Contoh Proposal Pengajuan Dana

Posted on

Assalamualaikum,,, sobat rumus.co.id kali ini akan memberikan materi tentang Contoh Proposal Pengajuan kegiatan Dana lengkap dengan struktur fungsi dan pengertiannya, tujuan dan langkah supaya mudah di pahami.

Proposal Pengajuan Dana – adalah salah satu cara unutk mendapatkan saran dengan mengirimkan dana yang dirancang untuk meyakinkan calon mensponsori dengan layanan tertentu sehingga dalam membuat proposal juga akan mudah meyakinkan orang dan dapat dipertanggung jawabkan.

Langsung saja simak artikel di bawah ini…?

Pengertian Proposal

Contoh-Proposal-Pengajuan-Dana

Proposal adalah sebuah instrumen atau sarana untuk mengajukan surat permohonan dalam bentuk pendanaan untuk kegiatan dengan komunitas pada sekolah atau kampus dan berbagai ormas atau organisasi.

Dalam hal ini juga dapat menjelaskan dari berbagai latar belakang untuk melakukan yang harus diperhitungkan dalam bentuk derajat, sehingga proposal harus dibuat dengan jelas dan serealistis mungkin.

Dalam membuat proposal dapat juga di lakukan dengan lembaga atau perusahaan yang bersangkutan dapat mempercayai sampai siap mensponsori atau memberikan dukungan dari proposal tersebut.

Baca Juga: Contoh Kata Sambutan

Fungsi Proposal Pengajuan Dana

Dari ulasan diatas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi dalam proposal yang dilihat dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut:

1. Dalam bidang bisnis atau komersial – hal ini dapat berfungsi sebagai memberikan gambaran dan proyeksi untuk fondasi perusahaan yang akan di bangun.

2. Di bidang penelitian umum – hal ini juga proposal dapat berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian di bidang sosial dan budaya, agama dan dalam ekonomi.

3. Dalam satu proyek – dalam hal ini juga proposal dapat berfungsi sebagai dasar untuk pelaksanaan tender dari lembaga negara dan swasta.

4. Proposal memberikan juga dapat berfungsi sebagai memberikan informasi yang terperinci tentang suatu kegiatan ketika pendanaan diminta untuk kegiatan seperti perayaan dan seminar atau pelatihan.

5. Sebelum mengajukan proposal maka elemen atau bagian dari proposal yang baik harus diketahui sehingga akan terjadi perumusan masalah karena hal ini tergantung pada sifat dari proposal dan detail dari kegiatan yang akan dilakukan.

Baca Juga: Contoh Daftar Isi

Cntoh Proposal Pengajuan Dana

proposal

Dari pembahasan di atas, disini juga kami akan memberikan contoh dari pembuatan proposal untuk pengajuan dana diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh 1

Proposal Peringatan Sumpah Pemuda

A. Latar Belakang

Sumpah pemuda adalah momen yang penting dalam sejarah bangsa Indonesia dengan konsep utama dalam persatuan yang muncul dengan peringatan yang jatuh setiap 28 Oktober dan hampir setiap tahun orang akan memperingati nya terutama pemuda Indonesia.

Kami sebagai siswa termasuk orang-orang muda dan generasi bangsa yang harus meniru dan akan belajar dengan nilai-nilai dalam peristiwa sejarah 1928.

Setiap siswa layak untuk diingat dalam berbagai bentuk,terutama di lingkungan sekolah, karena hal ini sebagai momen yang dipimpin oleh siswa untuk mengekspresikan sikap.

Acara peringatan sumpah pemuda telah menjadi tradisi dan kebiasaan di sekolah setiap tahun dengan melakukan banyak kegiatan di mana para siswa akan terlibat dengan acara yang optimal.

B. Nama Kegiatan

Kegiatan dalam mengambil tema “Peringatan Sumpah Pemuda”.

C. Maksud dan Tujuan

Sebagai adanya kegiatan bertujuan untuk:

  • Peringatan sumpah pemuda 28 Oktober 1928
  • Tingkatkan unit untuk siswa
  • Memberikan peluang untuk siswa yang memiliki bakat dan keterampilan tertentu

D. Rincian Kegiatan

  1. Pagelaran grup band
  2. Seni drama dan tari
  3. Teater
  4. Musikalilasi puisi
  5. Pagelaran musik islami

E. Waktu dan Tempat

Hari/ tanggal : 28 september 2020

Pukul               : 08.00 sampai selesai

Tempat           : Aula SMA 01 Surabaya

F. Susunan Panitia

Ketua panitia   : Surya

Sekretaris         : Mahmudah

Bendahara        : Indah

Sie acara             :

Dian Sastri

Abdur Rohim

Sie perlengkapan   :

Wijaya

Amanah

Sie dokumentasi    :

Nur Ahmad

Suryono

G. Sumber Pendanaan

Pemasukan

No.SumberJumlah
1.Subsidi disekolahRp 2.250.000
2.Iuran SiswaRp    6.70.000
TotalRp 2.920.000

Estimasi pengeluaran

No.PengeluaranDetailJumlah
1.Sewa sound sistemSatu hariRp 1.200.000
2.Panggung / dekorasiKain dan kertas, lemRp    520.000
3.Cetak proposal2 bendelRp      20.000
4.KonsumsiRp 5.000 x 200 siswaRp 1.000.000
5.Lain-lainRp     120.000
TotalRp  2.920.000

H. Susunan acara

No.JamDurasiAcara
1.07.30 – 08.0030 menitUpacara peringatan
2.08.00 – 08.1010 menitPembukaan
3.08.10 – 08. 3020 menitSambutan oleh kepala sekolah
4.08.30 – 09.0030 menitPagelaran band masing kelas
5.09.00 – 09.3030 menitdrama dan tari
6.09.30 –  10.1545 menitTeater
7.10.15 – 10.3015 menitMusikalisasi
8.10.30 – 10.4515 menitIstirahat
9.10.45 – 11.4560 menitmusik islami

I. Penutup

Jadi kami membuat proposal untuk memperingati hari sumpah pemuda, dan kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Baca Juga: Contoh Kalimat Tanya

Contoh 2

Proposal Bantuan Dana Usaha
I. LATAR BELAKANG

Secara geografis dalam banjar (nama / alamat desa) terletak di pantai, di laut yang memiliki beragam kehidupan laut, baik ikan hias dan ikan yang bisa dimakan.

Mata pencaharian penduduk lebih berfokus pada budidaya ikan hias pada skala rumah tangga dan pada mereka yang mengejar profesi.

Masalah sering muncul terutama bagi masyarakat / penduduk yang membiakkan ikan hias jika harga bibit jatuh bebas begitu tinggi sehingga rasio antara tenaga kerja dan biaya operasi yang dikeluarkan sangat tidak seimbang.

Hal ini akan terjadi karena beberapa faktor, termasuk overproduksi, faktor alam, dan faktor lainnya.

II. Tujuan

Kita dapat menjelaskan secara singkat tujuan mendirikan kelompok nelayan (nama grup perusahaan) Dinas Banjar (nama / alamat desa).

Tingkatkan konsumsi perikanan ketika peralatan dan perlengkapan memancing yang sesuai tersedia

* Mengubah sikap setiap anggota, dengan memancing paruh waktu menjadi profesi yang menjanjikan

* Sebagai media informasi dan pertukaran ide dalam pembentukan kelompok nelayan

* Promosi kerja sama dan solidaritas antara sesama nelayan

III. keterbatasan

Ada sejumlah kendala bagi konsumen penangkapan ikan yang telah atau yang akan dilakukan untuk memaksimalkan volume tangkapan jauh dari harapan.

* Tidak tersedianya fasilitas pendukung yang harus tersedia, jaring ikan, perahu Viber, generator.

* Tidak ada modal untuk pengadaan fasilitas pendukung yang disebutkan di atas, karena semua kelompok orang-orang yang pendapatannya tidak mencukupi

IV. DAFTAR KEBUTUHAN UNTUK FISHERMEN FISHERMEN GROUP
Tertutup

V. KESIMPULAN

Keinginan besar yang harus dicapai melalui pembentukan kelompok nelayan dari dinas (nama / alamat desa) dan ketersediaan fasilitas dan alat untuk mendukung sebagai penangkapan ikan konsumen dan akan meningkat.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan tentang, Contoh Proposal Pengajuan Dana, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan

Related posts: