Contoh Masalah Sosial

Posted on

Contoh Masalah Sosial – Dalam dunia bersosialisasi, khususnya yang terjadi di Indonesia tidak pernah luput dari yang namanya kejahatan, konflik dan juga berbagai macam masalah sosial yang lainnya.

Contoh Masalah Sosial

Sebab, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar yang ada di Kawasan Asia Tenggara. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai macam problem yang sangat berkaitan erat dengan lingkungan sosial di masyarakat.

Keberadaan dari permasalahan sosial ini dapat dipahami dengan adanya berbagai macam kondisi yang dapat menimbulkan keresahan bagi masyarakat atau kelompok tertentu. Sehingga menimbulkan tuntutan untuk memperbaiki serta memberikan solusi guna menghentikan terjadinya permasalahan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjabaran dibawah ini yang akan disampaikan oleh Rumus.co.id dalam kesempatan kali ini…

Definisi Dari Social Problem

Masalah sosial sering diartikan sebagai perbedaan yang muncul antara harapan akan kenyataan atau kesenjangan yang terjadi antara situasi yang ada dengan situasi yang semestinya. Berbagai macam Social Problem dapat dilihat dari beberapa orang yang ada di masyarakat sebagai situasi yang tidak terduga.

Secara umum, Social Problem ini sifatnya kontekstual, yang berarti terjadi di sebuah tempat dalam waktu tertentu. Misalnya, pada suatu daerah berbagai macam gejala sosial yang muncul dianggap sebagai suatu problem, namuan tidak di daerah lain.

Definisi Social Problem Menurut Para Ahli

Selain penjelasan yang ada diatas, beberapa para ahli juga mengungkapkan definisi dari Social Problem, yaitu diantaranya adalah :

1. Lesli

Menurut Lesili, Social Problem merupakan suatu kondisi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan dan dapat menimbulkan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat.

Karena itulah sangat perlu untuk mengambil tindakan guna mengatasi atau memperbaiki problem yang terjadi dilingkungan masyarakat.

2. Soetomo

Menurut Soetomo, Social Problem merupakan sebuah situasi yang tidak dikehendaki oleh masyarakat namun terjadi pada sebagian dari warga masyarakat.

3. Arnold Rose

Menurut Arnold, Social Problem merupakan suatu keadaan yang sangat berpengaruh terhadap sebagian besar kehidupan masyarakat, sehingga hal ini diyakini oleh mereka bahwa situasi ini lah yang menyebabkan kesulitan atau kesusahan bagi mereka dan kondisi tersebut dapat diubah.

Faktor Social Problem

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi berbagai macam Social Problem yang terjadi di lingkungan bermasyarakat. diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Biological Factors, adalah salah satu faktor yang menyebabkan munculnya Social Problem yang berhubungan dengan kelainan fisik pada seseorang seperti mengidap penyakit tertentu dan gangguan kesehatan yang lainnya.
  2. Psychological Factors, merupakan salah faktor yang menyebabkan munculnya berbagai Social Problem yang berhubungan erat dengan kejiwaan dari seseorang.
  3. Economic Factors, merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya berbagai macam Social Problem yang berhubungan erat dengan pendapatan, harta, serta upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  4. Cultural Factors, merupakan salah satu faktor yang menunjukkan latar belakang dari munculnya masalah sosial yang terkait erat dengan unsur-unsur nilai serta norma sosial seperti adat dan juga kebiasaan.

Baca Juga :
Konflik Sosial
Integrasi Sosial
Mobilitas Sosial

Contoh Masalah Sosial

Di dalam lingkungan bermasyarakat terdapat banyak sekali masalah sosial yang terjadi. Berikut ini merupakan berbagai macam bentuk dari Contoh Masalah Sosial yang perlu kalian ketahui, yaitu :

1. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan salah satu bentuk dari Social Problem yang paling umum terjadi di Indonesia. Situasi buruk ini akan memiliki dampak yang kurang baik karena orang miskin tidak hanya terancam secara fisik, tetapi juga merupakan beban untuk negara.

Salah satu solusi yang bisa mengatasi masalah sosial ini yaitu memberi dorongan kepada setiap orang untuk menjadi seorang wirausaha di berbagai sektor potensial yang ada di Indonesia, seperti pariwisata, makanan, dan lainnya.

2. Pengangguran

Social Problem yang muncul saat ini di Indonesia serta memberikan dampak yang sangat signifikan yaitu pengangguran. Faktor yang berkontribusi terhadap masalah sosial yaitu kekalahan sumber daya manusia di Indonesia dalam dunia persaingan pekerja dari negara luar.

Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi pengangguran di Indonesia yaitu dengan cara menawarkan pelatihan kerja, pelatihan bahasa dan pengembangan keterampilan yang membuatnya dapat pekerjaan di sektor pemimpin Indonesia.

3. Korupsi

Korupsi juga menjadi salah satu Social Problem yang memanfaatkan jabatan mereka untuk memperkaya dirinya sendiri. Problem yang satu ini menjadi masalah yang sering dialami oleh Indonesia.

Bahkan sekarang masyarakat yang tinggal di Indonesia sering sekali dihadapkan dengan para pejabat negara yang memakai kekayaan negara untuk menutupi kebutuhan pribadi.

Cara ataupun solusi yang bisa digunakan untuk menangani korupsi ini bisa dengan cara memberikan sanksi seberat-beratnya daripada sanksi yang diterapkan saat ini.

4. Pertikaian

Perselisihan adalah bentuk masalah sosial yang timbul dari kurangnya kohesi masyarakat dalam mencapai tujuan bersama, yang kemudian menyebabkan perselisihan yang terjadi antar masyarakat. Perselisihan ini dapat dimotivasi oleh adanya minat yang berlebihan dan ketidaksetaraan sosial.

Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi terjadinya perselisihan ini bisa dengan cara mengajarkan pancasila sebagai ideologi negara secara terus menerus, pemahaman pancasila yang sangat kuat ini merupakan solusi dari banyaknya kontroversi yang terjadi. 

5. Kesenjangan Hukum

Masalah lain yang menjadi penyebab dari Social Problem ini yaitu tidak adanya undang-undang yang berlaku di Indonesia dengan pandangan yang sangat menurun (masyarakat rendah) daripada yang meningkat (dalam komunitas yang kaya).

Pandangan tentang peraturan hukum yang tidak berfungsi sebagai seharusnya menjadi salah satu penyebab masalah yang terus-menerus terjadi di Indonesia.

Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi Social Problem ini yaitu dengan cara menegakkan hukum sesuai dengan standar yang disepakati, karena kepatuhan seperti itu akan mempengaruhi kepercayaan orang dalam kepatuhan terhadap hukum.

F.A.Q

Apa itu Masalah Sosial?

Masalah sosial sering diartikan sebagai perbedaan yang muncul antara harapan akan kenyataan atau kesenjangan yang terjadi antara situasi yang ada dengan situasi yang semestinya.

Apa saja dampak dari adanya Masalah Sosial?

1. Angka kriminalitas semakin meningkat.
2. Adanya konflik sosial
3. Terganggunya rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakat.
4. Menyebabkan kerusakan fisik.

Faktor apa saja yang menjadi penyebab Masalah Sosial?

1. Ekonomi
2. Biologis
3. Psikologis
4. Budaya

Sekianlah ulasan singkat dalam pembahasan kali ini, semoga dapat menjadi referensi dan wawasan baru untuk kita semua.