Contoh Karangan Persuasi Tema Propaganda, Kesehatan dan Politik

Posted on

Contoh Karangan Persuasi – istilah persuasi diartikan sebagai kata ajakan kepada seseorang dengan cara memberi alasan dan prospek yang meyakinkan. Berikut ini adalah cotoh karangan persuasi dengan berbagai tema beserta pengertian dan ciri-ciri karangan persuasi. Untuk lebih jelasnya simak pembahasa dibawah ini

Contoh karangan persuasi
Contoh karangan persuasi

Pengertian Karangan Persuasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘persuasi’ diartikan sebagai ajakan pada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek yang meyakinkannya’ atau ‘bujukan halus’ atau ‘imbauan’. Sesuai dengan namanya, karangan persuasi merupakan karangan yang bertujuan untuk mengajak, menghimbau atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Karangan persuasi juga menyajikan bukti-bukti yang menyakinkan pembaca untuk melakukan suatu hal. Karangan persuasi umumnya berupa imbauan, peringatan, ataupun iklan.

Ciri Ciri Karangan Persuasi

Untuk membedakan karangan persuasi dengan jenis karangan lainya, karangan persuasi mempunyaibeberapa ciri-ciri sebagai berikut:

  • Karangan persuasi merupakan karangan yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan hal seperti yang penulis harapkan.
  • Di dalamnya ada fakta fakta yang mendukung yang memiliki tujuan untuk meyakinkan para pembacanya.
  • Karangan persuasi tidak menimbulkan konflik di dalam karangannya.

Contoh Karangan Persuasi dan Jenisnya

Paragraf persuasi memiliki beberapa jenis yang perlu diketahui, berikut adalah contoh karangan persuasi dan jenisnya.

Contoh Persuasi Propaganda

Persuasi propaganda adalah karangan persuasi yang berupa imbauan yang disampaikan dengan keras dan jelas untuk membuat pembaca mau mengikuti imbauan yang disampaikan. Anda bisa menemukan paragraf ini pada sejumlah media cetak seperti misalnya majalah, surat kabar, atau artikel-artikel di internet.

Persuasi propaganda ini umumnya dipakai pada saat kegiatan kampanye. Sedangkan kampanye pada umumnya informasi atau ajakan yang mempunyai tujuan akhir yaitu agar pembaca ataupun pendengar mau menuruti dan melakukan isi dari ajakan kampanye tersebut.

propaganda

Contoh

Menyantap mi instan dengan nasi putih adalah hal lazim yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Padahal taukah Anda bahwa kebiasaan tersebut mampu menimbulkan dampak negative pada tubuh? Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi mi instan yang dicampur dengan nasi putih nantinya bisa mengakibatkan obesitas.

Mengapa demikian? Obesitas bisa terjadi karena zat karbohidrat dominan yang terkandung didala mi instan dan nasi putih bisa membuat perut Anda kenyang dalam waktu sementara kemudian menjadi sering lapar, yang nantinya membuat makan lebih banyak dari sebelumnya.

Jika sudah mengalami obesitas, maka tubuh akan penuh dengan makanan yang bisa mengakibatkan tumbuhnya sejumlah penyakit di kemudian hari, seperti misalnya kolesterol, kegemukan, penyakit jantung sampai ginjal. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat serta tidak mudah terserang penyakit, mulai detik ini pula Anda harus mengurangi kebiasaan mengkonsumsi mi instan yang dibarengi dengan nasi putih

Contoh Karangan Persuasi Pendidikan

Persuasi pendidikan adalah paragraf persuasi yang memiliki berupa pesan khusus di dalamnya ada hubungannya dengan dunia pendidikan. Baik itu mengajak untuk giat belajar ataupun mengajak untuk rajin sekolah

Seperti jenisnya yaitu persuasi pendidikan maka karangan ini biasanya dipakai oleh instansi pendidikan untuk menyampaikan beberapa pesan yang sekiranya mempunyai kaitan dengan dunia pendidikan

pendidikan

Contoh

Masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar mendidik peserta didiknya. Padahal, didalam mendidik anak kesabaran amat sangat diperlukan agar potensi anak bisa berkembang disebabkan tiap anak pasti berbeda potensi dan karya. Seperti yang sudah diutarakan salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan adalah proses yang panjang dan dijalani seumur hidup, yaitu ketika manusia masih kecil sampai manusia beranjak dewasa.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya guru dan orang tua murid mengajar juga mendidik anaknya dengan sabar dan berorientasi pada proses. Supaya anak bisa berkembang dengan baik dan dengan sewajarnya. Dengan begitu pula potensi anak pun dapat tumbuh berkembang dengan baik dan alami. serta latih kejujuran pada anak, karena orang pintar justru lebih berbahaya dibanding dengan orang bodoh jika tidak jujur

Contoh Karangan Persuasi Politik

Persuasi politik adalah paragraf persuasi yang tujuannya yaitu agar para pembaca berkenan untuk memilih wakil rakyat / memilih suatu partai dalam suatu pemilihan daerah maupun pada pemilihan umum. Seperti jenisnya persuasi politik, maka jenis persuasi ini biasa dipakai oleh para partai politik juga beberapa media, baik itu media cetak atau elektronik.

politik

Contoh

Pemilihan umum hanya menghitung hari. Ayo pakai hak pilih kita untuk memilih presiden yang terbaik untuk Negara Indonesia . Jangan sampai hak suara Anda disalahgunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan golput. Perlu kita ingat bahwa masa depan Negara kita selama 5 tahun bergantung oleh pilihan kita, yaitu pada april 2019. Oleh karena itu, marilah datang dan saksikan ke TPU gunakan hak pilih kita. Ingat, jadilah pemilik yang bijak.

Jangan sampai negara kita dipimpin oleh pencuri yang berkedok pahlawan, sudah waktunya negara ini besar dan dimula dari pemimpin bijak serta tegas namun tidak buas. Tinggalkan sejenak aktifitas rutinitas demi negara tercinta ini tentunya demi anak cucu kita nanti

Contoh Karangan Persuasi Kesehatan

kesehatan

Sarapan seringkali dilewatkan pada banyak orang. Alasan melewatkan sarapan pagi ternyata beraneka ragam, mulai dari tidak sempat, karena harus buru-buru untuk berangkat kerja ataupun sekolah, karena merasa belum lapar, dan karena tidak terbiasa makan pada pagi hari.

Padahal, sarapan di pagi hari adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum kita memulai kegiatan pada pagi hari. Yang mana jika kita tidak sarapan, maka tubuh akan menjadi kekurangan asupan di pagi hari yang nantinya bisa menyebabkan kurangnya tenaga saat melakukan aktivitas di siang hari.

Jika kebiasaan tidak sarapan pagi dibiarkan secara terus dan menerus maka tubuh bisa menjadi mudah sudah di pagi hari dan menjadikan tubuh tidak bertenaga saat melakukan aktivitas pada siang hari, hingga menyebabkan pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal. Dalam sarapan dianjurkan untuk tik memakan dengan porsi yang banyak, sebab sarapan dengan porsi yang banyak pun bisa menyebabkan kantuk.

Secukupnya saja, asalkan perut tidak kosong dan tubuh memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas. Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh, maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kuat serta bermanfaat.

Oleh karenanya biasakanlah diri untuk sarapan pada pagi hari, jika Anda tidak sempat untuk melakukannya Anda dapat membawa sarapan Anda dan bisadimakan saat di perjalanan menuju kantor, sekolah atau kampus.

Demikianlah pembahasan mengenai karangan persuasi, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :