Contoh Laporan Perjalanan

Posted on

Contoh Laporan Perjalanan – Pada Kali ini rumus .co.id akan membahas mengenai Contoh Laporan Perjalanan di dalam pembahasan ini kita akan menerangkan mulai dari pengertian, ciri, kesimpulan, makalah, struktur, jenis danTujuan, Fungsi, dan Kaidah, Konsep, lengkap dengan contoh nya.

Laporan perjalanan adalah laporan yang dibuat setelah perjalanan studi dan kunjungan yang dilakukan oleh beberapa sekolah atau universitas. Laporan ini dibuat sebagai laporan pertanggungjawaban untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Laporan perjalanan dibuat baik secara individu maupun dalam grup.

Apa Itu laporan Perjalanan

Laporan perjalanan adalah laporan hasil perjalanan atau kunjungan ke suatu lokasi. Laporan ini didasarkan pada pengamatan dan pengamatan objek yang dikunjungi.

Isi laporan perjalanan berisi semua kegiatan dari awal keberangkatan hingga perjalanan pulang. Tentu saja, untuk menulis travelog, kita harus mengunjungi suatu tempat. Tempat yang dikunjungi bukan hanya objek wisata, tetapi juga wisata.

Laporan perjalanan harus ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas dan tidak boleh menyebabkan kesalahpahaman bagi pembaca, disertai dengan fakta-fakta yang lengkap dan menarik untuk dibaca

Langkah-langkah Untuk Membuat Laporan Perjalanan

Oke, teorinya sudah ada. Penulis saat ini menjelaskan praktik dan contoh teknis. Surat teknis berikut adalah bentuk resmi pertama. Sebagai konsultan perjalanan kreatif, artikel dapat disesuaikan nanti. Laporan perjalanan resmi untuk perjalanan studi biasanya memerlukan:

a. Background Travel
Tuliskan mengapa Anda atau institusi Anda ingin pergi ke suatu tempat. Contoh kunjungan wisatawan saja, kunjungan (bersilahturahmi) setiap tahun, berlibur atau ingin tahu sesuatu yang tidak diketahui di awal. Nah, kalau yang termuda biasanya banyak bertengkar. Tapi bukan les biasa. Hahaha …

b. Tujuan perjalanan
Tidak mungkin bahwa perjalanan tidak memiliki tujuan. Dengan asumsi apa yang Anda buang-buang uang hanya dengan pergi ke suatu tempat? Nah, tuangkan di sini sehingga perjalanan Anda sesuai dengan kehendak asli perjalanan. Anda tahu, tidak ada perjalanan tanpa keinginan, bukan? Apalagi saat perjalanan itu perlu dan membutuhkan ide yang panjang dan matang.

c. Keuntungannya
Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, ini bisa menjadi tambahan untuk pengetahuan, materi pembelajaran, berbagi materi, dll. Namun, itu tidak disebut sebagai bahan keluaran. CmiwW …

d. Jadwal dan Lokasi Kegiatan
Apakah itu tergantung pada rencana awal. Namun, opsi latihan tidak menutup, tetapi tidak sesuai dengan ide. Sampai Anda harus menulis setelah apa yang terjadi. Itu semua akan lebih rapi jika Anda memberikan gambaran tentang peristiwa yang telah dilakukan.

e. Benda mengalir dan Aktivitas
Di sini Anda sekarang dapat melaporkan perjalanan dan lokasi kegiatan Anda. Khusus untuk laporan resmi, Anda dapat menjelaskannya secara rinci sesuai dengan laporan tertulis.

f. Biaya dana (pendapatan, pengeluaran, dan saldo)
Ini adalah pekerjaan bendahara. Anda harus menuliskan semua pendapatan, keuangan, dan pengeluaran sampai Anda harus menjelaskan berapa saldo, jika ada uang. Ini juga termasuk uang untuk transportasi, akses ke barang-barang dan, secara umum, masalah utama konsumsi

g. Kesimpulan (ringkasan saran dan kritik)
Ringkasan hasil perjalanan sangat penting agar kita dapat benar-benar memahami di mana pengetahuan yang ada. Hingga bisa menjadi referensi bagi semua pihak yang membaca laporan dan melanjutkannya nanti.

Saran diperlukan untuk meningkatkan organisasi acara sebagai masukan tambahan. Jangan mengesampingkan kemungkinan mempertimbangkan rekomendasi dari semua pihak. Begitu pula dengan kritik, tanpa kritik kita hanya akan masuk “lubang” yang sama. Lebih baik menggunakan siswa yang bangun daripada menilai mereka yang terkena dampak.

I. investasi
Ini sering dilupakan. Bukti fisik sangat diperlukan untuk menjadi bukti, seperti tujuan bukti perjalanan. Biasanya berupa foto, catatan, wawancara.

Semua informasi ini harus dimasukkan untuk laporan resmi. Ini sudah termasuk informasi sesuai dengan Bab I (latar belakang, tujuan dan efektivitas), Bab II (jadwal kegiatan, rencana perjalanan dan biaya pendanaan) dan III (penyelesaian, rekomendasi, kritik dan lampiran). Meskipun ada beberapa lembaga yang menulis laporan mereka secara langsung, mereka tidak menggunakan format per bab.

Adapun saran perjalanan kreatif umumnya ditambahkan ke desain laporan (contoh di bawah). Berbeda dengan laporan resmi, yang mengharuskan penggunaan kertas A4, misalnya, formatnya juga gratis. Pada dasarnya, desainnya harus semenarik mungkin.

Oh ya, saat menggunakan format ini, umumnya format sesuai bab tidak harus digunakan. Tetapi dengan latar belakang lampiran, tidak terlalu penting untuk mempersingkat studi.

Informasi seperti itu tidak diperlukan untuk artikel. Katakan saja perasaan dan pengalaman yang Anda rasakan saat bepergian. Ini lebih penting dan efektif, terutama jika artikel Anda diterbitkan pada halaman situs web atau situs web Anda (blog).

Dengan koran atau majalah, itu tergantung pada konsentrasi yang diinginkan. Contoh untuk siswa, umum atau orang tua. Oh ya satu hal lagi, jika Anda mengirimnya dalam jenis media ini, menulis 5W + 1H umumnya masih disukai. Tentunya, dengan bahasa yang dinikmati, sehingga pembaca tidak membuka halaman lain dengan kata lain dengan membosankan.

Contoh dari Laporan Perjalanan Wisata

Bab 1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Perjalanan studi berlangsung setiap tahun di Sekolah SMAN 1 Suka Maju. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada semua siswa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal-hal baru, seperti tempat bersejarah, tempat penting dan sebagai studi banding di sekolah lain.

Perjalanan tahun ini berlangsung selama 4 hari, dari 1 hingga 5 Mei 2015, dan menuju ke kota Yogyakarta dan Bandung.

Dengan mengingat hal ini, penulis membuat laporan tentang tur ini sebagai laporan tentang hal-hal yang diterima selama kegiatan ini. Selain laporan kegiatan wisata ini, penulis dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan.

1.2 Tujuan

Tujuan perjalanan ini adalah:

  1. Laporkan dan jelaskan pemandangan yang telah Anda kunjungi.
  2. Laporkan hal-hal yang diterima selama kegiatan ini.

Bab 2. Lengkapi Laporan

Laporan Perjalanan

Pada tanggal 4 Juni 2019, semua siswa menghadiri pembekalan pra-keberangkatan akhir yang berlangsung pada pukul 10:00 pagi. Pembekalan dilakukan oleh kepala sekolah, yang menyampaikan tugas yang harus diselesaikan dan pesan kepada siswa yang ingin pergi.

Pada jam 19:00 malam, rombongan diundang untuk naik bus – yang ditentukan. Ada sekitar 2 bus besar yang menampung 80 siswa dan 4 guru sebagai teman. Setelah semua masalah teknis ditangani, bus akan berangkat ke Puncak Bogor pada pukul 6:00 malam.

Pada jam 8:00 malam, bus menaiki kapal feri untuk sampai ke pulau Jawa. Semua siswa masuk kelas 2 dengan kapal feri untuk beristirahat. Setelah tiga jam perjalanan dari pelabuhan Bakauheni ke Merak, rombongan tiba di Banten pada pukul 11:00 malam dan melanjutkan perjalanan mereka ke Bandung sebagai tujuan pertama. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam, sehingga rombongan tiba di Bandung pada pukul 05.00 WIB. Kelompok itu pergi ke pusat Islam untuk berdoa, menyucikan, dan berdoa.

Rombongan kemudian melanjutkan ke Universitas Padjadjaran. Di Unpad rombongan disambut dengan hangat oleh kampus dan ikut serta dalam acara yang disiapkan oleh Unpad. Setelah kunjungan pertama mereka, rombongan menuju Trans Studio Bandung pada pukul 1:00 malam. Di sana rombongan memiliki 3 jam untuk mengunjungi Trans Studio Bandung.

Pukul 4:00 malam, rombongan dibawa ke Cibaduyut untuk membeli oleh-oleh dari Bandung. Setelah selesai, kelompok melanjutkan perjalanan mereka ke kota Yogyakarta dan tiba di WIB pada jam 8:00 malam. Karena hari sudah malam, rombongan pergi ke hotel untuk bermalam.

Keesokan harinya, rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata Yogyakarta seperti Taman Pintar, Candi Prambanan, Kraton Yogyakarta, dan jalan-jalan di Malioboro di malam hari. Kelompok itu kemudian beristirahat di hotel yang sama.

Hari berikutnya, rombongan melanjutkan perjalanan mereka ke Universitas Ahmad Dahlan dari jam 9:00 pagi sampai jam 2:00 siang, setelah acara yang disiapkan oleh kampus. Rombongan kemudian pergi ke Bakpia House, tempat Anda dapat membeli Bakpia sebagai suvenir untuk perjalanan pulang Anda.

Pukul 4:00 malam, rombongan kembali ke Bandar Lampung. Kemudian tiba di sekolah jam 7:00 pagi. Semua hal aman dan terkendali selama tur ini.

Objek yang Dikunjungi
Objek yang dikunjungi pada tur ini beragam dan mendidik, bersejarah dan menghibur. Di bawah ini adalah deskripsi pemandangan yang dikunjungi selama tur.

Universitas Padjadjaran
Universitas Padjadjaran adalah universitas terkenal di Jawa Barat. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada 11 September 1957.

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung adalah salah satu game indoor terbesar di Indonesia. Banyak game di dalam kendaraan ini – mainkan game yang menghibur dan mendidik. Parade juga sering berlangsung di studio ini.

Cibaduyut
Cibaduyut adalah pusat industri sepatu terbesar di Bandung. Tujuan belanja ini menawarkan produk-produk dari Indonesia. Selain itu, tujuan belanja ini terkenal dengan harga yang sangat wajar.

Taman Pintar
Taman Pintar adalah taman umum di kota Jogjakarta. Disebut Taman Pintar karena di taman ini banyak sekali game – game yang mengedukasi masyarakat.

Candi Prambanan
Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Kuil ini dibangun pada 850 Masehi. Kompleks ini memiliki beberapa bangunan candi yang masih utuh, yang tingginya mencapai 47 meter.

Istana Yogyakarta
Keraton Jogjakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta, yang didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono I pada 1756. Saat ini istana dihuni oleh Sultan Hamengkubuwono IX dan keluarganya.

Malioboro
Malioboro adalah tempat wisata belanja terkenal di Indonesia. Tempat ini menjual berbagai barang khas Jogja, seperti Bati dan lainnya. Tempat wisata ini buka setiap hari tetapi akan sangat ramai di malam hari karena banyak orang muda mengunjunginya.

Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan adalah universitas swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan bidang studi atau program studi di bidang teknologi, ilmu sosial dan humaniora.

Rumah Bakpia
Bakpia House adalah pusat produksi Bakpia, makanan khas Yogyakarta. Tempat ini harus dikunjungi ketika mengunjungi Jogjakarta karena merupakan tempat produksi asli dan harganya sangat murah.

Bab 3. Tutup

Kesimpulan
Dari pengalaman tur ini, dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi, terutama kota Bandung dan Jogjakarta. Selain tempat-tempat wisata, kota ini juga menawarkan tempat wisata, pendidikan dan tempat bersejarah.

Konsultasi
Tur ini sangat mudah dilakukan karena memiliki banyak kelebihan. Untuk alasan ini, kegiatan ini harus terus berlangsung di tempat lain di Indonesia.

Demikian pembahasan artikel kali ini mengenai Contoh Laporan Perjalanan. Jangan lupa sobat juga bisa menikmati artikel lainnya di rumus.co.id. Kami ucapkan banyak terima kasih dan jangan lupa ya sobat berikan komentar dan sarannya.

Baca Juga :