingkungan pekerjaannya, maka mereka harus beradaptasi atau penyesuaian diri terlebih dahulu dengan lingkungan tersebut.

Jika ia terus menerus merasakan perasaan yang tidak nyaman, maka seorang pegawai dapat memutuskan apakah ingin tetap berada diperusahaan tersebut atau mengundurkan diri.

Apabila bekerja didalam lingkungan yang membuatnya tidak nyaman, tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil pekerjaan seseorang.

3. Ingin Merasakan Pekerjaan Di Tempat Lain atau Bosan

Sebagai manusia, mengalami rasa bosan terhadap suatu hal itu merupakan hal yang sangat wajar, apalagi hal itu terus berulang-ulang. Umumnya hal ini dapat terjadi dengan seseorang yang ingin memperoleh tantangan yang baru didalam pekerjaannya.

Karena ia merasa apabila mendapatkan pekerjaan yang lebih menantang dari pekerjaan yang sebelumnya, maka ia akan merasa lebih semangat didalam melakukan semua pekerjaannya.

4. Tidak Mendapat Kenaikan Jabatan Dan Juga Gaji

Bekerja didalam suatu perusahaan, setiap karyawan pasti ingin merasakan yang namanya naik jabatan atau mendapat promosi dati atasan atau perusahaannya.

Hal ini sangat berhubungan erat dengan karir dari seorang karyawan dan juga gajinya. Semakin tinggi jabatan yang ia pegang maka akan semakin besar pula gaji yang ia dapatkan.

Baca Juga : Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Resign

Terdapat beberapa contoh surat resign yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, yaitu diantaranya adalah :

Contoh 1 :

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Jakarta Pusat, 22 Juni 2018

Kepada Yth
Bagian Personalia / HRD
Lumire Hotel
Jl. Senen Raya No. 135 Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ulia Sarofa, bermaksud untuk mengundurkan diri dari Lumire Hotel terhitung sejak tanggal 23 Juni 2018.

Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih atas kesempatan dan juga pengalaman yang sangat berharga yang saya dapatkan selama bekerja di Lumire Hotel.


Tidak lupa juga saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, kepada seluruh jajaran dan juga rekan yang ada didalam Lumire Hotel apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama bekerja disini.

Harapan saya untuk Hotel ini semoga Lumire Hotel selalu berkembang kearah yang lebih positif dan selalu menjadi Hotel yang terbaik.

Hormat saya

Ulisa Sarofa

Contoh 2 :

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Bandar Lampung, 15 April 2019

Kepada Yth
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Pertamina
Jl. KH. Ahmad Dahlan Bandar Lampung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya atas nama Riyan Wijaya bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Pertamina sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 17 April 2019.

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang sudah diberikan oleh PT. Pertamina kepada saya. Sehingga saya mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga dari hal-hal yang sudah saya kerjakan selama bekerja di PT. Pertamina.

Tidak lupa juga saya ucapkan permohonan maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Pertamina serta seluruh karyawan yang ada di PT. Pertamina, apabila selama bekerja saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Harapan saya semoga PT. Pertamina semakin maju, makmur dan tambah jaya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak-banyak terimakasih.

Hormat Saya

Riyan Wijaya

Baca Juga : Contoh Surat Resmi

Apa yang dimaksud dengan Surat Resign?

Surat Resign adalah sebuah surat yang dibuat dan ditujukan untuk menyatakan bahwa ia berhenti bekerja dari tempat di mana selama ini ia bekerja.

Bagaimana cara membuat Surat Resign yang baik dan benar?

1. Bualah surat pengunduran diri dengan jelas, singkat dan juga padat.
2. Ucapkan terima kasih pada perusahaan yang telah menerima bekerja selama ini dan juga rekan-rekan yang ada didalam perusahaan.
3. Tidak perlu mencantumkan alasan pengunduran diri secara rinci didalam surat resign.
4. Membuat dan juga menyerahkan surat resign kepada perusahaan sebelum benar-benar berhenti.
5. Surat resign dapat di tulis tangan atau diketik di atas kertas putih polos secara rapi.

Apa saja format yang harus ada didalam pembuatan Surat Resign?

1. Tanggal dan juga waktu pengunduran diri. Umumnya bagian ini terletak di kanan atas.
2. Nama dan juga alamat target, umumnya terletak di bagian kanan atau kiri atas.
3. Isi surat pengunduran diri.
4. Tanda tangan dan juga beri nama pada stempel.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk para pembaca