Contoh Nasionalisme

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini akan menyampaikan pembahasan artikel tentang Contoh Nasionalisme – meliputi dari pengertian, ciri ciri, bentuk, tujuan, sikap supaya mudah dipahami.

Contoh Nasionalisme – adalah salah satu bentuk dan sikap yang terdapat pada suatu wilaya, dengan melestarikan peraturan dan pertukaran antar negara dari waktu ke waktu yang dapat didasarkan pada hubungan historis, dengan mencintai tanah air.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Nasionalisme

Contoh-Nasionalisme

Nasionalisme adalah sebuah sikap dalam politik pada suatu bangsa yang memiliki budaya yang sama sehingga kesamaan cita-cita serta tujuan yang dengannya rakyat akan mudah membangun bangsanya.

Dalam hal ini juga bangsa akan merasakan kesetiaan yang mendalam kepada bangsanya sendiri, dan dapat menjunjung tinggi dalam kedaulatan bangsa, dengan rasa cinta.

Nasionalisme juga didefinisikan sebagai raca cinta masyarakat dalam suatu negara dan harmoni budaya serta wilayah yang terdapat du suatu bangsa dengan tujuan untuk menciptakan dan akan mempertahankan negara secara internal maupun eksternal.

Baca Juga: Demokrasi Terpimpin

Ciri Ciri Nasionalisme

Adapun pengertian singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa ciri-ciri yang terdapat pada sikap nasionalisme diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bentuk dalam persatuan dan kesatuan bangsa
  • Jenis yang bersifat nasional
  • Tujuannya dalam mencapai kemerdekaan yang tinggi dan nantinya akan menciptakan negara yang merdeka dengan kekayaan dan kekuatannya yang dapat dirasakan oleh rakyat
  • Sudah terbentuk organisasi modern dan nasional.
  • Mengandalkan kekuatan otakdan pikiran dengan memperkuat pendidikan untuk mendidik kehidupan bangsa.

Adapun semangat dalam nasionalisme pada bangsa Indonesia terkandung dalam prinsip disebut “Persatuan Indonesia” yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Cintai terhadap bangsa Indonesia.
  • Siap berkorban pada kepentingan bangsa dan negara.
  • Bangga menjadai bangsa dan negara Indonesia.
  • Tempatkan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok.

Baca Juga: Contoh Sejarah Politik

Bentuk Nasionalisme

Pembahasan di atas bahwa nasionalisme sebagai bentuk dari cinta terhadap bangsa, maka di sini kami akan memnyampaikan beberapa bentuk dari sikap nasionalisme adalah.

A. Bangga Terhadap Bangsa

Bangga Terhadap Bangsa adalah salah satu upaya bentuk yang akan memperoleh kebudayaan politik dengan melalui partisipasi yang aktif pada rakyat yang berperan pada perwakilan politik.

B. Nasionalisme etnis

Nasionalisme etnis sebagai salah satu bentuk semangat pada negara yang akan memperoleh kebenaran budaya pada masyarakat.

C. Romantisisme identitas

Romantis Identitas adalah salah satu bentuk dan tempat di mana negara dapat menerima kebenaran politik dalam bentuk aslinya sebagai hasil dari rasa cinta terhadap bangsa sesuai pada semangat romantisme.

Baca Juga:  Proses Fotosintesis

D. Nasionalisme budaya

Nasionalisme budaya sebagai salah satu bentuk dari kebenaran politik terhadap budayanya dengan keturunannya seperti pada warna kulit dan ras.

E. Nasionalisme negara

Nasionalisme negara adalah sebuah bentuk dalam kewarganegaraan yang selalu dikaitkan dengan nasionalisme etnis sebagai bentuk dari perasaan nasionalis yang kuat atas hak-hak universal dan kebebasan.

F. Nasionalisme agama

Nasionalisme agama adalah sebuah bentuk yang di mana negara akan memperoleh legitimasi politik yang melalui persamaan agama dalam suatu budaya yang membangun rasa cintanya.

Baca Juga: Nilai Pendidikan Karakter

6 Contoh Sikap Nasionalisme

Dari apa yang sudah kamisampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa contoh sikap dalam bentuk nasionalisme diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Aktif Terhadap Negara

Aktif dalam membangun negara adalah bentuk sikap patriotisme dan nasionalisme dengan melakukan pengembangan dalam bentuk.

  • Seorang siswa belajar yang baik dengan harapan dapat bermanfaat bagi rakyatnya.
  • Orang-orang yang dapat menggunakan hak pilihnya dan berpartisipasi pada negara dengan kegiatan yang kompeten.
  • Siswa yang aktif dan dapat memberikan informasi tentang masalah yang muncul pada negara.

Baca Juga: Strategi Nasional

2. Menciptakan Kerukunan Dalm Beragama

Penduduk Indonesia harus menjadi contoh dalam bentuk patriotisme dan nasionalisme dengan menciptakan keharmonisan antara komunitas agama untuk mencapai kerukunannya dengan melakukan..

  • Memberikan sikap berpartisipasi dalam pembelajaran kelompok dengan kegiatan keagamaan yang sedang berlangsung.
  • Jangan meganggu kelompok agama orang lain.
  • Berteman dengan semua orang tanpa memandang agama.

3. Dapatkan nilai tinggi

Nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesiasebagai bentuk yang saling mendukung dalam bentuk kebaikan menjaga dan mencintai nilai-nilai yang disampaikan leluhur kita.

Berbagai sikap patriotisme dan nasionalisme untuk mencapai hal ini adalah:

  • Partisipasi pada kegiatan untuk saling mendukung.
  • Saling membantu satu sama lain tanpa ada permusuhan.
  • Hormati pendapat orang lain.

Baca Juga: Sifat Kedaulatan

4. Menjunjung Cita Cita Bangsa

Menjunjung Cita Cita Bangsa adalah salah satu sikap dari nasionalisame dengan mendukung dan menjunjung tinggi cita-cita bangsa sesuai yang terletak pada pembukaan uud 1945 sebagai bentuk dari..

  • Mencintai kesejahteraan umum.
  • Mendidik semua kehidupan bangsa.
  • Menjalankan tatanan dunia.

5. Mempertahankan budaya

Mempertahankan budaya adalah salah satu dampak dalam globalisasi yang dimasukan nya budaya asing yang datang ke Indonesia yang dapat mengancam budaya Indonesia maka bangsa harus membantu melestarikan budaya Indonesia unutk mencapai bentuk nasionalisme.

6. Mencintai produk Dalam Negri

Mencintai produk Dalam Negri adalah salah satu sikap dengan menunjukkan rasa patriotisme dan nasionalisme dengan menggunakan produk lokal sebanyak mungkin.

Sehingga produk asing dapat disingkirkan dengan mencintai banyak produk dalam negeri yang harus dinilai dari segi kualitas dan Indonesia harus mengakui bahwa produk dalam negri adalah produk yang handala dan dapat di konsumsi dengan baik.

Baca Juga:  Contoh Hukum Adat

Tujuan Nasionalisme

Pada dasarnya sikap dalam bentuk nasionalisme yang muncul di berbagai negara dengan memiliki tujuan dalah sebagai berikut:

  • Dapat menjamin kemauan dan kekuatan dalam membela masyarakat dan dapat melawan musuh.
  • Dapat mehilangkan sikap yang ekstremisme dari warga negara dan kelompok.
  • Dapat mempromosikan cinta tanah air
  • Menciptakan betuk dan hubungan yang harmonis dan akan memperkuat hubungan persaudaraan.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan ulasan tentang, Contoh Nasionalisme semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat membatu dan mudah di pahami, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Alat Komunikasi Modern