Contoh Paragraf Campuran Singkat Dan Menarik

Posted on

Contoh Paragraf Campuran Singkat Dan Menarik – Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tentu saja kita pasti pernah mengenal bermacam-macam bentuk Paragraf yang diajarkan oleh Guru kita disekolah.

Contoh Paragraf Campuran Singkat Dan Menarik

Dalam macam-macam bentuknya, Paragraf dibedakan berdasarkan pada letak kalimat utama atau ide pokok, yang diantaranya, yaitu Paragraf Induktif, Paragraf Deduktif dan Paragraf Campuran.

Tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas bersama-sama Paragraf Campuran saja beserta dengan struktur-struktur yang terkait didalamnya.

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf Campuran adalah Sebuah Paragraf yang memiliki 2 kalimat utama, yaitu terletak pada Awal Paragraf dan Akhir Paragraf. Jenis Paragraf ini sering disebut juga sebagai Kombinasi dari Paragraf Indukti dan Paragraf Deduktif. Selain dari kalimat diatas berfungsi sebagai Kalimat Penjelas.

Ciri Ciri Paragraf Campuran

Dalam struktur-struktur yang terdapat didalam Paragraf Campuran memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini, yaitu :

  1. Paragraf campuran memiliki 2 kalimat utama
  2. Kalimat utama terletak pada awal paragraf
  3. Kalimat utama kedua terletak sebagai kesimpulan pada akhir paragraf
  4. Kalimat penjelas terletak pada tengah paragraf
  5. Memiliki kalimat pengulangan pada kata kunci dalam kedua kalimat utama

Pola Paragraf Campuran

Pada Paragraf Campuran memiliki pola khusus yang membedakannya dari Paragraf lainnya, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Pola paragraf campuran diawali dengan kalimat umum
  2. Pola paragraf campuran disusul dengan kalimat khusus
  3. Pola paragraf campuran disusul dengan kalimat khusus
  4. Pola paragraf campuran diakhiri dengan kesimpulan yang menerangkan gagasan ide secara umum

Contoh Paragraf Campuran

Setelah kita memahami struktur-struktur yang terkait dengan Paragraf Campuran. Berikut pada dibawah ini terdapat beberapa contoh-ccontohnya :

Contoh Pertama

Kalimat :

Semua makhluk hidup yang berada dimuka Bumi ini sangat membutuhkan makanan dan minuman dalam melangsungkan kehidupannya. Contoh seperti beberapa jenis Hewan dalam bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang telah tersedia di seluruh alam, Tumbuhan dalam bertahan hidup dengan cara melakukan proses Fotosintesis, dan Manusia dalam bertahan hidup dengan cara memanfaatkan makanan yang tersedia di seluruh alam. Maka dari itu Hewan, Tumbuhan, dan Manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk melangsungkan kehidupannya.

Penjelasan :

1. Kalimat Utama Paragraf Campuran terletak pada : (Semua makhluk hidup yang berada dimuka Bumi ini sangat membutuhkan makanan dan minuman dalam melangsungkan kehidupannya).

2. Kalimat Penjelas terletak pada : (Contoh seperti beberapa jenis Hewan dalam bertahan hidup dengan cara berburu makanan yang telah tersedia di seluruh alam, Tumbuhan dalam bertahan hidup dengan cara melakukan proses Fotosintesis, dan Manusia dalam bertahan hidup dengan cara memanfaatkan makanan yang tersedia di seluruh alam).

3. Kalimat Utama Kedua Paragraf Campuran terletak pada : (Maka dari itu Hewan, Tumbuhan, dan Manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk melangsungkan kehidupannya).

 

Contoh Kedua

Kalimat :

Hutan mempunyai peranan penting bagi seluruh makhluk hidup. Penebangan hutan secara ilegal terus-menerus meningkat sehingga hutan mengalami kegundulan, padahal hutan berfungsi dalam mencegah bencana longsor, pemanasan global, dan tempat berkembangnya jenis-jenis hewan dan jenis-jenis tumbuhan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebab itu hutan harus perlu dijaga kelestariannya karena sangat penting dalam berlangsungnya kehidupan Manusia, Hewan dan juga Tumbuhan.

Penjelasan :

1. Kalimat Utama Paragraf Campuran terletak pada : (Hutan mempunyai peranan penting bagi seluruh makhluk hidup).

2. Kalimat Penjelas terletak pada : (Penebangan hutan secara ilegal terus-menerus meningkat sehingga hutan mengalami kegundulan, padahal hutan berfungsi dalam mencegah bencana longsor, pemanasan global, dan tempat berkembangnya jenis-jenis hewan dan jenis-jenis tumbuhan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia).

3. Kalimat Utama Kedua Paragraf Campuran terletak pada : (Sebab itu hutan harus perlu dijaga kelestariannya karena sangat penting dalam berlangsungnya kehidupan Manusia, Hewan dan juga Tumbuhan).

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Paragraf Campuran beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Pola Paragraf dan Contoh-Contohnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.