Contoh Surat Izin Sekolah

Posted on

Contoh Surat Izin Sekolah – Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian dari surat-surat lainnya, seperti Surat Lamaran Kerja pada penulisan artikel sebelumnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas Surat Izin sekolah.

Contoh Surat Izin Sekolah

Ketika semasa kita masih menggenakan pakaian merah putih (SD), Putih Biru (SMP, Putih Abu-abu (SMA), bahkan Perkuliahan. Kita pasti mengalami suatu kondisi  tertentu, yang membuat tidak dapat mengikuti pembelajaran seperti biasanya dalam sehari-hari.

Dalam kasus pembuatan surat izin ini, yaitu supaya kita tidak tercatat buruk pada sebuah absensi sekolah pada masing-masing mata pelajaran di kelas atau mendapatkan tugas dari kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan tertentu, kita pasti akan membuat sebuah surat yang biasa disebut sebagai surat izin sekolah.

Pengertian Surat Izin Sekolah

Surat Izin Sekolah adalah Suatu hak izin yang tertulis pada sebuah surat, yang digunakan sebagai syarat keterangan atau permohonan karna tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran disekolah seperti biasanya.

Dalam kasus pembuatan surat izin sekolah ini, biasanya terjadi karena sakit atau suatu aktivitas yang wajib kita hadiri, agar catatan absensi tidak tercatat buruk pada sekolah dan masing-masing mata pelajaran di kelas.

Dalam kasus lainnya, biasanya pembuatan surat izin sekolah, terjadi karena adanya tugas yang diperintahkan oleh Kepala Sekolah diluar kegiatan pembelajaran disekolah, seperti adanya perlombaan yang wajib kita ikuti karna diperintahkan oleh Kepala Sekolah.

Dalam pembuatan Surat Izin Sekolah menggunakan bahasa yang baku & bahasa Indonesia yang baik, karna surat ini akan ditujukan kepada sebuah lembaga, yaitu berupa sekolah tempat dimana kita menimba ilmu.

Cara Penulisan Surat Izin Sekolah

Dalam pembuatan surat izin sekolah ini ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan. Agar pembuatan surat izin sekolah menjadi baik dan benar, dimata pihak yang akan kita kirimkan surat izin.

Berikut ini adalah cara penulisan surat izin yang baik dan benar :

  • Pada penulisan pertama surat izin sekolah ini : harus memiliki tanggal & tujuan tempat kita dalam mengirimkan surat.
  • Pada penulisan kedua surat izin sekolah ini : harus memiliki salam pembuka, yaitu kalimat yang menunjukkan sikap sopan kepada yang akan dikirimkan.
  • Pada penulisan ketiga surat izin sekolah ini : harus memiliki biodata dari pengirim surat, yaitu berupa Nama, Alamat, Kelas, Jurusan.
  • Pada penulisan keempat surat izin sekolah ini : harus memiliki isi surat atau tujuan utama dari pengirim surat
  • Pada penulisan kelima surat izin sekolah ini : harus memiliki kata penutup pada surat, yaitu berupa ucapan terimakasih kepada pihak yang dikirimkan surat.
  • Pada penulisan keenam surat izin sekolah ini : harus memiliki salam penutup pada surat, yaitu berupa kalimat yang menunjukkan sikap sopan juga.

Unsur-Unsur Surat Izin Sekolah

Surat Izin Sekolah merupakan termasuk Surat Resmi (Official Letter) oleh karena itu dalam pembuatan surat izin sekolah harus menggunakan unsur-unsur sistematis standar surat resmi.

Berikut ini adalah unsur-unsur yang harus kita perhatikan dalam pembuatan surat izin sekolah :

1.  Tanggal & Alamat Tujuan

Contoh : 

Bandar Lampung, 20 Februari 2018

2. Nama Tujuan

Contoh : 

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Guru (Wali Kelas XII A IPA) MAN 1 Bandar Lampung

3. Salam Pembuka

Contoh :

Dengan Hormat,

Saya Orang tua dari siswa yang bernama :

4. Biodata Pengirim Yang Izin

Contoh :

Nama : Wisnu Marta

Kelas : XII A Ilmu Pengetahuan Alam, MAN 1 Bandar Lampung

Alamat : Jln.Kelapa Warna, No 07, Tanjung Senang, Bandar Lampung

5. Isi Surat

Contoh :

Memberitahukan bahwa anak kami tersebut tidak dapat hadir seperti biasanya, untuk mengikuti pembelajaran disekolah pada hari ini, dikarenakan adanya keperluan yang tidak dapat di tinggalkan berada diluar kota. Kemudian saya selaku orang tua memohon Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya.

6. Kalimat Penutup

Contoh :

Demikianlah surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

7. Nama Pengirim

Contoh :

Hormat Saya

Maya Risdiana

Contoh-Contoh Surat Izin Sekolah

Pada berikut ini adalah contoh-contoh surat izin sekolah :

1. Surat Izin Sekolah karena sakit

Bandar lampung, 20 Februari 2018

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru (Kelas XII A, Bahasa Indonesia)
MAN 1 Bandar Lampung

Dengan hormat,

Dengan surat ini Saya sebagai orang tua/wali murid dari siswa :

  • Nama    : Wisnu Marta
  • NIS        : 162310036
  • Kelas     : XII A, Bahasa Indonesia
  • Alamat  : Jln.Kelapa Warna, No. 07, Tanjung Senang, Bandar Lampung

Ingin memberitahukan kepada Bapak/Ibu Guru bahwa pada hari ini. Selasa, 20 Februari 2018 tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya, dikarenakan sedang sakit. Dengan ini, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII A Bahasa Indonesia, supaya bisa memberikan izin.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya say mengucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

Orang tua/Wali murid

Angga Murjana

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Surat Izin Sekolah beserta Pengertian, Cara Penulisan, Unsur-Unsur, dan Contoh surat izin sekolah.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :