Contoh Negara Kesatuan

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi Contoh Negara Kesatuan dengan sistem negara serikat – lengkap dengan pengertian, konsep, aspek, tujuan, dan fungsinya supaya mudah dipahami.

Contoh Negara Kesatuan – Negara kesatuan bertentangan dengan negara federal, dalam unit sub-nasional yang dibuat oleh pemerintah dan sub-nasional akan diperluas oleh pemerintah pusat melalui proses yang berdasarkan undang-undang parlementer.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Negara Kesatuan Adalah

Contoh-Negara-Kesatuan

Negara kesatuan adalah salah satu bentuk dari negara yang Federasi dan Konfederasi dengan memegang erat pada kesatuan negara yang sudah ditentukan oleh pemerintah dan memiliki kekuasaan penuh atas suatu negara.

Dalam hal ini negara kesatuan akan memiliki posisi yang tertinggi dalam bidang pemerintahan untuk mendelegasikan bentuk dari kekuasaan atau tanggung jawabnya kepada pemerintah daerah.

Negara kesatuan juga akan berdaulat yang dipegang sebagai satu kesatuan yang tertinggi dan subnasional untuk menjalankan wewenang yang dipilih oleh pemerintah dari suatu negara yang adadi dunia.

Pengertian Kesatuan Negara Menurut Para Ahli

1. Moh Kusnadi dan Hamaily Ibrahim – telah menyatakan bahwa negara kesatuan dibentuk sebagai dari suatu negara dengan berdasarkan kedaulatan dari negara lain untuk mudah menangani semua hal masalah yang berkaitan dengan seluruh pemerintah.

2. Abu Daud Busroh – telah menyatakan bahwa negara kesatuan adalah salah satu negara yang dibentuk secara individual atau dibagi menjadi beberapa negara yang akan bergabung dengan negara tersebut.

3. F Strong – telah menyatakan bahwa negara kesatuan adalah bentuk negara yang berdaulat dan memiliki satu kekuatan yang tertinggi dalam konteks kekuatan untuk memberikan kekuasaannya melalui hak-hak otonomnya.

Maka sebagian besar negara kesatuan merupakan negara bagian federal yang dibentuk dari dua sistem yang terpadu dari berbagi kekuasaan dengan negara atau provinsi.

Baca Juga: Contoh Ketahanan Nasional

Ciri Ciri Negara Kesatuan

Pembahasan diatas yang berdasarkan karakteristik negara kesatuan Negara dan memiliki beberapa ciri cirinya adalah sebagai berikut:

  • Otoritas yang tertinggi terletak di tangan pemerintah pusat dan menjaga kedaulatan secara keseluruhan.
  • Orang-orang dapat menghubungi dengan pemerintah pusat secara langsung.
  • Hanya ada satu konstitusi Konstitusi dalam (UUD) seorang pemimpin akan membentuk kabinet dan dewan menteri dari beberapa parlemen.
  • Negara memiliki suatu kebijakan yang terkait dengan masalah ekonomi dan politik dalam bidang sosial budaya.

Konsep Negara Kesatuan

Negara kesatuan Republik Indonesia disingkat sebagai NKRI, sebagai konsep atau keseragaman individu monosentris (terpusat) yang dibentuk dari satu kepala negara dan satu badan legislatif.

Untuk seluruh wilayah negara harus membetuk konsep dengan kedaulatan baik secara internal maupun eksternal yang dibentuk oleh kekuasaan pemerintah.

Dalam hal ini indonesia sebagai bentuk negara kepulauan yang terbesar di dunia dan terdiri dari sekitar 17.000 pulau, dari nuansa keanekaragaman dan budaya sebagai hasil dari warna-warni yang berbeda. Indonesia adalah salah satu bentuk negara kesatuan karena hal ini terdiri dari banyak pulau dan kelompok etnis.

Bentuk Negara Kesatuan

Negara-Kesatuan

Bentuk negara kesatuan adalah suatu bentuk pemerintahan yang sederhana dan dapat menghasilkan negara yang kuat karena terdapat dari satu pemerintahan yang berdaulat.

Bnetuk negatif akan dikhawatirkan hal ini akan mengarah pada sentralisasi kekuasaan birokratis yang dapat menghambat kelancaran urusan pemerintahan.

Keburukan nya juga dapat dihapus dalam pelaksana dan kekuasaan negara yang memiliki tingkat kontrol yang tinggi terhadap moral dan dapat dikendalikan oleh lembaga yang berwenang.

Bentuk negara kesatuan memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Terdapat pemerintah pusat yang berdaulat baik di dalam maupun di luar.
  • Terdapat konstitusi yang berlaku untuk semua wilayah negara.
  • Terdapat kepala negara atau pemerintahan.
  • Terdapat representasi rakyat.

Dalam Arti lain dari bentuk negara kesatuan adalah:

1. Sebagai Demokrasi Langsung

Sebagai Demokrasi Langsung adalah salah satu sistem demokrasi pertama yang di mana rakyat memiliki kekuatan langsung, sehingga akan membutuhkan partisipasi luas oleh warga dalam politik.

Demokrasi langsung juga dapat menentukan politik secara langsung, tanpa perwakilan dan didampingi oleh mediator atau majelis parlemen yang harus mengesahkan undang-undang dengan pedoman tertentu.

2. Sebagai Demokrasi parlementer

Sebagai Demokrasi parlementer adalah salah satu jenis negara yang akan membentuk sistem demokrasi yang memberi kekuatan legislatif yang banyak dalam kekuatan yang disebut demokrasi parlementer.

Eksekutif juga akan menerima hak untuk berkuasa dalam demokrasi hanya dari legislatif dengan parlemen, dari kepala pemerintahan sebagai tingkat kekuasaan yang berbeda.

3. Sebagai Demokrasi Tidak Langsung

Demokrasi Tidak Langsung adalah salah satu bentuk negara yang mengadopsi sistem demokrasi dari sebuah perwakilan yang harus memilih di parlemen.

Demokrasi ini juga bentuk yang paling luas di dunia dan dapat memberikan perlindungan atau hak-hak dari mayoritas dan populasi di negara sebagai bentuk dari minoritas negara.

Baca Juga: Tugas Komnas Ham

4. Sebagai Demokrasi islam

Demokrasi islam adalah salah satu bentuk negara yang membentuk dari suatu sistem demokrasi yang sudah didasarkan pada hukum Islam dalam implementasi dari sebuah kebijakan publik.

Sedangkan bentuk Demokrasi islam terdiri dari beberapa negara dengan pemerintah pusat yang berdaulat dalam bidang internal untuk mengatur wilayahnya masing-masing.

Maka setiap negara memiliki konstitusi yang dipimpin oleh kepala negara dan perwakilannya dalam memengaruhi kebijakan dari luar negeri, terhadap pertahanan dan keamanan.

Baca Juga: Bentuk Negara Jepang

Contoh Negara Kesatuan

Negara kesatuan memiliki kekuasaan dengan posisi tertinggi dalam pemerintahan untuk memberikan tindakan mendelegasikan sebagian kekuasaan kepada pemerintah daerah.

Berikut ini adalah beberapa negara sebagai bentuk dari contoh kesatuan adalah:

Timor Timur

Hal ini adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai Easteast dan dapat membentuk pemerintahan sendiri dari ribuan kota di dan memiliki sistem republik semi-presidensial yang dapat dijalankan oleh presiden dan perdana menteri.

Jepang

Jepang adalah salah satau contoh negara yang dipimpin oleh seorang kaisar sebagai simbol negara dalam mempersatukan rakyat dengan mempertahan bentuk dari kekuatan sebagai parlemen yang terpilih.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah salah satu negara melayu dan memiliki sultan dari putra mahkota yang akan mengikuti sistem monarki absolut dengan kekuasaan penuh atas negaranya.

Maka dalan negara ini juga dapat mengatur sistem pemerintahan yang berorientasi sebagai mata uang BND (Dolar Brunei) dengan konstitusi yang didasarkan pada hukum Islam.

Filipina

Negara ini adalah negara yang bertindak baik dalam bidang pemerintahan dan negara ini memiliki satu konstitusi sebagai bentuk hukum yang tertinggi.

Italia

Negara ini adalah negara republik di mana sistem pemerintahannya dengan membentuk parlementer dan presiden yang bertindak sebagai kepala negara dan perdana menteri yang memerintah pemerintah.

Belanda

Belanda adalah Negara dengan ribuan kota di Amsterdam yang terpusat di bawah kepemimpinan Perdana Menteri.

Yunani

Yunani adalah salah satu negara dengan ibukota Athena yang memiliki sistem parlementer republik dengan posisi perdana menteri yang sangat bergantung pada parlemen.

Kamboja

Negara Kamboja salah satu negara yang dipimpin oleh seorang raja sebagai kepala negaranya yang akan membentuk negaranya menjadai lebih maju dalam bidang kepemerintahan.

Laos

Negara Laos adalah salah satu negara yang dijalankan oleh seorang kepala negara memberikan dukungnya dalam menjalankan pemerintahannya untuk mencapai kesatuan.

Kelebihan Negara Kesatuan

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan menyampaikan bebeapa kekuatan negara kesatuan adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Kepentingan dari sebuah masalah dapat dikendalikan oleh pemerintah secara setara.
  • Memiliki struktur dalam keadaan yang sederhana.
  • Akan terkoordinasi dari pemerintah pusat dan daerah akan menjadai lebih mudah.
  • Memiliki biaya ekonomi yang murah.
  • Korupsi akan mudah dikelola secara dominan.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan Contoh Negara Kesatuan, semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: