Contoh Kata Sambutan

Posted on

Contoh Kata Sambutan – Untuk mengawali dan juga memulai sebuah acara atau kegiatan yang sangat penting, umumnya akan selalu ada yang memberikan sebuah prakata atau bisa disebut sebagai sambutan acara.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Kata Sambutan, mari kita simak penjelasannya yang ada dibawah ini.

Contoh Kata Sambutan

Definisi Kata Sambutan

Sambutan adalah sebuah kata atau kalimat yang disampaikan diawal acara sebelum masuk kedalam inti dari acara tersebut.

Umumnya, sebuah sambutan merupakan salah satu jenis pidato yang dapat disampaikan secara tertulis ataupun lisan. Kemahiran didalam berpidato dalam memberikan suatu sambutan sangat penting bagi semua orang.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Singkat

Tujuan Dari Penyampaian Sambutan

Terdapat beberapa tujuan dari adanya penyampaian sambutan didalam suatu acara, yaitu diantaranya adalah :

  • Bertujuan untuk memberikan pengaruh positif terhadap orang lain mengenai acara yang akan dilaksanakan.
  • Memberikan suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
  • Bertujuan untuk membuat orang lain merasa senang dengan sambutan yang menghibur, sehingga sambutan yang disampaikan tidak akan membosankan.

Karakteristik Opening Speech

Terdapat beberapa ciri-ciri dari Kata Sambutan yang dapat membedakannya dengan jenis teks yang lainnya, yaitu diantaranya :

  1. Isi yang ada didalam kata sambutan umumnya berfungsi sebagai pembuka acara.
  2. Biasanya berada diawal pembukaan acara.
  3. Bersifat menasehati para pendengarnya.
  4. Umumnya disampaikan didalam forum-forum resmi.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Sambutan

Terdapat beberapa contoh kata sambutan yang akan saya sajikan disini, yaitu diantaranya sebagai berikut :

Contoh Sambutan Dari Ketua Panitia Acara

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Desa Singosari,
Yang terhormat Ketua Lembaga Acara Festival Seni Tari
Dan yang kami hormati seluruh anggota panitia yang membantu untuk menyukseskan acara ini,
Serta para tamu undangan yang sudah berkenan hadir dalam Acara Festival Seni Tari di SMK N 1 Singosari.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan atas kehadirat Allah Swt. karena atas limpahan rahmatnya lah kita semua dapat berkumpul bersama dalam acara Pundi Amal dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang satu apapun.

Sholawat dan salam senantiasa kami curahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, beliau lah penyelamat dunia dan sudah membimbing kita dari zaman yang biadab dulu menuju ke zaman yang beradap.

Para hadirin yang berbahagia.

Saya sebagai perwakilan dari seluruh panitia acara Festival Seni Tari ini ingin mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kesedian bapak dan ibu untuk menghadiri acara ini.

Tak lupa juga saya ucapkan beribu-ribu terima kasih kepada seluruh panitia acara yang sudah membantu dari awal hingga acara ini berjalan dengan baik.

Tujuan dari sambutan ini yaitu merupakan awalan acara kegiatan di sekolah yang kita cintai ini yaitu “Festival Seni Tati” dimana, didalam acara ini diikuti setidaknya dengan 5 sekolah Negeri yang alhamdulillah dapat dilaksanakan di sekolah kita yaitu SMK N 1 Singosari.

Para hadirin yang berbahagia.

Sangat besar harapan kami semoga dengan diadakannya acara ini bisa semakin rasa cinta kita akan seni yang ada di Nusantara dan juga sebagai ajang silaturahim yang terjalin antar sekolah baik murid, guru ataupun pihak pihak lain yang terlibat.

Semoga selama acara ini berlangsung kita semua bisa bekerja sama dengan baik dan saling mendukung satu sama lain agar acara ini dapat berjalan dengan lancar. Amin YA Rabbal Alamin, ihdinasiratolmustakim summa salamu’alaikum warrahmatullah wabarakattuh.

Contoh Kata Sambutan Dari Tuan Rumah

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang saya hormti Direktur dari PT BINTOrO, yang sudah diwakili oleh Bapak Narto Sunarto.
Yang kami hormati Bapak Vishal, VA selaku pembicara.
dan yang saya hormatipara hadirin dari peserta seminar yang berbahagia.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang pertama marilah kita senantiasa panjatkan puji, dan syukur atas ke Hadirat Allah SWT yang sudah melimpahkan segala rahmatnya kepada kita semua, sehingga dapat hadir di acara seminar ini.

Sholawat serta salam senantiasa kami curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua mendapatkan safa’atnya di akhir jaman nanti.

Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih dan juga selamat datang kepada para hadirin yang sudah bersedia hadir dalam acara ini. Seminar kali ini akan membahas topik “Belajar wirausaha untuk pemula dan umum”.

Seminar ini akan ditujukan bagi semua orang dan tanpa terkecuali baik yang sudah memiliki jiwa wirausaha ataupun yang masih belum mempunyai jiwa wirausaha.

Pendidikan kewirausahaan ini sangat penting dan juga menarik untuk dibahas. Tujuan dari adanya seminar ini untuk bisa memberikan bekal kepada siapapun yang berminat untuk menyelami dunia kewirausahaan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan bersama-bersama mendengarkan presentasi tentang “Belajar wirausaha untuk pemula dan umum” yang akan disampaikan oleh Bapak Drs. Vishal Aji Armansyah. Setelah itu, acara ini akan disambung dengan sesi tanya jawab.

Para hadirin yang berbahagia,

Sebelum memulai acara seminar ini, sebagai pembuka marilah kita ucap basmalah bersama-sama, “Bismillahirrahmanirrahim” dengan begitu acara ini kita mulai.

Demikianlah tadi sedikit sambutan yang dapat saya sampaikan selaku perwakilan dari tuan rumah. Wassalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakattuh.

Baca Juga : Contoh Proposal Kegiatan

Apa yang dimaksud dengan Sambutan?

Sambutan adalah sebuah kata atau kalimat yang disampaikan diawal acara sebelum masuk kedalam inti dari acara tersebut.

Apa perbedaan dari Sambutan dengan Pidato?

Sambutan adalah salah satu jenis dari Pidato yang dapat dilakukan oleh beberapa orang secara bergantian. Sedangkan, pidato hanya dapat dilakukan oleh satu orang saja.

Apa tujuan utama dari disampaikannya Sambutan?

Sambutan bertujuan untuk mengarahkan para pendengar agar mau mengikuti permintaan dari pemberi sambutan secara senang hati.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Kata Sambutan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.