Contoh Norma Kesusilaan

Posted on
Contoh Norma Kesusilaan

Contoh Norma Kesusilaan – Tahukah kalian apa itu Norma Kesusilaan? Pada dasarnya, tanpa kita sadari norma ini tersimpan didalam diri setiap manusia, atau lebih tepatnya didalam hati sanubari kita.

Norma kesusilaan ini menjadi salah satu norma yang sangat penting, sebab sangat berhubungan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Norma Kesusilaan.

Definisi Norma Kesusilaan

Norma Kesusilaan merupakan sebuah aturan sosial yang didalamnya terdapat aturan mengenai suatu cara dari manusia berperilaku secara umum yang berasal dari hati nurani manusia itu sendiri.

Perlu kalian ketahui segala sesuatu tindakan yang kita lakukan sangat berkaitan erat dengan norma kesusilaan yang dilakukan berdasarkan dengan sifat-sifat dasar manusia, yang mempunyai hati nurani.

Oleh sebab itu, seseorang yang melanggar norma ini disebut sebagai orang yang tidak memiliki hati nurani. Keberadaan dari norma kesusilaan ini sudah ada sejak jaman dahulu atau bersamaan dengan kelahiran manusia pertama.

Baca Juga : Macam Macam Norma

Karakteristik Dari Norma Susila

Apabila dilihat berdasarkan dengan pengertian dari norma kesusilaan ini, terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan norma-norma yang lainnya, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Norma ini sendiri bersumber atau berasal dari hati nurani setiap manusia.
  2. Norma ini bersifat lokal, atau hanya terdapat di dalam suatu masyarakat tertentu saja serta sifatnya juga tidak selama-lamanya.
  3. Bagi seseorang yang melanggar norma kesusilaan ini akan mendapatkan sanksi yang sifatnya secara individu, yaitu dikucilkan oleh masyarakat setempat, agar mengalami penyesalan secara batin dan tentunya memiliki rasa malu.

Tujuan Dari Norma Susila

Terdapat beberapa tujuan dari adanya norma kesusilaan ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bertujuan agar setiap manusia mempunyai pedoman hidup yang berlaku didalam kehidupan sosial dan dapat membedakan mana sifat yang baik dan mana sifat yang buruk.
  • Apabila sudah memahami mengenai norma kesusilaan ini, sangat diharapkan bahwa setiap manusia juga memahami apa saja nilai-nilai kemanusiaan.
  • Bertujuan agar terwujudnya kehidupan yang lebih harmonis didalam suatu kelompok masyarakat atau didalam berkehidupan bersosial.

Baca Juga : Contoh Norma Agama

Manfaat Dari Adanya Norma Susila

Disamping adanya tujuan tersebut, tentunya norma ini juga akan memiliki banyak manfaat didalamnya. Contohnya seperti bermanfaat untuk membantu seseorang agar dapat membedakan mana hal yang baik dan mana yang buruk.

Tidak hanya itu saja, norma kesusilaan ini juga dapat digunakan sebagai petunjuk bagi setiap umat manusia mengenai bagaimana cara bersikap dan juga bertingkah laku didalam lingkungan bermasyarakat.

Sanksi Bagi Pelanggar Norma Kesusilaan

Seseorang yang melanggar norma kesusilaan ini umumnya akan mendapatkan sanksi yang diberikan oleh Masyarakat, yaitu berupa mengasingkan, menegur, menyindir, atau bahkan menghukumnya sedikit lebih berat.

Hukuman ini diberikan apabila seseorang sudah melakukan sebuah tindakan yang tidak manusiawi yang telah dilakukan oleh seseorang dan perbuatan ini masuk kedalam perbuatan yang melanggar hukum.

Sebagai contoh dari pelanggaran norma ini, yaitu pelecehan seksual, tindakan ini akan dianggap oleh sekelompok masyarakat yang mematuhi norma ini sebagai tindakan yang tidak manusiawi atau tidak senonoh.

Seorang pelaku dari tindakan pelecehan tersebut bisa mendapatkan ejekan, diasingkan, bahkan dapat diusir dari tempat tinggalnya, atau dituntut ke meja hukum.

Contoh Dari Norma Kesusilaan Didalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Norma Kesusilaan

Agar dapat lebih memahami mengenai penjelasan dari norma kesusilaan ini, kita dapat melihatnya melalui beberapa contoh norma kesusilaan didalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut :

  • Jujurlah didalam bersikap dan juga bertingkah laku kepada orang lain.
  • Meminta maaf apabila sudah melakukan kesalahan kepada seseorang.
  • Berpakaian dengan baik sesuai dengan tempat dan juga situasi.
  • Harus menghargai orang yang usianya sama-sama muda dan juga menghormati orang yang usianya lebih tua.
  • Berbicaralah hal-hal yang baik kepada orang lain.
  • Tidak boleh melakukan sebuah tindakan penipuan dan berbuat curang.
  • Tidak boleh menghina atau mencela sesama umat manusia.
  • Menolong sesama manusia yang sedang mengalami kesulitan.

Baca Juga : Contoh Norma Kesopanan

Apa yang dimaksud dengan Norma Kesusilaan?

Norma Kesusilaan merupakan sebuah aturan sosial yang didalamnya terdapat aturan mengenai suatu cara dari manusia berperilaku secara umum yang berasal dari hati nurani manusia itu sendiri.

Norma Kesusilaan ini tersusun atas dua kata, yaitu?

1. Norma yaitu sebuah aturan atau pedoman untuk mengatur perilaku masyarakat.
2. Kesusilaan yaitu sebuah sikap atau peraturan hidup yang berlaku.

Norma Kesusilaan ini bersumber atau berasal dari?

Norma Kesusilaan ini bersumber dari hati nurani manusia itu sendiri. Karena berasal dari hati nurani manusia itu sendiri, maka norma ini bersifat tidak tertulis.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.