Contoh Ketahanan Nasional

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi tentang Tugas Contoh Ketahanan Nasional indonesia sebagai politik dan dalam bidang ekonomi – lengkap dengan pengertian, aspek, tujuan, fungsi supaya mudah dipahami.

Ketahanan Nasional – Pertahanan nasional adalah salah satu kondisi dari suatu bangsa untuk mengembangkan kekuatan dalam menghadapi semua jenis dan bentuk ancaman dari negara luar yang akan merusak secara internal maupun eksternal.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Ketahanan Nasional

Contoh-Ketahanan-Nasional

Ketahanan Nasional adalah sebuah kondisi yang dinamis dari suatu bangsa yang mengandung kegigihan dalam ketahanan yang mampu memperjuangan ketahanan dalam menghadapi semua tantangan baik secara internal maupun eksternal.

Maka dalam hal ini dapat berkembang secara langsung dan akan membahayakan integritas dalam kelangsungan hidup bangsa dan negara untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasional.

Sehingga dari berbagai ancaman terkadang akan membahayakan keamanan, untuk menghadapi rakyat Indonesia dari sebuah kemampuan, keuletan, dan kegigihan tingkat nasional.

Kondisi ini juga dapat dikatakan dalam siklus dari bangsa dalam hal ketahanan nasional serta dapat dipromosikan sesuai dengan kondisi dan ancaman yang akan dihadapi.

Ketahanan nasional juga mengandung ketahanan atau ketahanan yang mampu mengembangkan kekuatan dalam mengatasi semua jenis ancaman demi kelangsungan hidup negara internal atau eksternal.

Baca Juga: Tugas Komnas Ham

Konsepsi Ketahanan Nasional

Konsep ketahanan nasional dalam sebuah pengembangan dan kekuatan nasional sehingga dapat diimplementasikan dalam tingkat keamanan yang seimbang adalah.

Sifat Ketahanan Nasional

  • Inti dari Ketahanan Nasional adalah sebuah keuletan atau ketahanan bangsa, yang mencakup dalam kemampuan untuk mengembangkan demi kelangsungan hidup bangsa.
  • Inti dari konsep Ketahanan Nasional adalah sebuah regulasi yang seimbang serta dapat diimplementasikan dalam semua aspek kehidupan nasional.

Prinsip Ketahanan Nasional

Prinsip ketahanan nasional Indonesia meliputi dari.

  • Prinsip kesejahteraan atau keamanan.
  • Prinsip komprehensif dalam integral atau komprehensif.
  • Prinsip introspektif dalam bidang internal dan eksternal.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan Pancasila

Kasus Ketahanan Nasional

Dari sebuah kasus yang timbul dari negara tetangga malaysia berhasil memenangkan dan menyandang slogan “Truly Asia” berulang kali dari budaya indonesia.

Miliknya:

  • Malaysia mengklaim dan mematenkan motif batik “Parang Rusak”, angklung, wayang kulit untuk Rendang. Sekretaris Jenderal Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata besar setelah melakakuan klaim.
  • Seniman Ponorogo kaget melihat munculnya tarian Barongan, yang sangat mirip dengan Reog Ponorogo. Meskipun Pemerintah Kabupaten Ponorogo.
  • Pada acara “Glorious Archipelago 2007” di Bandung dalam mengancam pemerintah Indonesia terhadap lagu “Rasa Sayange”
  • Tarian pendet menjadi program Discovery yang berjudul “Enigmatic Malaysia”, yang muncul pada hari senin dalam tarian pendet.

Baca Juga: 3 Tipe Budaya Politik

Tujuan Ketahanan Nasional

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa Tujuan Ketahanan Nasional adalah sebagai berikut:

  • Ketangguhan – adalah salah salah satu bentuk dalam membuat seseorang atau sesuatu secara bertahan dalam mengatasi beban yang dibawanya.
  • Kegigihan – Merupakan upaya yang aktif dengan kemampuan keras untuk menggunakan sebuah keterampilan untuk mencapai tujuannya.
  • Identitas – adalah karakteristik sari suatu bangsa secara keseluruhan dalam bidang organisasi dan komunitas sebagai peranan internasionalnya.
  • Integritas – Yaitu salah satu bentuk dalam kesatuan umum dalam kehidupan nasional baik potensial maupun fungsional.
  • Ancaman – adalah salah satu hal perusahaan yang akan mengubah atau merevisi kebijakan dengan upaya yang bersifat konseptual dan politis.
  • Hambatan dan gangguan – adalah salah satu bentuk dari sesuatu bisnis yang datang dengan sendirinya dalam konsep yang melemah atau menghalangi.

Baca Juga: Contoh Konstitusi

Contoh Ketahanan Nasional

Contoh ketahanan nasional dapat memberikan motivasi untuk melindungi hal-hal dalam kepentingan nasional dengan melakukan klaim dari beberapa karya dan budaya nasional.

Misalnya dalam sebuah contoh sekelompok di masyarakat dalam bidang ekonomi.

Contoh Ketahan Nasional Dari Aspek Ekonomi
Sistem ekonomi dalam kehidupan di masyarakat akan menambah gaya bagi perekonomian dengan sistem ekonomi liberal dari gabungan orientasi pasar yang murni.

Dalam hal ini akan menambah nilai yang sensitif terhadap pengaruh eksternal, dalam sebuah perencanaan dan kontrol dari pemerintah yang kurang sensitif kepada pengaruh pasar.

Aspek Ekonomi salah satu upaya kolektif dari setiap warga negara yang memiliki untuk menjalankan ekonomi dengan tindakan mensejahterakan bangsa.

Dalam perekonomian di masyarakat akan diketahui oleh pemerintah dalam sektor swasta secara makro dengan sistem dalam sebuah gambaran ekonomi kerakyatan agar dapat terpenuhi.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan Contoh Ketahanan Nasional dalam bidang ekonomi, semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: