Contoh Norma Agama

Posted on
Contoh Norma Agama

Contoh Norma Agama Didalam Kehidupan Sehari-hari – Kita sebagai makhluk sosial, tentu sangat menginginkan hidup di lingkungan masyarakat yang aman, damai dan juga harmonis.

Dengan kata lain, tidak ada kerusuhan, keributan ataupun hal-hal lainnya yang dapat memancing emosi kita atau memancing emosi warga yang tinggal dilingkungan sekitar.

Berbeda halnya dengan lingkungan sosial, dengan keadaan yang ada di sekitarnya sangat damai dan tenteram, pasti jiwa kita juga akan merasa bahagia.

Hal yang ada diatas merupakan pembahasan tentang norma, dan salah satu norma yang sangat penting dan tidak boleh untuk dilewati didalam kehidupan kita,yaitu Norma Agama.

Definisi Norma Agama

Norma agama merupakan salah satu bentuk aturan yang sudah didasari dengan ajaran dari suatu agama, yang berfungsi sebagai suatu petunjuk, pedoman dan juga lampu penerang bagi manusia didalam menjalani kehidupannya.

Norma ini umumnya dapat memperkuat norma hukum apabila kebiasaan dari masyarakat tersebut sudah berdasarkan dengan kebudayaan yang akan mendarah daging dari moral agamanya.

Umumnya, Norma ini diambil dari nilai-nilai yang berada di dalam sebuah kitab suci dari suatu agama. Oleh sebab itu, norma agama ini memiliki sifat yang sudah pasti dan tidak dapat diragukan lagi.

Baca Juga : Macam Macam Norma

Fungsi Dari Adanya Religious Norm

Selain penjelasan yang ada diatas, Norma Agama ini memiliki berbagai fungsi yang perlu kalian ketahui, yaitu :

  • Berfungsi untuk mengajak dan juga melarang para penganutnya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
  • Sebagai penyelamat bagi setiap manusia baik itu didunia atau pun diakhirat.
  • Berfungsi untuk mengajak seseorang selalu berdama kepada diri sendiri atau orang lain.
  • Berperan untuk mengajak seseorang agar selalu berusaha demi diri sendiri dan orang lain
  • Sebagai pedoman hidup bagi manusia yang bersifat ilahiyah.
  • Berfungsi sebagai pedoman hidup yang didalamnya mengatur adanya hubungan antara manusia dengan manusia, sekaligus antara manusia dengan Tuhan penciptanya.
  • Berperan untuk mengajak manusia agar selalu emngontrol emosinya dan selalu beribadah kepada Tuhannya.

Sumber Dari Religious Norm

Contoh Norma Agama

Norma Agama adalah salah satu jenis norma yang bersumber atau berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dengan adanya norma ini dapat mempengaruhi seseorang didalam melakukan sesuatu atau bertingkah laku dalam kehidupannya.

Bagi setiap orang yang beragama, maka penciptanya atau Tuhan merupakan suatu hal yang harus didahulukan. Dimana didalam norma ini terkandung sebuah perintah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat beragama, dan juga terdapat larangan yang tidak boleh dilanggar.

Norma ini menuntut semua umat beragama untuk memiliki ketaatan yang atau sudah tidak bisa dirubah lagi, norma inu juga mewajibkan bagi setiap pemeluk agama untuk menaati semua perintah dari Tuhan-nya.

Ciri-Ciri Religious Norm

Agar kalian lebih memahaminya lagi mengenai Norma Agama ini, terdapat beberapa ciri-ciri dari norma ini, yaitu :

  1. Sebuah Norma yang bersumber atau berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Sebuah Norma yang memiliki sifat universal atau tetap.
  3. Apabila perintahnya dijalani maka akan mendapatkan pahala, tetapi apabila perintahnya dilanggar maka akan mendapatkan dosa.
  4. Norma ini bersifat luas dan berlaku bagi seluruh umat manusia atau Umat beragama.

Tujuan Dari Religious Norm

Terdapat beberapa tujuan utama dari Norma Agama ini yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  • Bertujuan untuk menyempurnakan manusia, sebab setiap manusia yang beragama akan dituntun oleh norma ini, oleh sebab itu sifatnya adalah hubungan antara individu dengan penciptanya.
  • Dengan adanya norma ini, sangat diharapkan semua orang dapat membedakan mana hal-hal yang baik dan mana hal-hal yang buruk menurut sebuah agama.
  • Norma ini juga bertujuan untuk memperkuat dari norma-norma yang lain karena umumnya saling berhubungan.
  • Bertujuan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusaiaan yang ada didalam kehidupan sehari-hari guna mencapai kebahagiaan dunia maupun akhirat.

Baca Juga : Makna Sumpah Pemuda

Sanksi Yang Diberikan Religious Norm

Norma ini memberikan sanksi kepada seseorang yang melanggar semua perintah yang sudah diberikan oleh Norma Agama dan cenderung bersifat longgar di dunia.

Hal tersebut dikarenakan otoritas tertinggi bagi pemberi sanksi dipegang oleh Tuhan Yang Maha Esa. Umumnya, orang-orang yang suci akan mengnggap otoritas tersebur sebagai pengingat atau penyampai kebenaran saja, bukan sebagai orang yang memberi hukuman.

Sehingga, peringatan yang diberikan oleh pemimpin agama menjadi salah satu sanksi yang sering diberikan. Walaupun sanksinya bersifat longgar, para pelanggar norma ini akan tetap mendapatkan sanksi sosial, terutama didalam lingkungan masyarakat yang religius.

Orang-orang tersebut cenderung akan mudah mempersepsikan bahwa para pelanggar dari norma ini imannya sangat lemah atau pengetahuan mengenai ilmu keagamaannya masih kurang banyak.

Contoh Norma Agama Didalam Kehidupan Sehari-hari

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari norma Agama didalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu diantaranya adalah :

  • Menjalankan ibadah dengan bersungguh-sungguh bagi semua umat beragama.
  • Memberikan bantuan kepada orang-orang yang tidak mampu.
  • Jauhi barang-barang yang bersifat memabukkan seperti miras, narkoba, dan sesuatu yang memabukkan lainnya.
  • Dilarang untuk mencuri atau mengambil barang-barang milik orang lain.
  • Bacalah kitab suci terutama bagi umat Islam wajib untuk membaca kitab suci Al-Qur’an dan mengamalkannya didalam kehidupan sehari-hari.
  • Berbaktilah kepada kedua orang tua.
  • Saling menghormati dan menghargai antar umat beragama.
  • Berbesar hati untuk saling memaafkan atas orang-orang yang berbuat kesalahan.
  • Selalu berbuat baik kepada sesama umat beragama.
  • Harus mencintai alam terutama kepada sesama makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan.

Baca Juga : Interaksi Sosial

Apa yang dimaksud dengan Norma Agama?

Norma agama merupakan salah satu bentuk aturan yang sudah didasari dengan ajaran dari suatu agama, yang berfungsi sebagai suatu petunjuk, pedoman dan juga lampu penerang bagi manusia didalam menjalani kehidupannya.

Apa saja yang bentuk dari pelanggaran Norma Agama?

Contoh dari bentuk pelanggaran Norma Agama yaitu berjudi, minum-minuman yang memambukkan, mencuri, membunuh sesama manusia, dan memfitnah seseorang.

Apa sanksi yang diberikan oleh seseorang yang melanggar Norma Agama?

Norma ini memberikan sanksi kepada seseorang yang melanggar semua perintah yang sudah diberikan oleh Norma Agama dan cenderung bersifat longgar di dunia. Namun, sanksi yang diberikan oleh seseorang yang melanggar norma ini akan diddapatkan diakhirat yang akan dipertanggungjawabkan keda Tuhannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Norma Agama beserta dengan hal-hal yang ada didalam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.