Contoh Kata Pengantar Singkat

Posted on
Contoh Kata Pengantar Singkat

Contoh Kata Pengantar Singkat – Perlu kalian ingat bahwa sebuah kata pengantar didalam suatu karya tulis seperti skripsi, makalah, karya ilmiah, ataupun laporan, bukan hanya digunakan sebagai pelengkap saja.

Sebab, sejatinya didalam sebuah Kata Pengantar tersebut berisi ucapan rasa terimakasih kpada orang-orang yang terlibat didalam pembuatan sebuah karya tulis.

Mengapa Kata Pengantar itu penting? Sebab tanpa adanya orang-orang yang terlibat didalamnya karya tulis tersebut tidak akan akan selesai. Oleh karena itu, sangat penting untuk menuliskan nama-nama orang yang membantu dalam pembuatan karya tulis sebagai penghargaan.

Definisi Kata Pengantar

Kata Pengantar adalah sebuah Halaman yang terdapat didalam suatu karya tulis, yang berisi ungkapan rasa terimakasih dan permohonan maaf yang ingin disampaikan oleh seorang penulis kepada orang-orang yang membantu menyelesaikan Karya Tulis tersebut.

Tidak hanya berisi ucapan rasa terimakasih dan permohonan maaf saja, tetapi didalamnya juga terdapat ucapan rasa syukur, tujuan, manfaat penulisan serta keritik dan saran yang membangun.

Secara umum, kata pengantar tersebut berisi 3 bagian yang perlu kalian ketahui yaitu pembukaan, isi, dan juga penutup.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar

Unsur-Unsur Pembuatan Kata Pengantar

Dalam pembuatan sebuah Kata Pengantar terdapat unsur-unsur yang sangat penting untuk diperhatikan, agar kata pengantar yang kita buat menjadi baik dan benar bagi para pembaca karya tulis kita.

Berikut ini adalah unsur-unsur dari kata pengantar yang dapat kita terapkan, yaitu diantaranya adalah :

  1. Didalamnya harus terdapat sebuah ucapan rasa syukur yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Harus memiliki penjelasan mengenai tujuan dari adanya pembuatan atau penulisan suatu karya tulis.
  3. Berisikan penjelasan mengenai pelaksanaan dari penulisan suatu karya tulis.
  4. Terdapat penjelasan mengeai adanya bantuan, bimbingan atau arahan dari berbagai pihak yang membantu pembuatan suatu karya tulis tersebut.
  5. Berisikan ucapan rasa terima kasih kepada pihak atau lembaga yang membantu menyelesaikan suatu karya tulis.
  6. Harus terdapat penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun & nama lengkap dari seorang penulis tanpa adanya tanda tangan.
  7. Adanya harapan yang diungkapkan dari seorang penulis atas karya tulis buatannya.
  8. Memiliki manfaat bagi para pembaca serta kesediaan untuk menerima kritik & saran pada karya tulisnya.

Cara Membuat Kata Pengantar Yang Baik Dan Benar

Bagi kalian yang ingin membuat sebuah Kata Pengantar, kalian harus memperhatikan langkah-langkah apa saja yang dapat digunakan untuk membuat sebuah Kata Pengantar agar menjadi baik dan benar, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Berikan Ucapan Rasa Terimakasih Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Langkah yang pertama, uraikan ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dibagian paragraf pertama atas selesainya sebuah karya tulis tersebut. Contohnya :

Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab sudah melimpahkan segala rahmat-Nya, yaitu berupa kesempatan dan pengetahuan yang diberikan kepada penulis sehingga makalah ini dapat selesai pada waktunya.

2. Berikan Penjelasan Mengenai Tujuan Dari Penulisan Karya Tulis Kalian

Selanjutnya, pada langkah yang kedua ini jangan sampai terlewatkan, sebab adanya tujuan dari pembuatan karya tulis tersebut dapat mempermudah para pembaca untuk memahaminya. Contohnya :

“Penelitian ini dibuat oleh penulis untuk memenuhi kewajiban dan juga sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas dari mata pelajaran Biologi”

3. Tuliskan Ucapan Rasa Terimakasih Kepada Para Pendukung

Pada langkah yang ketiga ini, umumnya berisikan ucapan rasa terimakasih kepada pihak yang sudah membantu proses penyusunan sebuah Karya Tulis tersebut, biasany ditulis pada paragraf ketiga. Contohnya :

“Makalah Biologi ini berisi tentang pemahaman dari Struktur Tulang Pada Manusia yang sudah semaksimal mungkin penulis susun dan selesaikan tepat pada waktunya. Dengan ini, penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah mau membantu proses penyusunan hingga makalah ini dapat diselesaikan.”

4. Adanya Kritik Dan Juga Saran

Pada paragraf yang keempat ini, berisikan sebuah kritik dan juga saran yang disampaikan oleh penulis didalam sebuah karya tulisnya. Contohnya :

“Penulis menyadari bahwa makalah tersebut masih memiliki banyak kekurangan baik didalam segi bahasa maupun teknik penulisannya. Oleh sebab itu, penulis sangat terbuka untuk menerima kritik dan juga saran yang diberikan oleh pembaca agar karya tulis ini dapat diperbaiki.”

5. Bagian Penutup

Pada bagian yang kelima ini dalah penutup, biasanya didalam bagian ini dilengkapi dengan nama terang dari seorang penulis yang disertai dengan tanda tangannya. Contohnya :

Akhir kata, kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Struktur Tulang Pada Manusia ini dapat memberikan manfaat maupun wawasan baru untuk para pembaca.

Bandar Lampung, 13 Januari 2019

Penyusun

Baca Juga : Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Kata Pengantar Singkat

Agar dapat memahami mengenai pambahasan kali ini, saya akan memberikan beberapa contoh Kata Pengantar Singkat, yaitu sebagai berikut ini :

Contoh 1 :

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan atas ke hadirat Allah Swt. sebab sudah melimpahkan segala rahmat-Nya, yang berupa kesempatan dan ilmu pengetahuan sehingga makalah ini dapat selesai oleh penulis tepat pada waktunya.

Kami ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada teman-teman yang telah bekerjasama untuk memberikan ide-ide yang sangat bagus sehingga makalah ini dapat disusun dengan baik dan benar.

Kami sangat berharap semoga makalah yang sudah kami susun ini dapat menambah pengetahuan baru bagi para pembaca. Namun terlepas dari itu semua, kami menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kata sempurna.

Sehingga kami selaku penyusun makalah ini sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi terbentuknya makalah yang lebih baik lagi.

Penyusun

Contoh 2 :

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab sudah melimpahkan segala rahmat-Nya, yaitu berupa kesempatan dan pengetahuan yang diberikan kepada penulis sehingga makalah ini dapat selesai pada waktunya.

Penelitian ini dibuat oleh penulis untuk memenuhi kewajiban dan juga sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas dari mata pelajaran Biologi tentang memahami Struktur Tulang Pada Manusia.

Makalah ini sudah semaksimal mungkin penulis susun dan selesaikan tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Dengan ini, penulis menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mau membantu proses penyusunan hingga makalah ini dapat diselesaikan.

Penulis menyadari bahwa makalah tersebut masih memiliki banyak kekurangan baik didalam segi bahasa maupun teknik penulisannya. Oleh sebab itu, penulis sangat terbuka untuk menerima kritik dan juga saran yang diberikan oleh pembaca agar karya tulis ini dapat diperbaiki.

Akhir kata, kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Struktur Tulang Pada Manusia ini dapat memberikan manfaat maupun wawasan baru untuk para pembaca.

Bandar Lampung, 13 Januari 2019

Penyusun

Contoh 3 :

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa penulis panjatkan kepada Allah Swt. atas selesainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Skripsi Singkat”.

Atas dukungan moral dan juga materil yang telah diberikan kepada penyusun makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada :

  1. Bapak Suherman, M.Pd, selaku kepala sekolah dari Universitas Terbuka, yang telah memberikan bimbingan, saran, ide serta kesempatan agar dapat menggunakan fasilitas dari Laboratorium Bahasa.
  2. Bapak Nasidin, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang senantiasa memberikan dorongan, motivasi dan juga masukan kepada kami.
  3. Ibu Lina Wardina, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang sudah banyak sekali memberikan materi pendukung, bimbingan, dan juga masukan kepada kami.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saran dan juga kritik yang membangun dari pembaca sangat kami terima guna menyempurnakan makalah ini.

Bandar Lampung, 12 Mei 2019

Tina Luna

Baca Juga : Contoh Kalimat Aktif Intransitif

Apa yang dimaksud dengan Kata Pengantar?

Kata Pengantar adalah sebuah Halaman yang terdapat didalam suatu karya tulis, yang berisi ungkapan rasa terimakasih dan permohonan maaf yang ingin disampaikan oleh seorang penulis kepada orang-orang yang membantu menyelesaikan Karya Tulis tersebut.

Bagian apa saja yang terdapat didalam Kata Pengantar yang Baik?

Secara umum, didalam kata pengantar yang baik harus berisi 3 bagian yang sangat penting didalam pembuatannya yaitu pembukaan, isi, dan juga penutup.

Apa fungsi dari penulisan Kata Pengantar?

Kata pengantar berfungsi untuk mengantarkan para pembaca kepada isi atau penjelasan-penjelasan yang terdapat di dalam suatu karya tulis yang sudah dibuat.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga membantu dan menjadi wawasan baru bagi para pembaca.