Contoh Paragraf Induktif

Posted on

Contoh Paragraf Induktif – Pada pembahasan materi kali ini terkait contoh paragraf induktif singkat,  lingkungan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

Pada sebuah paragraf, biasanya mempunyai suatu susunan yang diawali dengan kalimat utama, kemudian akan disusul dengan kalimat pendukung atau penjelasannya. Namun, pada paragraf induktif, kalimat utamanya diletakan pada bagian akhir paragraf, yang mana biasanya kalimat utamanya adalah kesimpulan.

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan lawan dari sebuah paragraf deduktif, paragraf induktif adalah paragraf yang dalam kalimat pertamanya berisi tentang penjelasan dan kalimat terakhirnya berisi sebuah gagasan utama pada paragraf tersebut. Secara lebih jelasnya yaitu kalimat utama berada pada akhir dan kalimat penjelas berada di awal. Paragraf induktif mempunyai pola paragraf yang dimulai dari khusus ke umum.

Pada pola paragraf induktif terbagi menjadi tiga bagian yakni generalisasi, analogi, kausal (sebab akibat). Pertama pola generalisasi adalah pola pengembangan yang pernyataan khusus hampir sama dengan peryataan kesimpulan atau kalimat utamanya.

Kemudian pola pengembangan analogi adalah sebuah pola yang memperbandingkan dua hal yang memiliki persamaan kalimat. Dan yang terakhir pola klausal atau sebab akibat adalah pola yang memakai fakta-fakta dalam mempertegas sebuah kesimpulan.

Ciri-ciri paragraf infuktif yang harus kalian ketahui adalah kalimat utama yang berada pada akhir sebuah paragraf. Sedangkan kalimat penjelasnya berada diawal kalimat.

Contoh Paragraf Induktif Singkat

Contoh 1 (Paragraf Induktif Generalisasi Tentang Sekolah)

Ketika ujian semester telah, nilai semua murid diperiksa. Ternyata ada sebagian nilai siswa yang nilainya melampaui standar kelulusan, sebanyak 19 siswa. 10 siswa mendapatkan nilai standar kelulusan, dan tidak ada seorang siswa yang mendapat nilai dibawah rata-rata. Sehingga bisa dibilang kegiatan pembelajaran pada kelas tersebut berhasil.

Contoh 2 (Paragraf Induktif Klausal/sebab-akibat)

Saat ini kita sudah memasuki musim panas. Cuacanya sangat panas sekali, sehingga kita membutuhkan cairan lebih untuk tubuh kita. Ditambah polusi dijalanan yang semakin buruk, sehingga tidak dapat dipungkiri apabila banyak orang-orang yang kesehatannya kurang baik.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

Contoh 1
Penanganan sampah plastik yang dapat kita lakukan adalah dengan memanfaatkan sampah plastik bekas menjadi sebuah pembuatan kerajinan tangan, atau penanganan lainnya dengan membakarnya. Karena sampah plastik tidak bisa terurai jika ditimbun kedalam tanah. Oleh sebab itu, kita harus menyadari bahwa sampah plastik itu sangat berbahaya pada lingkungan sekitar.

Contoh 2
Membuang sampah seenaknya kedalam sungai sepertinya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan tradisi turun temurun bagi warga Jakarta. Padahal kebiasaan buruk tersebut sangat besar dampaknya pada lingkungan, terutama bagi sungai yang mengalir diarea jakarta. Karena hal ini dapat menimbulkan aliran sungai tersumbat oleh sampah dan akhirnya akan menimbulkan banjir. Sehingga banjir terjadi yang disebabkan oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Pendidikan

Contoh 1
Belajar sampai tengah malam bahkan tidak tidur bukanlah hal yang baik, jika hal ini dilakukan karena besoknya ujian, maka yang terjadi adalah rasa ngantuk ketika sedang mengikuti ujian. Maka dari itu persiapkan diri dan mulailah belajar dari jauh-jauh hari sebelum waktu ujian datang.

Contoh 2
Tidak semua siswa harus mempunyai kemampuan yang sama pada proses pembelajaran. Siswa biasanya mempunyai bakat dan kelebihannya sendiri di bidangnya masing-masing. Seperti contohnya terdapat siswa yang unggul di pelajaran matematika belum tentu juga unggul di pelajaran bahasa inggris. Maka dari itu, guru seharusnya tidak menjudge siswanya bodoh hanya karena dia tidak menguasai satu mata pelajaran saja.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan

Contoh 1
Segala sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Begitu juga halnya dengan mengkonsumsi makanan, jika kita terlalu banyak makan juga bisa mendatangkan berbagai penyakit seperti berat badan berlebihan dan serangan jantung. Maka dari itu makanlah sesuai dengan kebutuhan kita demi menjaga kesehatan.

Contoh 2
Berbagai penyakit bisa saja masuk kedalam tubuh kita melalui hal-hal kecil yang mungkin tidak kita sadari, contohnya seperti ketika kita makan dengan tangan tanpa memakai sendok. Tidak mencuci tangan terlebih dahulu tentunya sama saja akan memberi kesempatan pada penyakit untuk masuk kedalam tubuh kita melalui kuman dari tangan kita. Oleh karena itu bisakanlah mencuci tangan sebelum makan untuk mengurangi resiko penyakit masuk kedalam tubuh kita yang disebabkan oleh kuman.

Demikian pembahasan mengenai contoh paragraf induktif singkat, tentang lingkungan, pendidikan dan kesehatan. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :

Contoh Paragraf Induktif Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung