Contoh Kalimat Intransitif

Posted on
Contoh Kalimat Intransitif

Contoh Kalimat Intransitif – Jika berbicara mengenai pembuatan sebuah kalimat didalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, tentunya kita tak bisa lepas dari yang namanya kalimat aktif dan pasif.

Nah, berbicara mengenai kalimat aktif kita akan diperkenalkan dengan kata kerja Transitif dan Intransitif. Jika kedua kata kerja tersebut digunakan untuk membuat kalimat maka akan diperoleh kalimat Transitif dan kalimat Intransitif.

Namun, yang akan kita bahas hanya satu yaitu kalimat Intransitif. Apa sih Kalimat Intransitif itu? Apa ciri-ciri dari Kalimat Intransitif? untuk mengetahui itu semua, mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Definisi Verba

Verba atau diartikan sebagai kata kerja adalah sebuah kata yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan, keberadaan, atau menggambarkan aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang.

Pengertian Kalimat Verba Intransitif

Kalimat Intransitif atau verba intransitif adalah sebuah kata yang didalam pembuatan kalimatnya tidak memerlukan sebuah objek. Atau dengan kata lain kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak menggunakan sebuah objek.

Secara umum, didalam kalimat intransitif terdapat kata yang memiliki imbuhan seperti ber-, ter-, ke-an, ber-an dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Contoh Kalimat Langsung

Contohnya :

  • Andi bermain dengan temannya dilapangan.
  • Setelah berlari tubuhnya bercucuran keringat.
  • Para turis sedang berjemur ditengah keindahan pantai.

Ciri Ciri Kalimat Verba Intransitif

Agar kalian dapat memahami kalimat intransitif, kalian perlu memahami terlebih dahulu apa saja karakteristik yang terdapat pada kalimat intransitif. Berikut beberapa karakteristiknya, yaitu :

  1. Didalam kalimat intransitif hanya terdapat subjek dan predikat saja.
  2. Kalimat ini tidak bisa ditambahkan dengan unsur objek, seperti kata benda.
  3. Kalimat intransitif tidak bisa diubah untuk menjadi bentuk kalimat pasif.
  4. Predikat yang terdapat didalam kalimat intransitif termasuk kedalam jenis kata kerja yang terdapat berbagai macam imbuhan prefiks atau imbuhan awalan yang berbentuk ber-, ber-an, ter-, ke-an. 
  5. Namun, tidak hanya kata yang berimbuhan ber-, ber-an, ter-, ke-an saja, terdapat juga sebuah kata kerja yang berimbuhan me- juga dapat digunakan sebagai predikat klausa. Contohnya seperti menari, mengeong, menggonggong, meraung, dan lain sebagainya.

Macam – Macam Imbuhan Prefiks

Imbuhan atau Afiks adalah sebuah bunyi yang ditambahkan pada awal, akhir ataupun di tengah-tengah kata agar kata tersebut menjadi lebih padu dan memiliki makna yang mudah untuk dipahami.

Sedangkan Imbuhan Prefiks adalah sebuah afiks yang terletak diawal kata serta digunakan sebagai kata dasar, seperti bermain, tersenyum, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Contoh Kalimat Majemuk

Macam Macam Imbuhan Prefiks

Jenis imbuhan ini terdiri dari beberapa macam, yaitu seperti dibawah ini :

  • me-, yaitu salah satu imbuhan yang digunakan untuk membentuk sebuah kata kerja aktif didalam kata dasarnya. Contohnya : Lempar + me = Melempar
  • ber-, yaitu salah satu imbuhan yang dapat berubah menjadi dua bentuk yaitu bel- dan juga be-. Apabila imbuhan ber- bertemu dengan sebuah kata dasar tertentu seperti yang diawali dengan konsonan, maka imbuhan ber- akan menjadi be-. Contohnya : Ajar + ber = Belajar.
  • ter-, yaitu salah imbuhan yang tidak mempunyai perubahan secara khusus, tetapi mempunyai beberapa fungsi, yaitu : sebagai pembentuk kata sifat, penunjuk makna ketidaksengajaan, dan pembentuk kata pasif, Contohnya : Baik + ter = Terbaik, Sungkur + ter = Tersungkur.
  • ke-, yaitu salah satu imbuhan yang tidak mempunyai perubahan namun berfungsi sebagai penunjuk urutan. Contohnya : Dua + ke = Kedua, Tiga + ke = Ketiga dan seterusnya.

Contoh Kalimat Verba Intransitif

Agar kalian lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan kalimat Intransitif, kalian dapat menyimak beberapa contoh dari kalimat Intransitif, yaitu diantaranya adalah :

  • Aku termenung pada saat mengingat kejadian masa laluku.
  • Pada ajang pencarian bakat, Tina menampilkan suara emasnya.
  • Nina membicarakan masalah nilainya dengan guru les privatnya.
  • Ayahku sedang berbicara empat mata dengan pak RT.
  • Rino berteriak saat memanggil teman-temannya.
  • Aku mulai terdiam saat mendengar berita buruk itu.
  • Para siswa kelas XII TKJ 2 berlomba-lomba untuk memperebutkan juara kelas.
  • Ayah menyuruhku untuk terus belajar agar mendapatkan juara kelas.
  • Tina adalah sahabat terbaikku pada saat aku tinggal di kampung.
  • Keyla adalah anak kedua dari sepuluh bersaudara.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi

Apa yang dimaksud dengan Intransitif?

Kalimat Intransitif atau verba intransitif adalah sebuah kata yang didalam pembuatan kalimatnya tidak memerlukan sebuah objek.

Apa yang dimaksud dengan kalimat Aktif?

Kalimat aktif adalah suatu kalimat yang subjek didalamnya melakukan sebuah pekerjaan.

Apa yang dimaksud dengan subjek?

Subyek adalah salah satu unsur yang digunakan untuk mewakili atau menggambarkan seseorang yang sedang melakukan perbuatan atau kegiatan tertentu.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Kalimat Intransitif, semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan baru bagi kita semua..