Contoh Surat Izin

Posted on

Contoh Surat Izin – Ketika kita menjalani suatu kegiatan yang dilakukan didalam sebuah tempat kerja, sekolah, universitas, dan lain-lainnya. Pasti dalam suatu waktu, dimana kita akan memiliki masa-masa kesibukan lain.

Sehingga kita tidak bisa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan seperti biasanya di tempat yang telah disebutkan sebelumnya.

Ketika kita tidak bisa mengikuti kegiatan-kegiatan seperti biasanya, akan memerlukan sebuah Surat Izin untuk menerangkan atau menjelaskan kepada pihak-pihak yang memimpin.

Pada suatu tempat kita bekerja di suatu perusahaan, tempat kita sekolah, tempat kita melakukan kegiatan perkuliahan pada sebuah universitas, atau tempat lain-lainnya.

Oleh karna itu dalam pembuatan Surat Izin kita harus memahami komponen-komponen yang berada didalamnya, agar dalam pembuatan surat izin yang kita buat menjadi baik dan benar.

contoh surat izin

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa saja yang menjadi komponen penting dalam pembuatan surat izin, bagaimana cara membuat surat izin yang baik, dan contoh-contoh surat izin yang dapat kita jadikan sebuah contoh dalam pembuatannya.

Pengertian Surat Izin

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan, Surat adalah sebuah informasi berupa tulisan yang menerangkan suatu maksud tertentu, sedangkan Izin adalah sebuah pernyataan atau permohonan suatu bantuan dalam kondisi tertentu.

Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Surat Izin adalah Sebuah informasi mengenai seseorang yang terikat kegiatan rutin pada suatu tempat dan dibuat berupa tulisan tangan yang menerangkan suatu permohonan bantuan karena kondisi tertentu pada diri seseorang sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan rutin seperti biasanya.

Bentuk-Bentuk Surat Izin

Penggunaan surat izin mempunyai 2 bentuk yang berbeda yaitu Penggunaan surat izin menggunakan kop surat dan penggunaan surat izin tidak menggunakan kop surat.

1. Surat izin tidak menggunakan Kop Surat adalah sebuah surat izin yang dibuat sebagai permohonan berdasarkan suatu kepentingan pribadi seseorang, karena tidak bisa mengikuti kegiatan rutin yang dilakukan seperti biasanya pada tempat tersebut.

Contoh : Surat izin yang ditulis oleh wali murid yang menerangkan bahwa anaknya tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran pada sebuah sekolahan, karena suatu halangan tertentu seperti sakit atau mempunyai acara lain yang harus wajib di ikuti.

2. Surat izin menggunakan Kop Surat adalah sebuah surat izin yang dibuat sebagai permohonan untuk mengadakan suatu kegiatan, acara, usaha, dan lain-lainnya.

Contoh : Surat izin yang ditulis oleh sebuah organisasi tertentu pada sekolah untuk mengadakan suatu acara pada organisasi tersebut, seperti mengadakan lomba pada organisasi, diklat organisasi dan lain-lainnya.

Penulisan Surat Izin

Pada pembuatan surat izin sering sekali terjadinya keselahan dalam penulisannya, oleh karena itu dalam pembuatan surat izin ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, supaya pembuatan surat izin yang kita lakukan menjadi baik dan benar.

berikut adalah cara membuat surat izin yang baik dan benar :

1. Gaya Bahasa

Surat izin termasuk kedalam surat resmi, yang ditujukan kepada pihak-pihak tertentu yang terkait seperti, perusahaan, sekolah, universitas, dan lain-lainnya.

Dimana dalam pembuatan surat izin harus menggunakan bahasa yang baku dan efektif, dan hindari penggunaan bahasa yang bertele-tele dan tidak efektif.

2. Tanda Baca

Penggunaan tanda baca dalam pembuatan surat izin, memang sepertinya hal ini sangat sepele tetapi pada dasarnya penggunaan tanda baca sangatlah penting.

Karena penggunaan tanda baca yang tepat, pada kalimat yang ditulis dalam pembuatan surat izin lebih mudah dibaca dan dipahami.

3. Kerapihan Kalimat

Kerapihan setiap kalimat pada pembuatan surat izin, merupakan hal yang penting agar surat yang dibuat lebih enak dipandang, maka dari itu usahakan dalam pembuatan surat izin sebisa mungkin tidak ada coret-coretan.

karena apabila ada coret-coretan dalam pembuatan surat izin menjadi tidak enak untuk dilihat dan dibaca, lebih baik tulis ulang surat izin tersebut pada kertas yang baru.

Bagian-Bagian Surat Izin

Dalam surat izin memiliki bagian-bagian tertentu yang sangat penting dalam pembuatannya.Berikut adalah bagian-bagian yang berada disurat izin :

1. Tempat & tanggal Surat

Pada bagian surat izin memiliki suatu Tempat pembuatan & Tanggal pembuatan surat, yang biasanya ditulis yang berada pada pojok kanan surat.

Contoh : ” Bandar Lampung, 20 Januari 2018

2. Tertuju Kepada

Ketika kita membuat surat izin pastinya memiliki tujuan kepada siapa kita membuat surat tersebut, yang biasanya ditulis yang berada pada pojok kanan surat bersama tempat & tanggal surat.

Contoh : ” Kepada Yth.Bapak/Ibu Dosen Universitas DCC

3. Salam Pembuka

Dalam kalimat surat izin terdapat salam pembuka yang berada bagian surat tersebut, agar terkesan sopan dan beretika, terkait kepada yang bertanggung jawab atas izin yang diajukan. Berada pada paragraf ketiga sebelah kiri surat

Contoh : ” Dengan hormat ”

4. Kalimat Pembuka

Pada surat izin memiliki suatu kalimat pembuka yang menunjukkan suatu maksud pembuatan surat izin tersebut, dan memberikan beberapa kata-kata sopan kepada pihak yang tertuju. Berada pada paragraf keempat sebelah kiri surat.

Contoh : ” Saya yang bertanda tangan dibawah ini , bermaksud memberitahukan kepada Yth Bapak/Ibu Guru bahwasanya anak kami yang bernama….”

5. Isi Surat

Sebuah surat izin pasti memiliki sebuah isi surat yang menunjukkan keterangan inti dari pembuatan surat tersebut. Berada pada paragraf kelima di tengah-tengah surat.

Contoh : ” Tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya, dikarenakan sedang sakit ”

6. Penutup Surat

Pada akhiran surat izin terdapat sebuah penutup surat yang berisikan, tanda tangan, permintaan maaf, segala kekurangan dalam pembuatan surat tersebut, baik dari pencantuman tempat & tanggal, pengucapan nama dan gelar, isi surat, dan lain-lainn.

Contoh : ” Atas perhatian Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, dan mohon maaf apabila pada penulisan surat yang saya buat ini masih terdapat kesalahan-kesalahannya. Demikian Wassalammu’alaikum…”

Contoh Surat Izin

Setelah kita memahami komponen-komponen dan cara-cara yang berada pada sebuah surat izin, selanjutnya adalah contoh-contoh surat izin :

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Bandar Lampung, 10 September 2018

Kepada Yth, Bapak/Ibu Guru, MAN 1 Bandar Lampung

Dengan hormat,

Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah Orang Tua/Wali Murid dari Siswi :

Nama : Cyntia Atika Alba

Kelas : 9A

Jurusan : Ilmu Pengetahuan Alam

Dengan ditulisnya surat ini ingin memberitahukan bahwa anak kami, tidak bisa mengikuti pembelajaran disekolah seperti biasanya, di karenakan sedang dalam masa pemulihan atas kondisinya, yaitu Demam Berdarah.

Demikian maksud surat yang kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan surat ini.

Hormat Kami

(Tanda Tangan)

Atika Putri Pramaya

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Bandar Lampung, 25 Februari 2018

Kepada Yth, Bapak/Ibu

PT. Sumber Prajaya

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Wisnu Marta

Alamat : Jln.Kelapa Warna, No17, Tanjung Senang, Bandar Lampung

No Telp : 089631418315

Jabatan : Staff Administrasi

Bermaksud untuk mengajukan cuti selama 2 minggu kerja, dikarenakan adanya kepentingan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Demikian surat izin cuti ini saya buat, atas kebijakannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya

(Tanda Tangan)

Wisnu Marta

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Surat Izin beserta Pengertian, Bentuk-bentuk, Cara penulisan surat izin yang baik dan benar, dan Contoh surat izin.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Materi Terkait: