Contoh Karangan Deskripsi

Posted on
Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Karangan Deskripsi – Sebelum membahas lebih jauh lagi mengenai Karangan Deskripsi, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Deskripsi?

Ya, Deskripsi adalah sebuah tulisan yang didalamnya berisi tentang penggambaran atau menjelaskan mengenai sebuah objek secara ringkas dan tepat. Misalnya seperti yang terdapat didalam sebuah karangan deskripsi.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjabaran mengenai Karangan Deskripsi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya, seperti dibawah ini.

Definisi Essay Description

Karangan Deskripsi adalah salah satu karangan yang didalamnya menceritakan suatu objek atau kejadian secara jelas, agar para pembaca bisa ikut merasakan apa yang diceritakan didalam karangan tersebut.

Namun, secara etimologis kata Deskripsi berasal dari bahasa Latin yaitu “describere” yang berarti menggambarkan atau memberikan penjelasan terhadap suatu hal atau objek tertentu.

Baca Juga : Contoh Kalimat Deskripsi

Karakteristik Essay Description

Untuk dapat memahami karangan deskripsi ini, kalian perlu memperhatikan beberapa ciri-cirinya terlebih dahulu, seperti dibawah ini :

  • Sebuah karangan yang didalamnya berisi penggambaran dari sebuah objek yang dapat diterima oleh panca indera.
  • Suatu karangan yang didalamnya menjelaskan suatu objek secara jelas.
  • Umumnya karangan ini bersifat objektif atau dengan kata lain seorang penulis akan menggambarkan sebuah objek secara nyata.
  • Karangan ini dengan metode impresionistis (subjektif), realistis (objektif) atau sikap dari seorang penulis.
  • Sebuah karangan yang disampaikan dengan gaya bahasa yang komunikatif.

Tujuan Dari Essay Description

Tujuan utama dari karangan deskripsi ini adalah supaya para pembaca dapat ikut merasakan apa yang digambarkan oleh seorang penulis. Tidak hanya itu saja, Karangan Deskripsi ini memiliki beberapa tujuan lain, seperti :

  • Bertujuan untuk memberikan sebuah arahan.
  • Menjelaskan sesuatu secara rinci.
  • Menceritakan suatu peristiwa yang dijabarkan secara jelas.
  • Berfungsi sebagai sebuah rangkuman.

Baca Juga : Contoh Kalimat Imperatif

Macam – Macam Karangan Deskripsi

Perlu kalian ketahui bahwa Karangan Deskripsi ini dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya sebagai berikut :

1. Spatial Description

Deskripsi Spatial adalah sebuah karangan yang menjelaskan sebuah objek dalam bentuk tempat atau ruangan. Atau dengan kata lain, seorang penulis akan menggambarkan sebuah tempat atau ruangan menurut faktanya.

Sehingga para pembaca dapat merasakan atau membayangkan tempat tersebut dengan jelas.

2. Realistic Description

Deskripsi Realistis adalah sebuah karangan yang menjelaskan sesuatu kepada para pembaca dengan cara yang objektif. Dengan kata lain, apapun yang dijelaskan secara objektif ini sesuai dengan fakta dan apa adanya.

3. Impressionatic Description

Deskripsi Impresionatis adalah sebuah karangan yang menjelaskan suatu objek kepada para pembacanya dengan cara yang subjektif, atau sesuai dengan apa yang dirasakan oleh seorang penulis.

Contoh Karangan Deskripsi

Agar kalian lebih memahaminya lagi, yuk perhatikan beberapa contoh yang ada dibawah ini, seperti berikut :

1. Spatial Description

Sederhana tapi nyaman. Itulah sebuah kalimat yang sangat sederhana untuk menggambarkan rumah ku. Bangunan yang berukuran 24 meter persegi tersebut, cukup membuatku nyaman dan betah untuk terus didalam rumah.

Rumah ku menghadap selatan dengan satu pintu dan dua jendela yang berada di samping kiri pintu tersebut yang dilengkapi dengan teralis besi. Tembok rumahku dicat dengan warna biru muda dan abu-abu tua.

Diteras rumahku terdapat sebuah sumur yang airnya sangat jernih, sumur tersebut merupakan sumber air yang dikonsumsi oleh keluarga besarku selama bertahun-tahun. Meski rumahku terbilang tidak besar, tapi aku sangat nyaman untuk terus berada didalam rumah.

2. Realistic Description

Dekorasi dari pernikahan Toat dan Resti memperoleh banyak pujian dari para tamu undangan. Resepsi pernikahan tersebut diselenggarakan dirumah pihak mempelai wanita yang berukuran 50 meter persegi.

Lokasi dari acara pernikahan dibagi menjadi 3 tempat, yaitu lokal pengantin, lokal konsumsi, dan lokal rest. Lokal pengantin merupakan area utama dari acara ini. Sebab merupakan sebuah tempat yang disediakan untuk kedua mempelai dan juga kedua orang tuanya masing-masing.

Pada lokal kedua, adalah area konsumsi yang terdapat dibagian sebelah kanan lokal pengantin namun letaknya agak jauh. Makanan yang terdapat dilokal konsumsi ini terdiri dari beberapa makanan berat serta lauk pauknya yang ditata sedemikian rupa.

Dan yang terakhir adalah lokal rest, yang merupakan sebuah tempat untuk para tamu undangan beristirahat sambil menikmati hidangan makanan yang sudah disediakan. Lokal ini sedikitnya tersedia 200 kursi yang empuk berenda silver yang ditata dengan rapih.

Baca Juga : Contoh Kalimat Deklaratif

Apa yang dimaksud dengan Karangan Deskripsi?

Karangan Deskripsi adalah salah satu karangan yang didalamnya menceritakan suatu objek atau kejadian secara jelas, agar para pembaca bisa ikut merasakan apa yang diceritakan didalam karangan tersebut.

Apa ciri khas yang terdapat didalam Karangan Deskripsi?

Ciri khas dari karangan ini adalah sebuah karangan yang didalamnya berisi penggambaran dari sebuah objek yang dapat diterima oleh panca indera dari para pembacanya.

Bagaimana cara membuat Karangan Deskripsi yang baik dan benar?

1. Pertema, tentukan tema yang akan dibuat.
2. Kemudian, tentukan apa tujuan dari pembuatan karangan ini.
3. Setelah itu kumpulkan informasi-informasi penting dari tema yang akan dibuat.
4. Selanjutnya, kalian sudah bisa membuat kerangka karangan.
5. Setelah itu kalian kembangkan kerangka karangan tersebut menjadi sebuah karya tulis yang padu.
6. Dan yang terakhir, kalian harus menyunting terlebih dahulu karangan tersebut agar terbebas dari kesalahan kata, ejaan atau pun alur cerita yang tidak tepat.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Karangan Deskripsi. Semoga ulasan kali ini menjadi wawasan baru untuk kita semua..