Contoh Surat Izin Sakit

Posted on

Contoh Surat Izin Sakit – Pembahasan materi kali ini adalah mengenai cara membuat dan contoh surat izin sakit tidak masuk sekolah, kerja dan kuliah. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya cara membuat dan contohnya dibawah ini gaes!

Contoh Surat Izin Sakit
Contoh Surat Izin Sakit

Sebelum membahas lebih lanjut, mari simak uraian singkat dibawah ini sob!

Surat izin adalah salah satu surat yang berisi tentang keterangan bahwa seorang yang membuat surat tersebut untuk meminta izin pada sebuah alasan melakukan sesuatu di luar tugas wajib yang dilakukan. Tetapi hal yang perlu kalian ingat bahwa ketika membuat surat izin, usahakan dengan kebenaran yang terjadi dan bukan semata-mata hanya demi kepentingan pribadi diluar tugas kewajiban.

Surat izin biasanya diberikan kepada orang yang berhubungan dengan kepentingan seseorang, contohnya seperti surat izin tidak masuk sekolah, maka surat tersebut diberikan kepada Wali Kelas untuk memberitahukan bahwa mereka tidak bisa masuk sekolah dikarenakan sakit sehingga mereka tidak dapat masuk sekolah untuk waktu yang tidak dapat ditentukan.

Sementara itu umumnya setiap sekolah, perusahaan, dan perguruan tinggi mempunyai beberapa aturan terkait izin untuk ketidak hadiran mereka, baik sekolah, pekerjaan maupun kuliah. Jika pada sekolah biasanya mempunyai kelonggaran waktu, sehingga yang bersangkutan bisa meminta izin tidak masuk sekolah pada waktu yang tidak dapat ditentukan.

Sementara pada perusahaan dan perguruan tinggi, biasanya mereka menerapkan aturan batas cuti bagi karyawan atau mahasiswa. Sehingga setiap karyawan waktu cuti yang telah ditentukan dan tidak dapat dilanggar. Walaupun karyawan tersebut pada kondisi sakit sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk dapat masuk bekerja. Sedangkan untuk para mahasiswa, mereka bisa mengajukan cuti kapan saja dan pastinya pintar-pintar kalian saja dalam membagi waktunya agar tidak di DO.

Biasanya untuk karyawan dan mahasiswa yang akan memberikan surat izin sakit biasanya terdapat persyaratan lainnya, seperti harus menyertakan surat keterangan dari dokter terkait sakit yang diderita. Langsung saja kalian simak berikut ini gaes!

Cara membuat surat izin

Cara menulis surat izin sebenarnya sangat mudah sekali sob!, asalkan kalian mengetahui unsur-unsur yang harus di persiapkan dan diperhatikan pada penulisan surat izin.

Tujuan pengiriman surat
Tujuan pengiriman surat ini berisikan sebuah informasi bahwa ke siapa surat ini akan diberikan. Misal : kepala sekolah, Wali Kelas, pimpinan perusahaan, atau KA.Prodi. Catatan, jika kalian sudah memakai kata Kepada maka tidah usah menggunakan kata Yth dan sebaliknya.

Pengirim surat
Maksud dengan pengirim surat ini adalah berisi mengenai siapa yang membuat surat izin tersebut.

Alasan Izin
Poin ini yang paling penting dalam surat izin. Karena unsur alasan ini yang akan menentukan apakah surat yang kalian buat di terima atau tidaknya. Kalian harus bisa menulis alasan yang benar-benar logis.

Walaupun kenyataannya surat izin biasanya di buat oleh pribadi, Tetapi surat izin ini dapat di katakan surat yang resmi.

Oleh karena pada penulisan surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan menggunakan bahasa yang baku. Berikut bagian-bagian yang harus kalian ketahui untuk membuat surat izin, sebagai berikut :

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Kalimat pembuka surat
  • Isi surat
  • Salam penutup surat
  • Nama pengirim surat dan Tanda Tangan

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

Seorang siswa SMA pastinya sudah biasa untuk membuat surat izin sekolah. Oleh karena itu, jika kalian sedang sakit dan tidak bisa mengikuti pelajaran yang ada di sekolah, kalian dapat mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah yang bersangkutan. Tetapi jangan lupa untuk memberikan tanda tangan dari orang tua atau wali kalian pada surat izin tersebut.

Bandar Lampung, 27 Mei 2019

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X.2

SMA Persada Bandar Lampung

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Syaifullah

Siswa : Kelas X.2 SMA Persada Bandar Lampung

Alamat : Jl. Agrowisata 1 No. 21B Kemiling, Bandar Lampung

Bersama surat ini menyatakan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X.2 agar memberikan izin sampai anak saya dapat sekolah seperti biasa.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/wali murid

 

Cholil

Contoh Surat Izin Kerja

Bandar Lampung, 30 Mei 2019

Yth.
Kepala HRD
PT. Maju Mundur
di Bandar Lampung

Hal : Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Syaifullah
Alamat : Jl. Agrowisata 1 No. 21B Kemiling, Bandar Lampung
No. KTP : 13218228111
Jabatan : Staf Office

Dengan ini mengajukan permohonan ijin tidak masuk kerja mulai hari Kamis 30 Mei 2019 sampai dengan hari Senin, 03 Juni 2019 dikarenakan sakit.

Permohonan ijin ini saya ajukan karena menurut anjuran dokter saya harus beristirahat selama waktu 5 hari. (surat keterangan dokter dilampirkan).

Demikian permohonan ijin ini saja sampaikan. Atas perhatian dan ijin yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Bandar Lampung, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Syaifullah

Contoh Surat Izin Kuliah

Lampung, 27 Mei 2019

Yang terhormat,

Yuli Safitri, M.Kom

di Universitas Lampung

Jalan Prof. Dr. Ir. Sumantri Brojonegoro, Lampung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Syaifullah

NIM : 152310011

Program Studi : Akuntansi Mangemen

Fakultas : Akuntansi

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Akuntansi Lanjut yang Ibu ampu pada Senin, 27 Mei 2019 dikarenakan sakit. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan sakit dari dokter pada lembar terlampir.

Demikian surat permohonan izin ini dibuat dengan sebenar–benarnya. Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Syaifullah)

Demikian penjelasan mengenai cara membuat dan contoh surat izin sakit tidak masuk sekolah, kerja dan kuliah. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :