Contoh Kearifan Lokal

Posted on

Assalamualaikum,,, pada kesempatan ini rumus.co.id akan membahas artikel makalah tentang Contoh Kearifan Lokal dari berbagai budaya, lengkap dengan, pengertian, fungsi, unsur, ciri ciri, wujud dan contohnya supaya mudah di pahami.

Kearifan Lokal Itu- Kearifan lokal adalah sebuh budaya yang biasanya diwariskan secara lisan yang memiliki dalam cerita rakyat dengan menambah ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui kehadiran penghuni tertentu dengan pengalaman pada budaya dan kondisi alam suatu tempat.

Langsung saja simak artikel di bawah ini…?

Kearifan Lokal Adalah

Contoh-Kearifan-Lokal

Kearifan lokal adalah sebuah ilmu pengetahuan dalam bentuk eksplisit yang berasal dari masyarakat dan lingkungan di wilayah tersebut dan berdasarkan apa yang telah dialami.

Dalam hal ini juga terdapat di daerah masing-masing tergantung pada lingkungan dan kebutuhan hidup, terdiri dari dua kata, kearifan (wisdom), yang berarti kearifan, dan local (lokal), yang berarti ranah lokal.

Secara umum dapat juga memahami kearifan lokal berarti ide-ide dengan nilai-nilai dari pandangan yang memiliki sifat bijak dan berharga yang mengikuti dan percay dari generasi.

Menurut kamus Bahasa Indonesia-Bahasa kearifan lokal terdiri dari dua wilayah, kearifan dan lokal dan memiliki makna sebagai pembentukan nilai dan ide yang penuh dengan kearifan dari pandangan lokal yang bijak oleh anggota masyarakat.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Kearifan Lokal yang Tidak Berwujud

Kearifan lokal yang tidak berwujud adalah sebuah nasihatyang di ucapkan dengan lisan dari turun-temurun yang berupa lagu dan nyanyian pujian dengan nilai-nilai pengajaran tradisional.

Kearifan atau bentuk-bentuk immaterial lainnya dengan nilai-nilai sosial yang akan diwariskan secara verbal dari generasi ke generasi.

Berikut contoh kearifan lokal yang menggabungkan etika lingkungan adalah.

  • Bernapaslah dengan kekuatanku dan semuanya memiliki batasan dari sumber daya alam dan lingkungan.
  • Bagian dari alam yang harus mencintai alam.

Ruang Lingkup Kearifan Lokal

Kearifan lokal adalah sebuah fenomena yang luas dengah ruang lingkup terhadap kearifan lokal yang sangat beragam dan tidak dibatasi oleh ruang lingkup nya.

Maka kearifan lokal lebih menekankan pada lokasi dan kearifan lokal yang harus dijadikan dalam suatu komunitas karena interaksi dengan lingkungan dan dukungan komunitas dan budaya lain.

Baca Juga: Ruang Lingkup Biologi

Fungsi Kearifan Lokal

pembahasan di atas sudah cukup jelas, bahwa sebuah sistem tentang kearifan lokal, dan kami juga akan memberikan fungsi dari kearifan lokal adalah sebagai berikut.

  • Pengembangan sumber daya manusia sebagai bagian dari upacara siklus yang hidup dan dalam konsep dua tahap.
  • Berfungsi sebagai kepercayaan dengan bentuk, saran dan sastra.
  • Dapat melindungi sumber daya alam.
  • Melayani pengembangan budaya dan ilmu pengetahuan
  • Memiliki makna moral dan etika dalam upacara pemberian dan pemurniaN.
  • Memiliki makna sosial dengan budaya dan upacara integrasi relatif atau komunal.
  • Penting secara sosial sebuah upaya dalam bentuk upacara eksploitasi pertanian.
  • Memiliki makna politis dengan kekuatan pada pelanggan.

Baca Juga: Daur Biogeokimia

Ciri Ciri Kearifan Lokal

Dalam kearifan lokal dengan sifatnya maka terdapat juga ciri-cirinya sebagai bentuk dari, yaitu:

  • Merupakan sebuah benteng dengan perlindungan terhadap pengaruh budaya asing.
  • Memiliki kemampuan yang dapat menggabungkan atau mengintegrasikan budaya asing.
  • Pengendalian terhadap lingkungan
  • Kemampuan menyerap budaya asing
  • Kemampuan memberi arahan bagi pengembangan budaya

Kearifan lokal dapat berkembang bersama masyarakat dan lingkungan dari berbagai daerah yang berdasarkan pengalaman dengan elemen kearifan lokal di masing-masing daerah dan lingkungannya.

Baca Juga: Daur Karbon

Contoh Kearifan Lokal

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas, disini juga kami akan menyampai beberapa contoh tentang kearifan lokal diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hutan Larangan Adat ( Riau )

Bentuk kearifan lokal dari hutan larangan adalah sebuah adat yang dibuat dengan tujuan menyatukan masyarakat sekitar untuk melestarikan hutan, sehingga dapat bekembang pada peraturan supaya tidak menebang pohon di hutan – hutan dalam bentuk dan alasan apapun.

2. Awig-Awig ( Lombok Barat dan Bali )

Awig adalah aturan dalam bentuk adat yang pada umumnya dapat berfungsi sebagai pedoman dalam tindakan dan perilaku terutama yang berkaitan dengan interaksi dan pengolahan sumber daya alam dan lingkungan.

Baca Juga: ALVEOLUS Adalah

3. Cingcowong ( Sunda / Jawa Barat )

Cingcowong adalah sbuah kegiatan dengan adat dan upacara meminta hujan dan hal ini telah dijalankan selama beberapa generasi oleh komunitas Luragung untuk melestarikan budaya dan menunjukkan bagaimana permintaan terhadap perintah Yang Mahakuasa.

4. Bebie ( Sumatera Selatan )

Hal ini merupahan salah satu kegiatan dengan adat dengan tradisi untuk menanam padi dengan tujuan panen padi selesai dengan cepat dan akan diadakan pesta yang akan dirayakan untuk mengucapkan terima kasih atas panen yang sukses.

Demikian lah sobat yang pembahasan dari kami tentang, Contoh Kearifan Lokal, lengkap dengan unsur dan karakteristiknya, semoga dari pembahasan kami ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Sistem Integumen