Contoh Kata Pengantar

Posted on

Contoh Kata Pengantar – Bagi seseorang yang hobi dalam membuat suatu Karya Tulis, pastilah terdapat sebuah kata pengantar pada awal kalimat sebuah karya tulis tersebut.

Tetapi banyak juga sebagian orang yang hobi dalam membuat suatu karya tulis, kesusahan dalam membuat sebuah kata pengantar pada karya tulisnya.

Oleh karna itu pada kesempatan yang baik ini, saya akan memberikan beberapa contoh kata pengantar dalam membuat sebuah karya tulis.

Tetapi sebelum kita memasuki contoh-contoh kata pengantar dalam karya tulis, alangkah baiknya kita harus memahami, apa yang dimaksud dengan kata pengantar beserta komponen-komponen yang berkaitan dengannya?

Pengertian Kata Pengantar

Pertama kita pahami dahulu apa yang dimaksud dengan karya tulis?, Karya Tulis terdiri dari 2 kata, yaitu Karya & Tulis.

Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kata Karya adalah Pekerjaan, Hasil Perbuatan, Buatan, Ciptaan, Karangan (Hasil Karangan). Sedangkan Kata Tulis adalah Sebuah huruf atau angka terbuat menggunakan pena (pensil, cat, dan lain-lainnya), bersurat (sudah disetujui), & hasil tulisannya ada.

Contoh Kata Pengantar

Dari pengertian menurut KBBI diatas dapat kita simpulkan bahwa, Karya Tulis merupakan hasil yang sengaja dibuat oleh seseorang.

kedalam bentuk tulisan ataupun karangan hasil dari pikiran seseorang tersebut, yaitu berupa pengamatan & tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis.

Dalam sebuah Karya Tulis tentu saja terdapat sebuah Kata Pengantar yang menjadi bagian dari karya tulis tersebut, karena tanpa adanya kata pengantar pada suatu karya tulis, maka akan terasa kurang baik & kurang sempurna (Perfect).

Berikut adalah pengertian Kata Pengantar :

Kata Pengantar adalah Halaman yang terdapat disuatu karya tulis, berisikan ungkapan kata-kata dari Seorang Penulis atas selesainya pembuatan sebuah karya tulis.

Yaitu berupa tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan atau manfaat penulisan, serta kritik & saran yang membangun.

Kata Pengantar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : Pembukaan tulisan, Isi tulisan & Penutup tulisan.

Unsur-Unsur Kata Pengantar

Dalam sebuah Kata Pengantar terdapat unsur-unsur penting, agar kata pengantar yang kita gunakan menjadi baik bagi yang membaca karya tulis kita.

Berikut adalah unsur-unsur kata pengantar yang dapat kita terapkan :

  1. Berisikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Penjelasan mengenai adanya pembuatan penulisan suatu karya ilmiah.
  3. Penjelasan tentang pelaksanaan pada penulisan suatu karya ilmiah.
  4. Penjelasan adanya bantuan, bimbingan atau arahan dari pihak-pihak yang membantu pembuatan suatu karya tulis.
  5. Ucapan terima kasih kepada seseorang/lembaga yang membantu pembuatan suatu karya tulis.
  6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun & nama lengkap penulis tanpa dibubuhi tanda tangan.
  7. Harapan penulis atas karya tulis tersebut.
  8. Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik & saran pada karya tulis.

Penulisan Yang Baik Secara Unsur-Unsur Kata Pengantar & Contoh :

1. Berisi ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Cara membuat kata pengantar pertama yang baik adalah dengan ungkapan kata rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada paragraf pertama.

Contoh Kalimat :

” Alhamdulillah Puji syukur penulis panjatkan dengan menyebut Asma Alloh yang Maha Besar & Maha Penyayang, penulis bersyukur dengan Bimbingan Karunia & Rahmat Nya, penulis berhasil dalam menyusun karya tulis ini dengan judul (…..) “.

2. Penjelasan mengenai tujuan pembuatan penulisan suatu karya ilmiah.

Kedua yaitu samapaikan atau uraikan maksud tujuan penulis dalam membuat suatu karya tulis didalam paragraf kedua.

Contoh Kalimat :

” Tujuan penulis membuat makalah ini semata-mata, untuk memenuhi suatu kewajiban sebagai syarat dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ”

3. Penjelasan tentang pelaksanaan penulisan suatu karya tulis

Ketiga penulis harus menerangkan berapa lamanya waktu, dalam pembuatan suatu karya tulis pada paragraf ketiga.

Contoh Kalimat :

” Alhamdulillah makalah ini penulis dapat menyelesaikannya dalam waktu yang tidak lama ”

4. Penjelasan adanya bantuan bimbingan dari pihak-pihak pada suatu karya tulis

Keempat penulis harus menjelaskan & menerangkan adanya suatu dukungan atau bimbingan dari pihak-pihak tertentu dalam penulisan sebuah karya tulis, pada paragraf ke empat.

Contoh Kalimat :

” Dalam penyusunan Buku Fikih ini, penulis mendapatkan bimbingan dari Ustad Angga Murjana ”

5. Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang membantu pembuatan suatu karya tulis

Kelima penulis harus menulis ungkapan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian suatu karya tulis, pada paragraf ke empat (disertai dengan penjelasan adanya bimbingan dalam pembuatan sebuah karya tulis).

Contoh Kalimat :

” Dengan selesainya pada penulisan makalah ini, penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, telah berkenan membantu dalam proses penyusunan hingga makalah ini berhasil diselesaikan ”

6. Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun & nama lengkap penulis

Keenam dalam membuat karya tulis, Penulis harus menyebutkan nama kota, tanggal, bulan, tahun atau nama lengkap penulis, pada paragraf terakhir.

Contoh Kalimat :

” Bandar Lampung, 08 April 2005, Angga Murjana ”

7. Penjelasan tentang harapan penulis atas selesainya sebuah karya tulis 

Ketujuh dalam sebuah karya tulis, penulis harus menyampaikan suatu harapan pada karya tulisnya tersebut, pada paragraf ketujuh.

Contoh Kalimat :

” Dengan selesainya Novel ini, penulis berharap agar Novel ini bisa menjadi suatu pelajaran bagi kita semua dalam bersikap baik kepada semua makhluk hidup ”

8. Ketersediaan menerima kritik & saran pada karya tulis

Kedelapan dalam sebuah karya tulis, penulis harus bersedia dalam menerima kritik dan juga saran dari para pembaca, pada paragraf kedelapan.

Contoh Kalimat :

” Penulis menyadari bahwa makalah yang telah disusun ini, masih mempunyai banyak kekurangan, baik dalam gaya bahasa ataupun teknik penulisan. Oleh karena itu, penulis sangat senang agar para pembaca mau memberikan kritik & saran, agar karya tulis ini dapat diperbaiki dengan sempurna ”

9. Kata penutup pada karya tulis

Diakhir penulisan suatu karya tulis, terdapat kalimat yang digunakan sebagai kata penutup.

Contoh kalimat :

” Penulis berharap semoga novel ini bisa mengajarkan kita agar peduli terhadap sesama makhluk hidup ”

Contoh-Contoh Kata Pengantar

Setelah kita memahami tentang, bagaimana cara penulisan kata pengantar yang baik & benar, pada suatu karya tulis yang akan dibuat.

Selanjutnya perhatikanlah contoh-contoh kata pengantar sebuah karya tulis :

Contoh Kata Pengantar Makalah :

Kata Pengantar

Alhamdulillah atas segala Nikmat dan Karunia Alloh SWT yang diberikan kepada kita semua, dengan selesainya penulisan makalah ini, yang semoga berguna untuk membantu para Mahasiswa dalam memperluas wawasan Ilmu Management Informatika dan mampu memahami semua materi yang berada pada makalah ini.

Tidak luput juga penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak, yang telah bersedia mau membantu dalam penulisan makalah ini kepada para pembaca.

Penulis sadar bahwa pada makalah ini masih memiliki banyak kekurangannya dalam hal penyampaian, gaya bahasa, dan penulisannya masih banyak kesalahan. Penulis sangat berterimakasih, sekiranya para pembaca mau memberikan dan menyampaikan kritik serta saran, agar makalah ini dapat diperbaiki sebaik mungkin.

Akhir kata penulis berharap semoga selesainya makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amin Ya Robbal ‘Alamin.

Bandar Lampung, 08 April 2005

Angga Murjana

Contoh Kata Pengantar Novel

Kata Pengantar

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh Swt Yang Maha Pengasih, karena tanpa limpahan karunia-Nya, kami tidak akan mampu untuk dapat menyelesaikan penulisan Novel yang berjudul Ikatan Cinta 2 Negara.

Dalam pembuatan novel Ikatan Cinta 2 Negara ini penulis telah mengusahakan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun penulis hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan & kekhilafan dalam penulisan novel ini, dari segi tekhnik penulisan ataupun gaya bahasa.

Kami menyadari tanpa adanya bimbingan dan arahan dari Guru Pembimbing dan juga masukan -masukan dari berbagai pihak yang terkait dalam pembentukan novel Ikatan Cinta 2 Negara.

Novel ini dibuat dengan tujuan semata-mata untuk meningkatkan minat baca pada semua orang, karena masyarakat Indonesia mempunyai kualitas rendah dalam minat membaca. Dan penulis juga mengucapkan sangat berterimakasih kepada semua saudara-saudara yang terlibat dalam pembuatan novel Ikatan Cinta 2 Negara ini.

Akhir kata semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis dan juga para pembaca pada umumnya.

Bandar Lampung, 10 April 2003

Wisnu Marta

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Kata Pengantar beserta Pengertian, Bentuk-Bentuk, Unsur-Unsur, dan juga Contoh penulisan kata pengantar yang baik dan benar.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Puisi Kontemporer – Pengertian, Tokoh, Sejarah, Ciri, Jenis, Contoh

Contoh Prosa – Pengertian, Manfaat, Ciri, Jenis, Perbedaan

Contoh Karangan Persuasi Tema Propaganda, Kesehatan dan Politik

Contoh Karangan Argumentasi Beserta Ciri, Jenis dan Cara Membuat

Materi Terkait: