Contoh Kalimat Fakta

Posted on

Contoh Kalimat Fakta – Dalam pertemuan yang sebelumnya, kita sudah menyimak pembahasan secara rinci mengenai Kalimat Opini. Tentunya kalian sudah mengetahui bahwa Opini dan Fakta adalah dua jenis kalimat yang sangat bertolak belakang.

Kalimat Fakta

Jika di dalam Kalimat Opini mengandung sebuah hal yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Di dalam Kalimat Fakta mengandung hal-hal yang sudah pasti kebenarannya, hal ini lah yang membuatnya berbeda dengan Kalimat Opini.

Nah, Rumus.co.id akan menjabarkan mengenai Sentence Fact beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya untuk para pembaca setia. Untuk mengetahuinya yuk simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Definisi Sentence Fact

Kalimat fakta atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Sentence Fact yaitu merupakan salah satu jenis kalimat yang didalamnya menjelaskan atau mengungkapkan tentang suatu peristiwa yang kejadiannya sudah dibenarkan.

Kalimat ini sudah tidak diragukan lagi karena didukung oleh klarifikasi yang tidak dapat disangkal. Serangkaian fakta ini biasanya digunakan dalam teks berita, penulisan biografi, dll, yang jelas bahwa kalimat ini mengandung sesuatu yang dapat membuktikan keasliannya.

Sehingga, pada kenyataannya, pendapat sudah tidak ada lagi yang diungkapkan oleh antara satu orang atau orang lain. Di mana hanya ada satu situasi nyata yang telah terbukti dan diverifikasi.

Ciri – Ciri Sentence Fact

Setelah melihat pengertian yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa Sentence Fact memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini, yaitu :

  1. Sebuah kalimat yang mengandung data-data cukup akurat, seperti tempat kejadian dan kapan terjadinya atau tanggal terjadinya suatu peristiwa.
  2. Terdapat narasumber atau saksi yang bisa dipercaya tentang informasi yang sudah beredar atau diberikan.
  3. Pada prinsipnya, Sentence Fact bersifat lebih objektif.
  4. Informasi yang terdapat pada Sentence Fact yang dapat dibuktikan kebenarannya.
  5. Kalimat ini biasanya berisi data penting (kualitatif) atau bisa juga penjelasan (Kuantitatif) yang sangat mendetail seperti angka dll.
  6. Dalam Sentence Fact umumnya bisa digunakan untuk menjawab persoalan seperti 5 W + 1 H, yaitu What, Where, When, Why, Who dan juga How.

Baca Juga :
Kalimat Penjelas
Contoh Kalimat Opini
Fakta Dan Opini

Jenis – jenis Dari Sentence Fact

Secara umum, Kalimat Fakta ini dibedakan menjadi dua jenis. Berikut ini merupakan penjelasan dari kalimat-kalimat tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Kalimat Fakta Umum

Sentence Fact umum merupakan salah satu jenis kalimat fakta, di mana kebenarannya selalu berlaku dan juga berlaku secara umum.

  • Contohnya : “Matahari muncul di ufuk timur serta terbenam di ufuk barat”.

Penjelasannya :
Kita semua tentunya sudah mengetahui kebenaran dari kalimat yang ada diatas, kebenarannya mutlak dan tidak ada yang menyangkal bahwa matahari terbit di di timur dan akan terbenam di barat. Semua ini telah terjadi selama berabad-abad. 

2. Kalimat Fakta Khusus

Sentence Fact khusus merupakan salah satu jenis Kalimat fakta, di mana kebenarannya hanya berlaku untuk sementara waktu atau hanya untuk beberapa saat saja.

  • Contohnya : “Saya bersekolah di SMK Negeri 1 Bandar Lampung.”

Penjelasannya :
Jika sekarang kamu sedang menempuh pendidikan di SMK N 1 Bandar Lampung merupakan suatu kebenaran atau fakta. Akan tetapi, beberapa tahun kemudian kamu akan lulus dan tidak bersekolah lagi di tempat tersebut.

Oleh karena itu, kalimat diatas termasuk Sentence Fact Khusus karena kondisi tersebut hanya berlaku untuk sementara waktu saja atau hanya saat itu.

Contoh Kalimat Fakta

Setelah penjelasan yang ada diatas kita pahami, untuk memahaminya lagi yuk kita simak contoh Kalimat Fakta yang ada di bawah ini, yaitu :

  1. Kambing termasuk kedalam golongan hewan herbivora atau pemakan rumput.
  2. Kertas akan sangat mudah untuk terbakar jika bersentuhan secara langsung dengan api.
  3. Wanita menarik itu mempunyai kepribadian yang baik dan santun serta mempunyai kulit yang putih mulus.
  4. Bus dan Angkutan Kota merupakan sebuah kendaraan umum yang sangat sering digunakan oleh masyarakat.
  5. Kalimantan dijadikan sebagai ibukota dari Negara Republik Indonesia.
  6. Singa termasuk kedalam golongan hewan karnivora atau pemakan daging.
  7. Satu jam terdiri dari 60 menit, dan satu menit terdiri dari 60 detik.
  8. Jokowi adalah Presiden Ke Tujuh dari Negara Republik Indonesia.
  9. Novel Ayat – Ayat Cinta merupakan sebuah novel karangan dari Habiburrahman El Shirazy.
  10. Kampus UIN Raden Intan Berada di Sukarame, Bandar Lampung.
  11. Hasil perkalian dari 4 x 4 = 16.
  12. Tina bersekolah di SD N 1 Karawang, Jawa Barat.
  13. Air akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
  14. BJ. Habibie adalah presiden ketiga dari Republik Indonesia, yang lahir di Parepare.
  15. SMA adalah singkatan dari Sekolah Menengah Atas.

F.A.Q

Apa itu Kalimat Fakta?

Kalimat fakta atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Sentence Fact yaitu merupakan salah satu jenis kalimat yang didalamnya menjelaskan atau mengungkapkan tentang suatu peristiwa yang kejadiannya sudah dibenarkan.

Apa ciri utama dari Kalimat Fakta?

Ciri utama dari Kalimat Fakta yaitu mengandung data-data yang sangat akurat, seperti tempat kejadian dan kapan terjadinya atau tanggal terjadinya suatu peristiwa.

Perbedaan dari Kalimat Fakta dan Opini adalah?

Kalimat Opini adalah sebuah kalimat yang mengandung hal-hal yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Sedangkan Kalimat Fakta adalah kalimat yang didalamnya menjelaskan atau mengungkapkan tentang suatu peristiwa yang kejadiannya sudah dibenarkan.

Sekian artikel singkat pada kesempatan ini, semoga menjadi wawasan baru untuk kita semua. Terimakasih