Contoh Karya Ilmiah

Posted on

Contoh Karya Ilmiah – Banyak sekali yang sudah akrab dengan karya ilmiah, terutama bagi para mahasiswa yang dituntut untuk bisa membuat sebuah karya ilmiah untuk mendapatkan gelar sarjananya dengan car menulis hasil penelitian yang disebut sebagai skripsi.

Untuk menyusun skripsi, tesis, atau disertasi yang baik, seorang mahasiswa sangat memerlukan teknik dan juga aturan penulisannya. Hal tersebut sangat penting, sebab karya tulis yang dibuat harus dapat dipertanggung jawabkan keaslian dan juga kelogisannya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan menyimak secara bersama-sama penjelasan mengenai Contoh Karya Ilmiah beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Contoh Karya Ilmiah

Definisi Karya Ilmiah

Karya Ilmiah adalah salah satu karya tulis yang dibuat dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan landasan teori dan juga metode-metode ilmiah.

Umumnya Karya Ilmiah ini berisikan sebuah data, fakta, dan juga solusi mengenai suatu masalah yang sedang diangkat atau dibahas. Penulisan dari karya ilmiah tersebut harus dilakukan secara runtut dan juga sistematis.

Karakteristik Karya Ilmiah

Untuk dapat membedakannya dengan jenis Karya Tulis yang lainnya, terdapat beberapa karakteristiknya dibawah ini :

  • Karya ilmiah yang ditulis oleh penulis harus bisa diterima dan juga dimaknai oleh pembacanya, atau dengan kata lain harus sesuai dengan makna yang hendak disampaikan.
  • Sebuah karya ilmiah harus memberikan pemahaman secara rinci dan dibuat dengan menggunakan bahasa yang tidak membuat para pembaca bingung.
  • Harus berisikan sebuah fakta yang diperoleh dari hasil analisis suatu penelitian, dan bukan diperoleh dari perasaan subjektif dari seorang penulis.
  • Pembuatan suatu karya ilmiah harus menggunakan bahasa yang baku agar dapat dengan mudah dipahami oleh para pembacanya.
  • Dalam penulisan sebuah karya ilmiah harus dibubuhi dengan penggunaan istilah-istilah keilmuan.
  • Karya ilmiah ini juga harus menggunakan kata istilah maupun kata yang memiliki makna yang sama.
  • Suatu karya ilmiah harus saling berkesinambungan antar setiap bagian ataupun subabnya dan bersifat straight forward, artinya penggunaan katanya tidak bertele-tele atau langsung ke inti pembicaraan.
  • Penulisan dari sebuah karya ilmiah harus memakai kalimat yang sifatnya efektif agar para pembaca tidak dibuat bingung dengan kata-kata yang berbelit-belit.

Baca Juga : Contoh Variabel Penelitian

Struktur Dari Karya Ilmiah

Sebuah karya ilmiah yang baik, umumnya memiliki tiga bagian penting yang ada di dalamnya, yaitu sebagai berikut :

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini merupakan salah satu bagian utama yang berisikan sebuah dasar-dasar penelitian dari suatu karya ilmiah yang dilakukan, masalah yang diangkat, dan juga mekanisme penyelesaian dari masalah tersebut.

2. Isi dan Pembahasan

Pada bagian isi ini biasanya terdiri dari satu bahkan lebih bab, atau dengan kata lain jumlah bab pada bagian ini tergantung dari seberapa rinci pembedahan dan juga pembahasan dari bahan penelitian suatu karya ilmiah.

3. Kesimpulan

Dalam bagian kesimpulan ini umumnya berisikan sebuah kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis pada bagian isi dan juga pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan oleh penulis umumnya berupa sebuah penjelasan singkat dan padat mengenai hasil analisis yang dibahas.

Contoh Karya Ilmiah

Untuk lebih memahaminya lagi, dibawah ini terdapat beberapa contoh karya ilmiah yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 : Dampak Internet Bagi Anak Dibawah Umur

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang sudah memberikan segala rahmat dan karunia-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini tepat pada waktunya yang berjudul “Dampak Internet Bagi Anak Dibawah Umur”.

Penulis sangat berharap bahwa Karya Ilmiah ini dapat memberikan informasi tentang Dampak Negatif atau Positif dari Internet yang bisa didapatkan oleh anak dibawah umur.

Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh sebab itu kritik dan juga saran yang diberikan oleh semua pihak yang bersifat membangun akan selalu saya harapkan dan akan saya terima dengan baik demi kesempurnaan dari karya ilmiah ini.

Bandar Lampung, 12 April 2016

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………….
KATA PENGANTAR………………………………
DAFTAR ISI………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN…………………………
A. Latar belakang…………………………………..
B. Perumusan masalah…………………………..
C. Tujuan penelitian………………………………
BAB II PEMBAHASAN
Kesadaran Masyarakat Untuk Mengarahkan Anak-anak yang masih dibawah umur…………………………………………..
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………………………………….
B. Saran……………………………………………………………………………………………..

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Internet dapat dibilang sebagai salah satu penemuan terbaik didalam sejarah perkembangan teknologi dunia. Sebab, seluruh manusia yang ada dibelahan bumi manapun dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Kecanggihan yang Internet berikan membuatnya dapat diakses oleh segala usia, baik itu orang tua, orang dewasa bahkan sampai anak yang usianya masih dibawah umurpun bisa mengakses Internet dengan mudah.

Sehingga, media Internet ini kerap dipergunakan oleh anak-anak yang usianya masih dibawah umur, mulai dari main game hingga menonton vidio di youtube. Dengan keadaan emosi anak yang masih “labil”, internet justru memiliki pengaruh yang sangat besar.

B. Rumusan Masalah

Apa dampak negatif internet bagi anak dibawah umur?

C. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dan juga menjelaskan kepada orang tuanya dampak negatif dari Internet bagi anak yang usianya masih dibawah umur.

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Negatif Internet Bagi Anak Usia Dibawah Umur

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua manusia yang ada di muka bumi ini, baik itu orang, remaja dan anak usia dibawah umur. Namun, tidak semua anak bisa menggunakan internet sesuai dengan kebutuhannya.

Oleh karena itu setiap orang tua harus mengetahui apa saja dampak negatif yang bisa diperoleh anak dari penggunaan Internet yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Dibawah ini terdapat beberapa dampak negatif dari Internet, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menimbulkan rasa keinginan anak untuk melakukan tindakan kekerasan, hal ini dapat terjadi karena anak sudah menonton vidio kekerasan yang dilakukan oleh orang dewasa.
  2. Membuat anak keasikan untuk menjelajahi internet hingga membuatnya lupa waktu.
  3. Kecanduan game online.
  4. Terdapa kasus bullying yang sering terjadi dan dilakukan oleh anak-anak dibawah umur.
  5. Terdapat vidio porno yang dapat dengan mudah diakses diinternet dan hal ini dapat merusak pola pikir anak.

BABIII
PENUTUP

A. Kesimpulan

Kehadiran internet didalam hidup ini memang sangat membantu kehidupan masyarakat dari berbagai kalangan. Internet dapat membantu anak didalam melakukan aktivitasnya. Tetapi, terdapat banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet.

B. Saran

Dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet bukanlah hal yang sepele. Sebab, jika sudah terlalu parah hal ini akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan oleh para orang tua.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dan sangat diperlakukan didalam keadaan ini. Orang tua juga harus senantiasa mengawasi putra-putrinya didalam memanfaatkan internet.

Baca Juga : Contoh Analisis Data

Contoh 2 : Kesehatan Itu Penting

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesehatan merupakan sesuatu yang wajib untuk dijaga oleh setiap manusia. Sebab, seseorang tidak akan bisa untuk melakukan aktivitas apapun dengan sempurna jika tubuhnya sedang tidak sehat.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuhnya, dan salah satunya adalah dengan menjaga asupan gizi yang dikonsumsi oleh tubuhnya.

Selain itu, olahraga juga sangat penting untuk dilakukan oleh setiap insan. Sebagai tambahannya, tidur pada siang hari dengan secukupnya juga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

B. Rumusan Masalah

  • Apa saja yang dapat dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan?
  • Bagaimana pengaruh dari tidur siang terhadap kesehatan tubuh manusia?

C. Tujuan Penelitian

Agar setiap manusia mengetahui bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat serta memahami pengaruh dari tidur siang bagi kesehatan tubuh manusia.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Cara Menjaga Kesehatan

Menjaga Kesehatan tubuh merupakan sesuatu yang susah-susah gampang untuk dilakukan namun wajib bagi setiap manusia. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dengan mudah, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Penuhi kebutuhan tubuh dengan asupan mineral dan juga vitamin tubuh
  • Konsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan empat sehat lima sempurna.
  • Olahraga secara teratur.
  • Istirahat yang cukup.
  • Jauhi minum-minuman yang mengandung alkohol.

B. Pengaruh Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidur siang sangat sering dilakukan oleh anak-anak yang masih berusia dini. Namun, aktivitas tersebut juga sangat sering dilakukan oleh orang dewasa. Pengaruh dari tidur siang terhadap kesehatan tubuh kita diantaranya adalah :

  • Dapat menjadi alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Bisa digunakan untuk menurunkan rasa gelisah dan juga sedih.
  • Dapat digunakan untuk menghilangkan rasa lelah.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Tidur siang merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh setiap manusia. Kegiatan tersebut memiliki beberapa manfaat. Namun, tidur siang harus dilakukan sesuai dengan waktu yang tepat.

Apabila aktivitas tersebut dilakukan dengan cara yang berlebihan, maka akan menimbulkan efek buruk yang lainnya. Oleh karena itu, segala aktivitas harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jangan sampai hal tersebut justru akan menurunkan kebugaran tubuh kita.

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar Singkat

Apa yang dimaksud dengan Karya Ilmiah?

Karya Ilmiah adalah salah satu karya tulis yang dibuat dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan landasan teori dan juga metode-metode ilmiah.

Apa saja jenis-jenis dari Karya Ilmiah?

Jenis-jenis dara Karya Ilmiah terdiri dari skripsi, makalah, tesis, dan juga disertasi.

Apa saja syarat-syarat dari pembuatan Karya Ilmiah?

Dalam pembuatan sebuah Karya Ilmiah terdapat syarat-syarat yang harus kalian perhatikan seperti Bagian Awal, Inti dan juga Bagian Akhir.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Contoh Karya Ilmiah, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua.