Contoh Kalimat Opini

Posted on
Contoh Kalimat Opini

Contoh Kalimat Opini – Didalam sebuah berita atau wacana terdapat banyak sekali informasi yang ada didalamnya. Tetapi, tidak semua informasi tersebut berupa sebuah fakta.

Melainkan berita atau suatu informasi juga dapat bersifat opini atau yang tidak sebenarnya, jika dijaman sekarang sering disebut sebagai berita hoax. Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Kalimat Opini, yuk simak penjelasannya.

Definisi Kalimat Opini

Kalimat opini adalah salah satu jenis kalimat yang didalamnya berisi sebuah gagasan, pandangan, tanggapan dan pendapat yang dinyatakan oleh seseorang tentang suatu hal, namun belum dapat dipastikan kebenarannya.

Karena kalimat opini adalah sebuah pemikiran seseorang atau kelompok maka dapat dikatakan sifatnya adalah subjektif atau menduga-duga. Kalimat ini dapat dinyatakan dengan berbagai macam cara, yaitu diantaranya adalah :

  • Dinyatakan secara aktif.
  • Dapat dinyatakan secara pasif.
  • Melalui verbal.
  • Melalui bahasa konotatif.
  • Dengan menggunakan gestur.
  • Melalui cara berpakaian.

Baca Juga : Contoh Kalimat Kompleks

Ciri Ciri Sentence Of Opinion

Jika melihat penjelasan mengenai kalimat opini diatas, kita dapat mengetahui hal tersebut dengan cara memahami beberapa ciri-cirinya, yaitu antara lain :

  1. Kalimat yang ada didalamnya bersifat subjektif.
  2. Kebenaran dari kalimat tersebut masih belum dapat dibuktikan.
  3. Pernyataan dari kalimat opini umumnya dapat berupa saran, gagasan, nasihat, pendapat atau argumen secara pribadi.
  4. Umumnya kalimat ini juga bersifat spekulatif atau menduga-duga.
  5. Data yang dinyatakan biasanya kurang tepat atau tidak akurat.
  6. Didalamnya sering menggunakan farsa atau kata yang bersifat mengira-ngira, seperti mungkinsaya kirajikakalau dan lain sebagainya.

Unsur Pembentuk Kalimat Opini

Selain pengertian dan ciri-ciri, kalimat opini juga memiliki beberapa unsur yang paling mendasar didalamnya, seperti yang ada dibawah ini :

1. Berdasarkan Keyakinan

Pada saat seseorang hendak mengeluarkan opininya, maka mereka harus mempunyai keyakinan atas apa yang mereka anggap sebagai kebenaran.

Namun, keyakinan tersebut tidak dapat muncul dengan sendirinya, melainkan sudah dibentuk atas beberapa hal seperti agama, adat-istiadat dan lainnya.

2. Berdasarkan Sikapnya

Sikap seseorang dalam menanggapai suatu peristiwa dapat digunakan untuk menentukan sebuah opini, baik itu sikap postif atau negatif masing-masing sikap tersebut mempunyai pengaruh bagi setiap individu.

Sehingga, siapapun yang mendengar atau melihatnya akan mendapatkan dorongan untuk memberikan opininya berdasarkan dengan keyakinan yang mereka miliki.

3. Berdasarkan Persepsi

Sebuah opini dapat terbentuk, sebab adanya sebuah persepsi dari setiap individu. Persepsi tersebutlah yang nantinya akan memberikan penilaian terhadap peristiwa yang terjadi.

Baca Juga : Contoh Kalimat Definisi

Macam – Macam Kalimat Opini

Walaupun secara umum kalimat opini bersifat subjektif, namun dalam keadaan tertentu kalimat opini dapat terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Personal Opinion, adalah salah satu opini atau pendapat yang diutarakan oleh seseorang terhadap suatu peristiwa yang tidak dipengaruhi oleh orang lain.
  • Group Opinion, adalah salah satu opini atau pendapat yang diutarakan oleh sekelompok manusia mengenai hal-hal yang berhubungan dengan orang banyak.
  • Public Opinion, adalah salah satu pandangan dari sekelompok orang yang terbentuk setelah melewati proses musyawarahyang dilakukan oleh pihak terkait yang mempunyai kepentingan terhadap suatu hal.
  • General Opinion, yaitu sebuah opini atau pendapat yang diungkapkan secara umum atau dipahami dengan seksama oleh seluruh masyarakat.

Contoh Kalimat Opini

Agar kalian lebih mengerti tentang kalimat opini, dan dapat membedakannya dengan kalimat lain, kalian perlu memperhatikan beberapa contoh dibawah ini, diantaranya adalah :

  • Sering kali orang yang kurus dianggap sebagai orang yang kurang kasih sayang.
  • Sepertinya malam ini aku tidak bisa datang kerumahmu karena sedang ada urusan mendadak.
  • Jika masakan ini ditambahkan dengan asam jawa pasti rasanya akan lebih nikmat.
  • Mungkin dia sedang bermain wanita dibelakang mu.
  • Menurut saya sate padang adalah makanan yang paling digemari di Indonesia.
  • Jika memiliki gelar sarjana yang tinggi, pasti akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Menurutku Vishal adalah pria yang paling baik dan tampan dikampus ini.
  • Saya kira kamu adalah lelaki yang baik dan mau menerima saya apa adanya.
  • Brownis ini akan semakin lembut jika ditambahkan dengan baking powder.
  • Menurutku situs rumus.co.id adalah situs informasi online terbaik tahun ini.
  • Jika kita tinggal dipedesaan mungkin suasananya akan lebih nyaman dan tenang.
  • Rumah yang dibiarkan kosong dalam waktu lama kemungkinan akan menjadi berhantu.

Baca Juga : Contoh Kalimat Deskripsi

Apa itu Kalimat Opini?

Kalimat opini adalah salah satu jenis kalimat yang didalamnya berisi sebuah gagasan, pandangan, tanggapan dan pendapat yang dinyatakan oleh seseorang tentang suatu hal, namun belum dapat dipastikan kebenarannya.

Apa perbedaan dari Kalimat Opini dan Fakta?

Fakta adalah sebuah hal atau peristiwa yang sudah pernah terjadi dan sudah pasti kebenarannya. Sebaliknya, opini merupakan sebuah mitos atau peristiwa yang belum terjadi atau hanya pendapat yang diungkapkan oleh seseorang.

Cara apa saja yang digunakan untuk menyampaikan Kalimat Opini?

1. Dinyatakan secara aktif.
2. Dapat dinyatakan secara pasif.
3. Melalui verbal.
4. Melalui penggunaan bahasa konotatif.
5. Dengan menggunakan gestur tubuh.
6. Melalui cara berpakaian.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Contoh Kalimat Opini, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua terutama adik-adik yang masih dibangku sekolah.