Contoh Recount Text

Posted on

Contoh Recount Text – Merupakan salah satu jenis materi dalam bahasa inggris yang biasanya menceritakan tentang makalah pengalaman – pengalaman kegiatan dimasa lampau dengan maksud ingin menghibur si pembaca.

Ada beberapa macam jenis text yaitu: recount text, descriptive text, narative text dan expotion text. Yang semua memiliki tujuan dan orientasinya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas materi tentang recount text dari mulai pengertian, macam – macamnya, struktur hingga ke contohnya lengkap.

Selamat membaca …

contoh recount text

A. Pengertian Recount Text

Recount text ialah sebuah karya tulisan yang menceritakan tentang sebuah kisah – kisah yang sudah terjadi dimasa lampau baik itu tentang kisah pengalaman pribadi, pengalaman kelompok, ataupun tentang event – event tertentu yang ditulis ke dalam bentuk Bahasa Inggris.

Didalam bahasa Indonesia atau dalam jenis konteks tulisan berbahasa Indonesia, jenis recount textnya hampir setara dengan catatan pribadi misalnya seperti buku deary, catatan harian atau catatan observasi yang digunakan sebagai pengingat.

B. Ciri – Ciri Recount Text

Ciri – ciri merupakan salah satu cara untuk mengetahui suatu jenis text, untuk itu kita harus mengetahui ciri – ciri tersebut dan memahaminya. Ada 4 ciri – ciri dari recount text ini, yakni antara lain:

  1. Menggunakan kalimat past tense untuk menyatakan kejadian bentuk lampau karena dalam recount text ini menceritakan tentang suatu kejadian yang telah terjadi.
  2. Menggunakan conjunction dan juga time connectives seperti before, after, then, whendan juga first untuk merangkai satu kejadian serta kejadian lainnya yang saling berhubungan.
  3. Menggunakan kata action verbs seperti visit, walk, eat dan juga go.
  4. Menggunakan adverbs and adverbial phrase, contohnya seperti: yesterday, quickly, there, dan lain – lain.

Artikel Terkait : Simple Present Tense

C. Jenis – Jenis Recount Text

Hampir sama dengan ciri – cirinya, macam – macam recount text ini secara umum dibagi menjadi 4 macam, diantaranya yaitu:

  • Personal Recount Text

Personal recount text adalah jenis recount text yang menceritakan tentang sebuah pengalaman pribadi dari penulis, misalnya seperti pengalaman liburan, pengalaman di sekolah atau juga bahkan pengalaman yang tak terlupakan yang membuat kita selalu mengingat – ingat kejadian tersebut.

  • Imaginative Recount Text

Imaginative recount text adalah jenis recount text yang menceritakan tentang sebuah imajinasi dari penulis mengenai suatu hal serta dituliskan dalam bentuk past tense yaitu cerita bentuk lampau atau cerita yang sudah lama terjadi.

  • Factual Recount Text

Factual recount text adalah jenis recount text yang membahas mengenai suatu hal yang betul – betul terjadi yakni sebuah fakta di masa lalu.

  • Historical Recount Text

Historical recount text adalah jenis recount text yang membahas tentang sejarah, baik itu tempat – tempat bersejarah ataupun benda – benda bersejarah.

D. Struktur Recount Text

Jika kita ingin membuat sebuah karya seperti recount text, baik itu recount text pribadi, kelompok maupun tentang even – even tertentu baik dalam bahasa inggris ataupun bahasa Indonesia, maka kita harus memperhatikan beberapa struktur yang ada dalam penyusunan recount text ini.

Struktur – struktur tersebut dibagi menjadi 3, yaitu :

1. Orientation (Pembuka)

Orientation berisi awalan cerita. Pada bagian ini biasanya menjelaskan tentang latar sebuah cerita seperti: tempat dan waktu kejadiannya.

2. Event (Isi)

Event atau isi yaitu berisi inti cerita dari recount text. Pada bagian ini menjelaskan kejadian secara berurutan dari kejadian A sampai ke kejadian B.

3. Reorientation (Kesimpulan atau Penutup Teks)

Reorientation atau kesimpulan merupakan bagian akhir dari recount text yang berisikan tentang pengulangan dan penutup jalannya sebuah cerita.

Baca Juga : Regular Verb List

E. Contoh Recount Text

Setelah kita lewati beberapa pengertian, ciri-ciri, macam-macam dan strukturnya. Saatnya sekarang kita menuju ke contoh recount textnya untuk menyempurnakan pengulasan kita pada hari ini.

Berikut contoh recount text singkat tentang liburan yang kita sajikan dalam bentuk bahasa Indonesia :

Berlibur Bersama Keluarga Di Goa Pandan
1. Orientasi (Pembuka)

Sebulan yang lalu kami sekeluarga berangkat mengunjungi orang tua kami yang ada di Purwosari – Lampung Timur.

Kami pergi dari Bandar Lampung dengan menggunakan bus Rajawali tujuan Rajabasa – Way Jepara serta berhenti di Desa Sidorejo. Sebab tidak ada kendaraan umum lagi yang menuju kearah desa kami Purwosari, sehingga kami melanjutkan perjalanan kami dengan menaiki ojek.

Kami semua sangat senang dan bersemangat sebab sudah sangat lami sekali kami tidak berkunjung ke Purwosari tempat tinggal kakek dan nenek. Kami tinggal di sana selama lima hari dan kami sudah menyusun rencana untuk bepergian ke beberapa tempat wisata yang ada di sana seperti tempat wisata Goa Pandan, Taman Purbakala, Museum Purbakala, dan masih banyak lagi.

2. Event (Isi)

Hal yang paling menarik dari liburan kami yaitu pada saat hari kedua kami berangkat berlibur ke goa Pandan.

Pandan adalah semua nama yang diberikan oleh penduduk desa setempat karena didepan pintu goa Pandan terdapat pohon Pandan yang sudah lama dan besar.

Kami berangkat kesana bersama dengan seluruh anggota keluarga. Nenekku yang sudah berumur 50 tahun terlihat sangat bersemangat untuk menelusuri ke dalam goa Pandan tersebut.

Kami menemukan banyak sekali kelelawar didalam go tersebut. Untuk menjelajah ke dalam goa Pandan, kami memerlukan lampu penerangan serta kami pun menyewanya dan menyewa seorang pemandu demi keselamatan kami semua.

Setelah 5 jam menjelajahi goa Pandan, kami sangat capek dan pada akhirnya keluar dari goa Pandan itu. Sesampainya di luar, kami mencari warung makan loka serta menikmati makan siang yang sangat enak khas makanan pedesaan.

3. Reorientasi (Kesimpulan)

Liburan tersebut adalah liburan kami sekeluarga yang terasa sangat menyenangkan yang sudah kami alami bersama – sama keluarga.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh recount text. Semoga dapat memberikan mafaat …