Contoh Seni Rupa Terapan

Posted on

Contoh Seni Rupa Terapan – Di kesempatan yang sebeumnya kita sudah membahas tentang Seni Rupa Terapan secara rinci beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Nah, di kesempatan pada hari ini kita akan menjabarkan beberapa contoh dari Seni Rupa Terapan berdasarkan wujudnya dalam kehidupan sehari-hari, baik itu Terapan 2 Dimensi atau 3 Dimensi.

Berikut ini penjelasan dari kedua jenis Seni Rupa Terapan berdasarkan wujudnya dan beserta dengan contohnya.

Contoh Seni Rupa Terapan 2 Dimensi

Contoh Seni Rupa Terapan

Dwimatra atau Seni Rupa Terapan 2 Dimensi adalah sebuah karya seni yang didalamnya hanya memiliki dua unsur, yaitu panjang dan juga lebar saja. Hal inilah yang menyebabkan hasil dari karya seni terapan ini hanya dapat dinikmati dari satu arah saja.

Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya wayang kulit dan juga kain tenun. Berikut ini contoh lain dari Seni Rupa Terapan 2 Dimensi, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Lukisan

Lukisan merupakan salah satu hasil dari karya seni rupa Terapan yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara memoleskan cat diatas kain kanvas dengan menggunakan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat aliran-aliran didalam karya seni lukis tersebut yaitu diantaranya adalah aliran Naturalisme, Dudaisme, Impersionalisme, Abstraksionisme, dan masih banyak lagi.

2. Fotografi

Fotografi merupakan suatu aktivitas atau proses melukis dengan menggunakan media cahaya dan bertujuan agar dapat menghasilkan suatu karya seni berupa sebuah gambar atau foto dengan menggunakan alat yang disebut sebagai kamera serta dengan maksud dan tujuan tertentu.

Agar dapat memperoleh sebuah hasil karya seni fotografi yang menarik terdapat beberapa faktor yang mendasarinya. Faktor yang paling penting dalam menciptakan seni Fotografi yang menarik yaitu pencahayaan.

Tanpa adanya cahaya atau pencahayaan yang mendukung maka dalam pengambilan gambar akan terasa sangat sulit untuk mendapatkan hasil karya seni yang bagus.

Baca Juga :
Seni Rupa Terapan
Seni Musik Adalah
Jenis – Jenis Seni Rupa

3. Kain Batik

Batik merupakan warisan asli dari budaya Indonesia yang sudah secara resmi diakui oleh Unesco. Kain batik dibuat dengan memakai 2 teknik yaitu canting dan juga printing.

Batik termasuk kedalam salah satu dari contoh karya seni rupa terapan 2 dimensi yang umumnya digunakan sebagai daya tarik tersendiri bagi pakaian yang biasa kita pakai.

Batik sudah populer hingga ke penjuru dunia, sebab Kain Batik saat ini sudah terlepas dari kesan kuno dan juga kolot, hal ini disebabkan karena sosialisasi yang dilakukan oleh seluruh masyarakat.

4. Mozaik

Mozaik merupakan salah satu hasil dari karya seni rupa terapan 2 dimensi yang berasal dari benda-benda kecil yang kemudian disusun dengan menggunakan pola khusus sehingga dapat menghasilkan bentuk yang menyerupai benda atau gambar tertentu.

5. Seni Grafis

Seni Grafis sering diartikan sebagai salah satu cabang Seni Rupa Terapan 2 Dimensi yang dalam pembuatannya menggunakan teknik cetak diatas suatu media, biasanya karya seni ini dicetak di atas kertas, pakaian dan lainnya.

Contoh Seni Rupa Terapan 3 Dimensi

Contoh Seni Rupa Terapan

Trimatra atau Seni Rupa Terapan 3 Dimensi adalah sebuah karya seni yang didalamnya memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Dengan kata lain trimatra merupakan sebuah karya seni terapan yang memiliki volume yang terdapat dalam ruang.

Sebagai contoh dari Seni Rupa Terapan 3 Dimensi didalam kehidupan sehari-hari yaitu rumah yang kita tempati, rumah adat, senjata tradisional dan masih banyak lagi. Berikut ini contoh lain dari Seni Rupa Terapan 3 Dimensi, yaitu sebagai berikut :

1. Kerajinan Kriya

Kriya adalah salah satu hasil dari karya Seni Rupa Terapan 3 Dimensi yang mana dalam pembuatannya sangat mengandalkan keterampilan tangan (Hand Skill) serta sangat mengamati kebutuhan fisik dan juga segi keindahan.

Kerajinan kriya ini termasuk kedalam kelompok karya Seni Rupa Terapan 3 Dimensi Nusantara. Seni kriya umumnya terbagi kedalam berbagai jenis seperti Wood Craft Art (Seni Kriya Kayu), Art Of Textile Crafts (Seni Kriya Tekstil), Ceramic Art (Seni Kriya Keramik) dan masih banyak lagi.

2. Arsitektur Bangunan

Arsitektur sering disebut sebagai seni rupa terapan 3 dimensi, hal ini disebabkan karena selain memiliki wujud atau bentuk yang indah, tetapi setiap bangunan dengan arsitektur tertentu juga memiliki fungsinya masing-masing dalam kehidupan.

Terdapat beberapa fungsi dari bangunan yang berarsitektur indah seperti digunakan sebagai tempat tinggal pribadi, balai-balai pertemuan, perkantoran, rumah ibadah dan masih banyak lagi.

3. Anyaman

Sejak zaman dulu, sudah banyak sekali peralatan dapur yang terbuat dari anyaman, misalnya seperti tempat nasi, alat mengayak, tudung saji dan masih banyak lagi.

Ternyata, beberapa benda tersebut memang termasuk kedalam sebuah karya seni rupa terapan. Benda yang terbuat dari anyaman tersebut seiring berjalannya waktu semakin lama semakin berinovasi, baik itu dari segi bahan pembuatannya ataupun dari bentuknya.

4. Furnitur Hias

Furnitur termasuk kedalam kebutuhan rumah tangga yang wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan tersebut terdiri dari kursi, meja, rak-rakan, kitchen set dapat dipenuhi dengan cara memilih furnitur yang berkualitas.

Di zaman yang sudah modren ini desain furnitur tidak hanya mementingkan fungsi saja. Tetapi saat ini terdapat furnitur hias yang termasuk kedalam contoh karya Seni Rupa Terapan 3 Dimensi.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Seni Rupa Terapan?

Seni Rupa Terapan termasuk kedalam salah satu dari cabang seni yang menciptakan suatu hal yang memiliki dua unsur fungsi yaitu praktis dan estetika.

Fungsi Estetika dan Praktis dalam Seni Rupa Terapan adalah?

1. Estetika merupakan fungsi keindahan dari suatu hasil karya Seni Rupa Terapan.
2. Praktis merupakan fungsi kegunaan dari hasil suatu karya Seni Rupa Terapan.

Klasifikasi dari Seni Rupa Terapan berdasarkan coraknya terdiri dari?

1. Abstrak.
2. Geometris.
3. Stilasi.
4. Deformasi.

Sekian dari informasi yang bisa Rumus.co.id sampaikan kepada para pembaca, semoga bermanfaat.