Contoh Konstitusi

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi tentang Contoh Konstitusi dalam kehidupan bernegara – lengkap dengan pengertian, fungsi, jenis, sifat, istilah, dan isi dasar Konstitusi supaya mudah dipahami.

Contoh Konstitusi – adalah salah satau peran yang dilakukan pemerintah dalam melakukan perubahan terhadap masyarakat, dalam bidang sosial terhadap perubahan undang – undang.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Konstitusi

Contoh-Konstitusi-1

Konstitusi adalah sebuah bentuk dari perubahan yang akan membawa bangsa Indonesia ke fase yang baru dan dapat mengubah sejarah pada masyarakat dalam Implementasi Undang-Undang Dasar.

Dalam hal ini juga akan mengatakan bahwa berbagai perubahan pada konstitusi dapat menciptakan demokrasi dan hak asasi manusia, demi menjaga keberhasilan reformasi yang diinginkan.

Karena pada tingkat ini implementasi akan melakukan kekurangan dalam perbedaan dengan nilai-nilai yang ideal pada konstitusi, seperti apa yang sudah di jelaskan dalam pasal 22 tahun 1945 dalam UUD dan NRI.

Pengertian Konstitusi pada dasarnya masyarakat akan terjebak dalam kemiskinan dalam kebijakan yang luas dalam pemilihan regional yang telah menciptakan moral.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan Pancasila

Fungsi Konstitusi

Pada konstitusi memiliki tugas dalam membatasi kewenangan dengan langkah-langkah pada negara dan akan menjamin hak-hak yang sudah diperintah untuk pelaksanaan terhadap kekuasaan.

Berikut beberapa Fungsi konstitusional umum adalah:

  1. Konstitusi akan membatasi kekuasaan dalam melakukan kesewenang-wenangan yang dilindungi oleh negara.
  2. Konstitusi dapat bertindak sebagai bentuk fakta dari suatu negara
  3. Konstitusi sebagai sumber hukum yang tertinggi.
  4. Konstitusi sebagai alat dalam membatasi kekuasaan.
  5. Konstitusi dapat bertindak sebagai identitas nasional.
  6. Konstitusi dapat bertindak sebagai pelindung hak warga negara.

Selain itu juga Konstitusi memiliki fungsi dan tujuan dalam keberadaan secara mendalam adalah:

  1. Konstitusi bertujuan untuk memberikan batasan dalam pemantauan kekuasaan politik.
  2. Konstitusi bertujuan untuk menghilangkan kontrol dalam kekuatan kontrol sendiri, dalam melaksanakan hak-hak mereka.
  3. Konstitusi bertujuan untuk menetapkan dari suatu batas-batas tertentu dan dapat juga sebagai alat yang dapat menetapkan batasan otoritas.

Baca Juga: Tugas Humas

Konstitusi di Indonesia

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa macam Konstitusi yang ada di indonesia diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Konstitusi UUD Tahun 1945

UUD 1945 adalah sebuah upaya yang dimana Indonesia akan tertulis dalam Undang-Undang Dasar 1945 dengan bentuk hukum dasar negara Indonesia yang diatur dalam dokumen yang resmi.

B. Konstitusi RIS 1949

Konstitusi RIS 1949 adalah sebuah bentuk RIZ yang mulai berlaku pada tanggal 27 Desember 1949 dengan ketetapan yang ditulis dalam sebuah dokumen.

C. Konstitusi sementara tahun 1950

Konstitusi sementara tahun 1950 adalah sebuah bentuk Konstitusi, yang telah berlangsung dari 17 Agustus 1950 hingga 5 Juli 1959 dengan perkembangannya yang sudah tertulis.

D. Konstitusi Tahun 1945

Konstitusi Tahun 1945 adalah salah satu bentuk konstitusi yang sampai sekarang ini masih sring digunakan di Indonesia karena hal ini benutk dari dokumen yang resmi.

Baca Juga: Asas Pemerintahan Daerah

Contoh Hukum Konstitusi

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan bebeapa bentuk dan contoh konstitusi yang diterapkan di Indonesia adalah:

1. Hukum Dalam UUD 1945

Hukum Dalam UUD 1945 adalah sebuah hukun yang sudah di ralat secara resmi dan telah di deklarasi kan dalam kemerdekaan dan akan diterapkan dalam perjalanannya.

Maka dalam gagasan ini bertujuan untuk pembangunan nasional yang sehubungan dengan negara-negara asing dalam kemerdekaan dan ideologi Pancasila. Dengan lembaga negara yang akan memastikan hak dan kewajibannya

Beberapa contoh hukum konstitusi di Indonesia adalah:

  • Konstitusi sejak tahun 1945 Setelah kemerdekaan dan telah diterapkan dari 1945 hingga 27 Desember 1949 dalam hasil konferensi meja bundar.
  • UUD 1945 akan melanjutkan bentuk negara kesatuan secara otomatis akan digunakan kembali.
  • Presiden saat itu telah memiliki wacana dalam pembentukan konstitusi yang baru dengan pembentukan Majelis Konstituante.
  • UUD 1945 Pada masa pemerintahan secara resmi dapat digunakan kembali dalam implementasi dan akan memuncak dengan pemberontakan.
  • Pada tahun 1998 pemerintah telah berakhir melakukan demonstrasi besar-besaran mahasiswa yang disebut periode reformasi.

2. Hukum Adat Istiadat

Hukum Adat Istiadat adalah salah satu bentuk badan hukum dalam kebiasaan dan norma yang selalu dipatuhi pada masyarakat Indonesia.

Misalnya:

Upacara untuk dapat menghormati orang lain, dan selalu tunduk pada pemerintah maka dalam hal ini akan termasuk kedalam norma dan konstitusi yang tidak tertulis.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Contoh Konstitusi dalam bidang politik, semoga berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: