Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Posted on
Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD – Acara perpisahan merupakan salah satu acara yang rutin diadakan setiap tahun yang diselenggarakan di berbagai tingkat sekolah, salah satunya adalah Sekolah Dasar SD.

Acara ini menjadi momen yang paling mengharukan bagi para siswa/siswi kelas 6, sebab mereka harus berpisah dengan teman-teman dan guru-guru yang mereka cintai disekolah tersebut, yang selama ini sudah bersama dalam suka maupun duka.

Didalam acara tersebut, perwakilan dari siswa kelas 6 diharuskan untuk menyampaikan pidato perpisahan yang ditujukan kepada guru dan adik kelas sebagai ucapan rasa terimakasih.

Definisi Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara yang dilakukan didepan orang banyak yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah pernyataan, gagasan, ide, petunjuk, atau nasehat, dengan susunan kata yang baik dan benar serta mudah untuk dipahami oleh pendengarnya.

Tujuan Dari Penyampaian Pidato

Dibawah ini terdapat beberapa tujuan dari pembacaan teks Pidato, berikut ini beberapa tujuannya :

  1. Bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela.
  2. Digunakan untik memberikan suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
  3. Bertujuan untuk membuat orang lain senang dengan menyampaikan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan apa yang kita sampaikan.

Karakteristik Dari Pidato

Secara umum, Pidato memiliki beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk membedakannya dengan proses komunikasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri dari pidato tersebut :

  • Setiap pidato yang disampaikan pasti memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menyampaikan gagasan, ide, atau hal lainnya di depan orang banyak.
  • Isi dari pidato yang disampaikan dapat disesuaikan dengan tema tertentu yang sedang atau akan berlangsung.
  • Penyampaian dari pidato ini menggunakan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami oleh para pendengarnya.
  • Cara penyampaian dari pidato ini dapat disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.
  • Pidato yang akan kita sampaikan harus jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan juga tidak menimbulkan pertentangan.
  • Didalam penyampainnya, Pidato ini menggunakan artikulasi, intonasi, dan juga volume yang jelas.

Baca Juga : Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Setelah kita simak beberapa penjelasan yang ada diatas, berikut ini ada beberapa contoh pidato perpisahan kelas 6 yang bisa kamu gunakan untuk berpidato pada acara perpisahan sekolah,yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 :

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah SD N 1 Mekar Wangi.
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang saya cintai.
Serta para tamu undangan sekalian yang saya sayangi.

Pertama-tama marilah senantiasa kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Allah Swt. karena limpahan rahmat dan karunia-Nya lah kita semua dapat berkumpul didalam acara Pelepasan Siswa/Siswi Kelas 6 ini tanpa satu halangan apapun.

Izinkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya adalah Lila Kusuma Wati, selaku perwakilan dari seluruh siswa/siswi kelas 6 yang pada saat ini sedang berbahaghia sekaligus sedih.

Berdirinya saya disini untuk menyampaikan : Pertama, ucapan rasa terimakasih kami terhadap semua guru-guru yang selama ini sudah dengan sabar mengajari dan membimbing kami hingga kami bisa lulus dengan nilai yang sempurna.

Kedua, kami semua ucapkan rasa terimaksih yang sedalam-dalamnya kepada kedua orang tua kami yang sudah dengan sabar mengajari dan mendidik kami dirumah. Sekaligus kami ingin meminta doa restu untuk melanjutkan tingkat sekolah yang labih tinggi lagi.

Demikian lah saya akhiri pidato perpisahan ini, jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Baca Juga : Contoh Karangan Deskripsi

Contoh 2 :

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah serta para Guru SDN 1 Kali Bata.
Yang saya hormati para orang tua siswa dan juga tamu undangan.
Serta teman-teman dan adik-adik yang saya cintai.

Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kita atas kehadirat Allah Swt. dengan segala kelimpahan rahmat dan karunia-Nya lah kita semua dapat berkumpul di lapangan sekolah yang kita cintai, dalam rangka Perpisahan Siswa/Siswi Kelas 6.

Berdirinya saya disini adalah selaku perwakilan dari seluruh siswa/siswi kelas 6 untuk menyampaikan banyak-banyak terimakasih, kepada Kepala Sekolah, Ibu dan Bapak guru yang sudah mendidik dan membimbing kami dengan sabar.

Sehingga kami semua dapat menyelesaikan kegiatan Ujian Nasional dengan hasil yang terbilang cukup memuaskan. Kami juga memohon doa restu kepada kalian semua terutama kedua orang tau kami, agar kami dapat menuju ke jenjang yang lebih tinggi tanpa kesulitan apapun.

Kami juga ingin memohon maaf kepada Kepala Sekolah, Para Guru dan kedua orang tua kami, apabila selama ini terdapat kehilafan yang kami lakukan selama belajar di SD N 1 Kali Bata ini. Semua jasa yang sudah Bapak dan Ibu guru berikan selama ini akan selalu kami kenang.

Saya kira hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, jika terdapat salah-salah kata saya selaku perwakilan dari siswa/siswi kelas 6 memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Singkat

Apa saja metode yang dipakai untuk menyampaikan Pidato?

1. Dengan menggunakan Metode Membaca Naskah.
2. Dengan menggunakan Metode Hafalan.
3. Dapat disampaikan dengan Metode Impromptu atau Spontan.
4. Dapat juga disampaikan dengan Metode Ekstemporan.

Apa fungsi dari menyampaikan Pidato Perpisahan Sekolah?

1. Menyampaikan rasa terimakasih kepada para guru yang ada disekolah tersebut.
2. Berfungsi untuk menyampaikan permohonan maaf.
3. Mempermudah komunikasi yang terjadi antar siswa dengan para guru.
4. Serta berfungsi untuk meminta doa restu kepada para guru dan orang tua agar dimudahkan menuju kejenjang yang lebih tinggi lagi.

Apa yang dimaksud dengan Pidato?

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara yang dilakukan didepan orang banyak yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah pernyataan, gagasan, ide, petunjuk, atau nasehat, dengan susunan kata yang baik dan benar.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga artikel ini bisa membantu dan berguna bagi kalian terutama bagi adik-adik kelas 6 yang ditunjuk sebagai penyampai pidato.