Contoh Surat Pribadi

Posted on

Contoh Surat Pribadi – Pada kehidupan sekitar tahun 90 an ke bawah, dalam melakukan kegiatan berkomunikasi masih menggunakan Surat Pribadi (Personal Letter), yang berisikan tentang kabar suatu kondisi, keterangan, harapan atau permohonan pada suatu organisasi, perusahaan atau pun per orangan.

Contoh Surat Pribadi

Tetapi pada zaman milenial ini sudah sangat jarang sekali menggunakan surat pribadi, karena semakin berkembang pesatnya sebuah teknologi untuk memberikan suatu kondisi, keterangan, harapan atau permohonan sudah menjadi lebih praktis, dengan menggunakan aplikasi-aplikasi sosial media yang sudah tersedia.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang surat pribadi beserta dengan struktur-struktur yang berada disekitarnya. Simaklah ulasan-ulasan yang tersedia dibawah ini.

Pengertian Surat Pribadi

Surat Pribadi (Personal Letter) adalah Salah satu jenis surat yang digunakan untuk suatu kepentingan pribadi yang ditujukan kepada pihak lainnya seperti sebuah organisasi, instansi, atau pun perorangan.

Dalam pembuatan surat pribadi boleh menggunakan bahasa yang baku atau bahasa yang tidak baku, tetapi dalam penggunaan kalimatnya harus beretika baik dan juga sopan.

Dalam hal ini surat pribadi terbagi menjadi 2 bentuk, yaitu :

Surat pribadi bersifat resmi : Surat pribadi yang ditulis oleh seseorang secara pribadi yang ditujukan kepada Pemerintahan, Organisasi atau Perusahaan. Dalam pemakaian bahasa pada bentuk Surat pribadi ini harus menggunakan bahasa yang baku dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan.

Surat pribadi bersifat tidak resmi : Surat pribadi yang ditulis oleh seseorang secara pribadi yang ditujukan kepada Kerabat, Keluarga, Teman, atau Pacar. Dalam penggunaaan bahasa pada bentuk Surat Pribadi ini boleh menggunakan bahasa yang tidak baku, tetapi penggunaan kalimatnya harus memperhatikan kesopanan dalam berkomunikasi.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Untuk mengenali surat pribadi ini terdapat ciri-ciri yang menjadi pembeda dari surat lainnya, berikut adalah ciri-ciri surat pribadi :

  • Surat Pribadi tidak dilengkapi dengan kepala surat (kop surat)
  • Surat Pribadi tidak mempunyai nomor surat
  • Salam pembuka & penutup dalam surat pribadi bersifat Non Formal
  • Penggunaan bahasa sesuai dengan bentuk surat, jika surat pribadi bersifat resmi harus menggunakan bahasa yang baku, tetapi jika surat pribadi bersifat tidak resmi boleh menggunakan bahasa yang tidak baku
  • Surat Pribadi pada umumnya format penulisan surat pribadi lebih bebas

Struktur-Struktur Surat Pribadi

Pada pembahasan berikut ini merupakan struktur bagian-bagian dari cara pembuatan surat pribadi :

Contoh Surat Pribadi

1. Tempat & Tanggal Surat, yaitu Bagian surat pribadi yang berisikan tentang tempat dimana penulisan surat dilakukan & tanggal berapa penulisan surat itu dilakukan.

Contoh : Bandar Lampung, 20 Februari 2019.

2. Nama Penerima Surat & Tempat, taitu Bagian surat pribadi yang berisikan tentang penerima surat yang dikirimkan & tempat tinggalnya.

Contoh : 

Untuk Sahabat ku

Wisnu Marta

Di Palembang

3. Salam Pembuka, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf utama yang berisikan tentang kalimat pembukaan atau salam pembuka, biasanya berupa pertanyaan mengenai kabar kondisi pada diri penerima surat.

Contoh : Assalammu’alaikum, Dear, Salam Sejahtera, dll.

4. Kalimat Pembuka, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf kedua yang berisikan tentang kalimat yang berupa menanyakan suatu keadaan atau kondisi pada diri penerima surat.

Contoh : Hai Sukmawati bagaimana kabar mu saat ini? Aku berharap semoga kamu & keluarga selalu sehat wal’afiat ya, sudah lama sekali kita tidak bertemu selama 3 tahun. Pasti sekarang kamu tambah cantik, pintar dan juga sukses.

5. Isi Surat, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf ketiga yang berisikan tentang kalimat inti utama atau tujuan utama dari surat pribadi.

Contoh : Sukmawati, sahabat ku yang cantik. Semenjak berhentinya aku dari Kampus Dian Cipta Cendikia, aku selalu merindukan saat-saat kita saling bercanda ketika bertemu, senyuman mu yang manis selalu terbayang di pikiran ku, aku masih ingat ketika kita pulang dari kampus, kita selalu jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di Bandar Lampung, dulu kamu selalu sangat senang apabila kita jalan-jalan berdua. Kamu selalu menganggap ku sebagai sahabat terbaik di hidup mu, bahkan kita saling berjanji untuk menjaga perasaan kita masing-masing, karena kamu takut sekali kehilangan diri ku. Tetapi saat ini aku malah pergi meninggalkan diri mu, maafkan aku sahabat ku, aku tak bermaksud untuk meninggalkan diri mu. Aku akan selalu berada disisi mu dalam setiap Doa ku.

6. Kalimat Penutup, yaitu Bagian surat pribadi pada paragraf keempat yang berisikan tentang kalimat yang berupa tanda berakhirnya inti utama surat.

Contoh : Sukmawati, aku rasa cukup sampai disini dahulu percakapan kita dalam surat ini. Semoga suatu saat kita akan dipertemukan kembali untuk melanjutkan cerita kita yang dulu pernah terjadi. Aku sayang sama kamu sukmawati, jangan lupa titip salam untuk kedua orang tua mu.

7. Salam Penutup, yaitu Bagian surat pribadi yang berisikan tentang salam penutup, sebagai tanda akhir dari surat yang dikirimkan.

Contoh : Wassalammu’alaikum, Salam Sejahtera, dll.

8. Nama Pengirim, Bagian surat pribadi yang berisikan tentang nama yang mengirimkan surat.

Contoh : Wisnu Marta

9. Tanda Tangan Pengirim, yaitu Bagian surat pribadi yang berisikan berupa tanda tangan yang membuat & mengirimkan surat.

Contoh Surat Pribadi

Setelah kita memahami struktur bagian-bagian dari surat pribadi, selanjutnya dibawah ini tertera beberapa contoh-contoh surat pribadi untuk guru, teman, orang tua, dan keluarga :

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman

Bandar Lampung, 20 Februari 2019.

Untuk Sahabat Ku

Sukmawati

Di Yogyakarta

Assalammu’alaikum

Hai sahabat ku Sukmawati, bagaimana kabar mu saat ini? sudah 3 tahun lamanya kita tidak bertemu. Semoga disana kamu selalu sehat wal’afiat ya, tambah cantik dan juga semoga kamu menjadi wanita yang sukses.

Sukma, sahabat karib ku, semenjak kita berpisah banyak sekali yang terjadi pada ku. Dahulu ketika kita masih berada didalam Universitas. Kita selalu menjalani hari bersama-sama, dalam keadaan susah ataupun senang, kamu selalu mendukung dan memberikan ku semangat ketika menghadapi suatu masalah. Masih ingat kah, dahulu aku masih sering suka bermain game, sehingga nilai-nilai ku dibawah rata-rata seluruh mahasiswa di kampus. Pada saat itu kamu terus berjuang untuk membuat ku berubah agar lebih giat dan lebih rajin untuk belajar, kamu selalu mendatangi kostan ku, hanya untuk menemani ku belajar sampai aku paham. Sukmawati dalam surat ini aku ingin sekali jujur pada mu, karna kejadian itu, aku memiliki perasaan suka pada mu, aku sayang sama kamu, aku ingin sekali bertemu dengan mu lagi untuk mengungkapkan perasaan ini kepada mu. Tapi apa daya aku disini, aku sudah menjadi karyawan perusahaan terbesar di Bandar Lampung, dan aku masih sangat sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk berkunjung kesana, maafkan aku sukmawati.

Cukup disini dahulu percakapan kita dalam surat ini, semoga suatu saat nanti kita bisa bertemu kembali, salam juga untuk kedua orang tua mu disana, terimakasih telah melahirkan wanita secantik diri mu.

Wassalammu’alaikum

Sahabat Mu

Wisnu Marta

 

Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga

Untuk

Kakek & Nenek Ku

Di Kota Bogor

Assalammu’alaikum

Hai Kakek & Nenek Ku, bagaimana kabar kalian saat ini? Marta berharap kakek dan nenek selalu sehat wal’afiat ya. Sudah lama sekali Marta tidak bertemu dengan kalian, semoga Kakek dan Nenek disana bertambah sehat, lapang rezeki, dan tambah kuat.

Kakek & Nenek ku, semenjak Marta meninggalkan kalian dari Kota Bogor, karena tuntutan pendidikan yang diberikan Kedua Orang Tua Marta disini , Marta sudah diterima ke dalam sekolah favorit di Kota Jakarta. Disini Marta banyak sekali mempelajari Ilmu-Ilmu pengetahuan yang selama ini belum Marta ketahui, dan disini Marta banyak sekali memiliki teman-teman baru yang sayang dengan Marta. Tetapi terkadang Marta teringat dengan masa-masa ketika Marta dahulu tinggal bersama dengan kalian. Ketika Marta diajak dengan Nenek & Kakek untuk jalan-jalan ke Kebun Teh disana, suasana disana sangat sejuk dan menyegarkan hati, banyak sekali tumbuhan hijau yang hidup di Kebun Teh, kita menikmati Secangkir Teh hangat yang dibuat memetik daun teh langsung dari kebunnya. Marta rindu sekali masa-masa itu. Marta berjanji, apabila liburan panjang sekolah nanti, Marta bakal sempatin untuk berkunjung kesana kembali.

Cukup sampai disini dulu ya Nek, Kek surat dari Marta, semoga kita bisa bertemu kembali dan bisa menikmati secangkir teh hangat bersama-sama lagi.

Cucu Mu

Wisnu Marta

 

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Surat Pribadi beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Bagian, dan Contoh Surat Pribadi.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :