Contoh Majas Klimaks

Posted on

Contoh Majas Klimaks – Dalam kategori Majas Penegasan yang sebelum sudah kita bahas, terdapat berbagai macam jenis dari majas tersebut beserta dengan contoh kalimatnya.

Contoh Majas Klimaks

Untuk pembahasan dalam kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan menjabarkan serta memberikan contoh dari salah satu jenis Majas Penegasan, yaitu Majas Klimaks.

Nah, untuk itu, yuk kita simak penjabaran mengenai Majas Klimaks beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya, yaitu sebagai berikut.

Daftar Isi :

Definisi Majima Climax

Majas Klimaks merupakan salah satu gaya bahasa atau Majas Penegasan, yang mana didalamnya menjelaskan dua hal atau bahkan lebih secara berturut-turut dengan adanya unsur tingkatan, mulai dari yang rendah hingga ke yang lebih kompleks.

Umumnya, kalimat dari Majas Klimaks digunakan untuk mengutarakan suatu maksud tertentu dengan menggunakan frasa yang saling berurutan serta mempunyai hubungan hirarki.

Misalnya hirarki dari yang sederhana hingga menjadi yang lebih kompleks atau tinggi. Mengatur ide atau gagasan dalam kalimat Majas Klimaks, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks, merupakan sebuah fitur utama dari Majas Klimaks.

Ciri khusus lainnya dari Majas Klimaks ini yaitu umumnya gaya bahasa ini menggunakan beberapa kata hubung dari hingga, ke di dalam kalimatnya. Majas ini berperan untuk memberikan sebuah penegasan, penjelasan, penguatan terhadap makna yang ingin disampaikan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga :
Contoh Kalimat Bermajas
Majas Penegasan
Contoh Majas Ironi

Contoh Majas Klimaks

Setelah melihat penjabaran yang ada di atas mengenai Majas Klimaks. Untuk lebih memahaminya, yuk kita simak contoh kalimat dari Majas Klimaks dibawah ini, yaitu :

  1. Salah satu persyaratan untuk bisa masuk di perusahaan terkenal itu harus minimal lulusan SMA ataupun D3.
  2. Dari mulai TK, SD, SMP, hingga ke SMK Kinan dan Tino bersekolah di tempat yang sama.
  3. Semua siswa/siswi SMK N 1 Bandar Lampung dari kelas 10 sampai kelas 12 wajib untuk mengikuti upacara bendera setiap hari Senin.
  4. Kinos memiliki koleksi sepatu yang banyak sekali, dari yang harganya ratusan ribu, jutaan, hingga puluhan juta pun, dimilikinya.
  5. Ajang pencarian bakat Stand Up Comedy tersebut diikuti oleh semua kalangan dari usia 15 tahun hingga 40 tahun.
  6. Atas meningkatnya harga dari berbagai macam kebutuhan rumah tangga, baik masyarakat dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas mengeluhkan kejadian ini.
  7. Indonesia mempunyai stadion sepak bola dengan kapasitas mulai dari ratusan, ribuan, hingga puluhan ribu tempat duduk untuk para pendukung club sepak bola.
  8. Telah berhari-hari, berminggu-minggu, sampai berbulan-bulan, kucing kesayangan ku tetap tidak ditemukan.
  9. Bu Rina sudah tinggal di Bandar Lampung serta mengelola sebuah usaha kerupuk kulit mulai dari tahun 2000 hingga saat ini.
  10. Baju Gamis Brokat merk Kanaya tersedia dengan berbagai variasi ukuran mulai dari M, L, hingga XL.
  11. Ilmu pengetahuan yang sudah kita dapat di Universitas Lampung dari semester 1 hingga wisuda mampu membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan yang sangat baik.
  12. Rapat wali murid yang dilaksanakan di SD N 1 Sepang Jaya berlangsung dari pukul 08.00. pagi hingga pukul 11.00 siang.
  13. Aku sempat heran, mengapa musik bergenre dangdut itu disukai oleh semua masyarakat dari usia dini hingga lanjut usia.
  14. Adikku memang pandai dan cerdas, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga lulus SMK dia selalu mendapatkan juara umum.
  15. Katak memiliki proses metamorfosis yang sempurna, yaitu dimulai dari fase telur, berudu, katak muda, hingga menjadi seekor katak dewasa.
  16. Mohon maaf, baju koko anak yang model baru ini hanya tinggal tersedia ukuran L dan XL saja.
  17. Perlombaan yang diadakan dalam rangka memperingati HUT RI yang 74 itu diadakan dari tanggal 15 hingga 17 Agustus.
  18. Mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan aku dan suami ku akan pergi untuk berbulan madu.
  19. Anak kami yang bernama Tiara Syafa Salsabila sudah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat yaitu mulai dari Tengkurap, Duduk, Merangkak, Berdiri, sampai Berjalan.
  20. Mulai hari ini hingga 1 tahun kedepan kamu boleh menempati kontrakan ini.
  21. Peresmian Flyover di JL. Kimaja Way Halim itu dihadiri oleh masyarakat setempat hingga Walikota Bandar Lampung.
  22. Mulai dari anak usia dini, batita, hingga balita semua hadir di Puskesmas untuk di Imunisasi rutin setiap 3 bulan sekali.
  23. Petugas upacara bendera setiap hari senin akan dilakukan bergiliran oleh semua siswa dari kelas VII A hingga VII H.
  24. Tidak sia-sia aku ikut bimbel bahasa inggris dan mandarin dari SD hingga SMA, sekarang aku bisa masuk Perguruan Tinggi di Jepang.
  25. Dari dulu hingga sekarang, raut wajahnya tidak pernah berubah masih sama-sama cantik.

F.A.Q

Apa itu Majas Klimaks?

Majas Klimaks merupakan salah satu gaya bahasa atau Majas Penegasan, yang mana didalamnya menjelaskan dua hal atau bahkan lebih secara berturut-turut dengan adanya unsur tingkatan, mulai dari yang rendah hingga ke yang lebih kompleks.

Ciri utama dari Majas Klimaks adalah?

Mengatur ide atau gagasan dalam kalimat Majas Klimaks, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks, merupakan sebuah ciri utama dari Majas Klimaks.

Fungsi dari penggunaan Majas Klimaks adalah?

Majas Klimaks ini berperan untuk memberikan sebuah penegasan, penguatan, penjelasan terhadap makna yang ingin disampaikan dalam sebuah pernyataan.

Demikianlah Contoh Majas Klimaks yang dapat Rumus.co.id berikan dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.