Contoh Paragraf Deskripsi

Posted on

Contoh Paragraf Deskripsi, Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Membuatnya – Dalam ilmu bahasa Indonesia telah mencakup banyak beberapa hal, hal yang paling dasar untuk dipelajari adalah mengenai macam – macam bentuk kalimat pada bahasa Indonesia. Dimulai dari kalimat majemuk sampai kalimat efektif, yang merupakan salah satu jenis kalimat yang biasanya muncul pada pelajaran bahasa Indonesia.

Kalimat adalah kumpulan dari beberapa kata yang digabungkan menjadi satu. Dimana kumpulan kata tersebut mempunyai sebuah makna dan tujuan tertentu pada penyampaiannya.

Sebelumnya kita telah membahas mengenai paragraf deduktif, Untuk itu disini akan dijelaskan secara lengkap seputar paragraf deskripsi. Mulai dari Pengertian, ciri ciri dan contoh paragraf deskripsi. Silahkan kalian simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Contoh Paragraf Deskripsi
Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah salah satu paragraf yang menceritakan, menggambarkan atau mendeskripsikan secara menyeluruh terkait pada suatu objek tertentu. Tujuan dari paragraf ini untuk membuat pembaca mengerti dan memahami bahkan seolah – olah akan membuat pembaca merasakan langsung apa yang sedang di deskripsikan.

Dalam paragraf deskripsi dibuat atau di rangkai menggunakan kalimat deskripsi sampai menjadi suatu paragraf. Yang artinya pada satu paragraf deskripsi terdiri dari beberapa kalimat deskriptif. Paragraf deskripsi umumnya disusun menggunakan pola kalimat subjektif karena biasanya terdapat kesan penulis mengenai subjek yang di deskripsikan.

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi umumnya hampir sama dengan kalimat deskripsi, berikut beberapa ciri – ciri yang dapat kalian pelajari, sebagai berikut :

  • Paragraf ini berisikan kalimat deskripsi yang menceritakan detail pada suatu objek. Hal yang biasa digambarkan adalah orang, sebuah tempat, keindahan alam, atau hal – hal lain yang dapat di nilai dengan panca indera.
  • Paragraf yang bertujuan memberikan gambaran atau perasaan untuk si pembaca mengenai objek yang ingin di ketahui. Sehingga pembaca seolah – olah akan merasakan secara langsung objek yang telah di deskripsikan.

Macam Macam Paragraf Deskripsi

  • Deskripsi objektif adalah sebuah paragraf deskripsi yang pada penggambaran objeknya tidak disertai dengan opini penulis.
  • Deskripsi subjektif adalah sebuah paragraf deskripsi yang pada penggambaran objeknya disertai dengan opini penulis.
  • Deskripsi spasial adalah salah satu paragraf yang menggambarkan objek secara detail khususnya pada ruangan, benda,atau tempat.
  • Deskripsi waktu adalah sebuah paragraf yang dikembangkan berdasarkan waktu peristiwa cerita yang ditulis.

Cara Membuat Paragraf Deskripsi

1. Menentukan Objek atau Sasaran

Langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu objek yang akan kalian jelaskan menjadi suatu paragraf deskripsi yang baik. contohnya seperti tema yang berada pada tempat lain, misalnya karya ilmiah, argumentasi, dan susunan yang lainnya.

Jika kalian belum sama sekali membuat paragraf deskripsi dan kalian belum memiliki objek yang akan di pilih, untuk itu disini akan memberikan penjelasan sedikit cara untuk kalian yang ingin mengambil objek, tempatnya mungkin tidak jauh dari kita atau bahkan berada pada lingkungan sekitar kalian.

2. Menentukan Jenis

Jika kalian sudah menentukan sebuah sasaran, maka persiapan berikutnya adalah dengan menentukan jenis deskripsi yang mau kalian buat. caranya kalian pilih saja salah satu dari macam-macam deskripsi diatas.

Kalian dapat memilih bentuk deskripsi sesuai kemampuan atau keinginan yang kalian, jika kalian lebih senang tentang masalah yang berhubungan dalam pendapat kalian, kalian mungkin lebih mudah memilih jenis deskripsi yang bentuknya objektif atau ilmiah.

Kalau ketika mengerjakannya kalian kurang bersungguh-sungguh maka bisa di pastikan hasil dari deskripsi yang kalian buat tidak akan baik atau berantakan dan membuat pembaca merasa kurang memahami.

3. Menggunakan Bahasa yang mudah di pahami

Setelah kalian berhasil melalui tahapan yang tadi sudah di jelaskan sebelumnya, pastinya kalian sekarang telah mempersiapkan untuk membuat deskripsi yang disukai. Ketika kalian akan mengungkapkan sebuah deskripsi pastikan menggunakan kata-kata yang baik agar mudah di pahami oleh si pembaca, dan deskripsikan sasaran pada objek secara jelas tetapi jangan berbelit-belit.

4. Menentukan artikel judul yang menyenangkan

Kalian harus mengetahui cara yang di lakukan untuk sebuah deskripsi seperti ini umumnya hanya dengan deskripsi subjektif dan tidak memakai deskripsi lain. Tetapi jika kalian ingin memakai deskripsi objektif, maka kemungkinan berita yang akan kalian sampaikan adalah berita yang tidak benar atau hoax.

Maksud dari penjelasan ini yaitu buatlah pembaca menjadi penasaran dengan objek yang kalian buat. Yang pastinya akan membuat para pembaca melihat deskripsi sampai selesai.

5. Membuat deskripsi yang mudah di mengerti pembaca

Langkah terakhir adalah kalian harus menulis sebuah deskripsi yang memiliki peran penting untuk di pahami oleh si pembaca. Deskripsi yang dibuat dengan kalimat mudah untuk di pahami untuk dibaca.

Contoh Paragraf Deskripsi

1. Deskripsi Subjektif

Lapisan ozon semakin menipis. Hutan-hutan tropis juga meranggas. Gurun semakin kering dan meluas. Akibatnya suhu bumi menjadi meningkat, cuaca tidak menentu, dan bencana alam semakin banyak terjadi. Kesimpulannya adalah bumi semakin kritis. Siapa yang harus bertanggung jawab, pasti manusia.

2. Deskripsi Subjektif

Selvi memakai rok panjang dengan warna hitam. Warna yang sesuai pada warna blus panjangnya. Rok dan blusnya seakan-akan membuatnya semakin anggun. Berjalan dengan anggun sekali dan memikat hati setiap orang yang memandang.

3. Deskripsi objektif

Pantai Sari Ringgung memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya untuk wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota, Pohon yang rindang, lautnya luas. Bagi penyelam , Pantai Sari Ringgung juga menawarkan keindahan ikan laut yang indah sekali. Pantai ini harus tetap terjaga dan mengelolanya dengan baik sebagai tujuan wisata alternatif.

4. Deskripsi Spasial

Sungai ciliwung adalah sungai yang mengalir di seluruh Jakarta. Sayangnya, Sungai Ciliwung saat ini menjadi tempat pembuangan sampah yang menyebabkan bau yang sangat tidak sedap. Sungguh pemandangan yang sangat menyedihkan dan tidak terjaga kebersihannya.

Demikian pembahasan mengenai Contoh Paragraf Deskripsi, Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Membuatnya. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :