Contoh Surat Pengunduran Diri

Posted on

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada suatu perusahaan pasti pernah terjadi berhentinya seorang pegawai dari perusahaan tersebut. Atau yang disebut dengan pengunduran diri (Resignation).

Apabila seorang pegawai ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan, akan melewati prosedur-prosedur yang telah ditentukan dalam pengunduran diri dari perusahaan, salah satunya adalah dengan membuat surat pengunduran diri bahwa seorang pegawai tersebut benar-benar ingin berhenti bekerja pada perusahaan tersebut.

contoh surat pengunduran diri

Oleh karna itu pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi tentang komponen-komponen yang berada pada surat pengunduran diri, serta cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar, dan juga contoh-contoh surat pengunduran diri.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri (Resign Letter) adalah Jenis surat yang dibuat dan digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang ingin berhenti bekerja dari tempat dia bekerja.

Surat pengunduran diri ini juga merupakan suatu bentuk kedisiplinan administrasi yang secara etika memperlihatkan bahwa seseorang yang membuat pernyataan pengunduran diri, masih ingin menjaga hubungan yang baik dengan suatu perusahaan atau instansi lainnya, walaupun sudah tidak ada hubungan kerja lagi pada tempat tersebut.

Surat pengunduran diri ini digunakan bukan hanya untuk seorang pegawai yang bekerja pada perusahaan swasta atau kantor pemerintahan saja, tetapi juga digunakan segala aspek kehidupan tempat kita menjalankan suatu kegiatan rutin.

Contoh : Surat pengunduran diri seorang mahasiswa yang ingin berhenti untuk tidak melanjutkan perkuliahannya pada suatu universitas tempat dia menimba ilmu tertentu.

Manfaat Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri adalah sebuah hak pada setiap pegawai yang bekerja pada suatu perusahaan dan mempunyai manfaat-manfaat yang bisa didapatkan oleh seseorang, walaupun dia tidak lagi bekerja pada perusahaan tersebut. berikut ini adalah manfaat-manfaat dari surat pengunduran diri :

1. Terlihat terhormat & profesional 

Manfaat pertama dari surat pengunduran diri adalah setiap keputusan yang diambil oleh seorang pegawai harus dibarengi dengan etika-etika yang sopan.

Karena itu ketika kita ingin berhenti bekerja pada suatu perusahaan dengan membuat surat pengunduran diri, maka perusahaan akan memandang kita sebagai pribadi yang bertanggung jawab, bertetika, terhormat dan suatu waktu kita masih mempunyai peluang untuk bisa menjadi pegawai pada perusahaan itu kembali.

Beda dengan halnya apabila kita berhenti bekerja dengan cara yang tidak jelas, maka perusahaan tersebut pun akan menilai kita sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab, tidak memiliki etika, dan suatu waktu tidak mempunyai peluang untuk bisa menjadi pegawai pada perusahaan itu kembali.

2. Perusahaan bisa mencari pegawai baru pada posisi yang ditinggalkan

Manfaat kedua dari surat pengunduran diri adalah apabila seorang pegawai ingin berhenti bekerja pada sebuah perusahaan. Berfungsi agar perusahaan yang ditinggalkan oleh pegawai tersebut bisa segera mencari pengganti lainnya untuk menempati posisi dari karyawan yang telah berhenti.

Oleh karna itu ketika kita ingin behenti bekerja pada suatu perusahaan, pastikan kita membuat surat pengunduran diri terlebih dahulu sebelum kita benar-benar tidak lagi bekerja pada perusahaan tersebut.

Agar perusahaan tersebut tidak kelabakan karna kosongnya posisi yang kita tinggalkan, dan segera mencarikan pegawai baru yang akan mengisi posisi yang kosong tersebut.

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Pada pembuatan surat pengunduran diri memiliki format-format penulisan yang harus diperhatikan kita, agar pada penulisan surat tidak ada kesalahan-kesalahan yang berada didalamnya.

Berikut ini adalah format-format pada penulisan surat pengunduran diri :

1. Nama Kota & Tanggal

Dalam surat pengunduran diri biasanya tercantum Nama Kota & Tanggal pembuatan surat, dengan format penulisan, yaitu diawali huruf kapital, pemisah nama kota dan tanggal berupa tanda koma dan diakhir tanpa menggunakan titik dibelakangnya.

Penulisan ini diletakkan pada pojok kanan atas surat.

Contoh : Bandar lampung, 20 Januari 2019 / Bandar Lampung, 20-01-2019

2. Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan

Dalam surat pengunduran diri juga biasanya tercantum Nama Perusahaan & Alamat Perusahaan, dengan format penulisan, yaitu diawali huruf kapital, pemisah nama dan keterangan berupa tanda titik dua dan diakhir tanpa menggunakan titik dibelakangnya.

Penulisan ini diletakkan pada pojok kiri atas setelah nama kota & tanggal pembuatan.

Contoh :

Kepada
Pimpinan Perusahaan
PT. Pesona Nusantara Jaya
Jalan Z.A. Pagar Alam No. 45 Kedaton
Bandar Lampung

3. Salam Pembuka

Dalam surat pengunduran diri juga terdapat kalimat sebagai salam pembuka, agar terlihat lebih sopan dan bertetika ketika kita berhenti bekerja pada suatu perusahaan.

Contoh : Hormat saya, Assalamualaikum, Salam sejahtera, Selamat pagi dan Lain-lainnya

4. Alasan Pengunduran Diri

Pada bagian surat pengunduran diri inilah yang paling sulit untuk kita tulis, tetapi alasan ini harus ditulis sejujur mungkin agar pimpinan pada perusahaan tersebut memaklumi kita yang ingin mengundurkan diri.

Apabila alasan ini tidak ditulis kedalam surat, maka pimpinan dari perusahaan tersebut akan menolak surat pengunduran diri yang kita ajukan.

Contoh : Dengan surat ini secara resmi saya ingin keluar dari perusahaan PT. Pesona Nusantara Jaya, dengan alasan pindah rumah diluar kota.

5. Menuliskan Tanggal Pengunduran Diri

Bagian surat pengunduran diri ini juga, kita harus menerangkan dan menegaskan yang berupa tanggal pengunduran diri dan benar-benar akan keluar dari perusahaan.

Contoh : Secara resmi terhitung dari tanggal 30 Oktober 2019 menegaskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan PT. Pesona Nusantara Jaya dengan jabatan sebagai Kepala Produktifitas.

6. Ucapan Terimakasih & Permohonan Maaf

Pada bagian sebelum akhir surat pengunduran diri berikanlah kalimat sebagai ucapan terimakasih atas kerja sama nya pada suatu perusahaan, dan permohonan maaf karena secara sadar atau tidak sadar telah melakukan sebuah kesalahan-kesalahan.

Contoh : Demikin saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena selama ini telah mau menjadikan saya bagian dari perusahaan PT. Pesona Nusantara Jaya, dan memohon maaf apabila selama bekerja diperusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan yang secara sadar atau tidak sadar telah saya lakukan.

7. Salam Penutup & Tanda Tangan

Bagian inilah yang dicantumkan pada bagian akhir surat yang berada pada pojok kiri bawah, yang tertulis sebagai salam penutup dan juga tanda tangan kita, sebagai tanda resmi kita berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.

Contoh : 

Hormat saya

Kepala Produktifitas

(Tanda Tangan)

Wisnu Marta

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut ini adalah contoh – contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan :

Contoh Pertama

Bandar Lampung, 10 November 2015

Kepada
Pimpinan Kepala Produktifitas
PT. Nusantara Indah
Jln. Kelapa Warna, No. 45, Tanjung Senang
Bandar Lampung

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Wisnu Marta, SE

Tempat, Tanggal lahir : Bandar lampung, 25 September 1988

Alamat : Jln.P.ternate, No17, Jagabaya 2, Bandar Lampung

Perusahaan : PT. Nusantara Indah

Jabatan : Manager Produktifitas

NIK : 162310036

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah dipercayakan kepada saya untuk dapat bekerja di perusahaan PT.Nusantara Indah dan saya memohon maaf kepada pimpinan, staf-staf, dan pegawai lainnya, apabila dalam semasa jabatan saya melakukan kekurangan atau kesalahan yang pernah saya lakukan secara sadar ataupun tidak sadar.

Saya berharap agar perusahaan ini dapat terus berkembang maju dan terus berusaha menciptakan produktifitas yang baik.

Hormat saya

Wisnu Marta, SE

 

 

Contoh Kedua

Bandar Lampung, 15 November 2018

Kepada
Pimpinan Lembaga Ganesha Operation
Jln.Pangeran Diponegoro,No.18,Way Halim
Bandar Lampung

Dengan hormat

Melalui surat pengunduran diri ini maka saya yang bernama Cyntia Atika Alba. bermaksud untuk mengundurkan diri dari Lembaga Ganesha Operation sebagai Tenaga Pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, terhitung sejak dari tanggal 05 November 2018.

Saya mengucapkan rasa Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Pimpinan Lembaga Ganesha Operation, atas kesempatan yang diberikan untuk bekerja Lembaga Ganesha Operation. Keputusan ini saya putuskan atas dasar pertimbangan-pertimbangan tertentu yang telah saya bicarakan kepada Bapak Kepala Pimpinan beberapa hari yang lalu.

Selanjutnya saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada para staf-staf dan rekan-rekan kerja lainnya, apabila selama saya bekerja secara sengaja atau tidak sengaja telah melakukan kesalahan-kesalahan.Demikian surat pengunduran diri yang telah saya buat tersebut, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

(Tanda Tangan)

Cyntia Atika Alba

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Surat Pengunduran Diri beserta Pengertian, Manfaat-manfaat, Format penulisan, dan Contoh surat pengunduran diri.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Materi Terkait: