Contoh Kalimat Deskripsi

Posted on
Contoh Kalimat Deskripsi

Contoh Kalimat Deskripsi – Jika kalian pernah menemukan sebuah kalimat yang didalamnya mengandung penjelasan atau informasi lengkap mengenai sesuatu yang sedang dibahas dalam suatu, kemungkinan kalimat tersebut adalah Kalimat Deskripsi.

Mengapa begitu? Sebab ciri ciri dari kalimat yang disebutkan diatas sama dengan kalimat deskripsi, karena kalimat ini hanya terdiri dari 3 struktur dan memiliki tujuan yang sangat jelas.

Agar kalian lebih memahami tentang Kalimat Deskripsi ini, mari kita simak penjelasan dibawah ini secara bersama-sama.

Pengertian Kalimat Deskripsi

Kalimat Deskripsi adalah sebuah kalimat yang didalamnya berisi penggambaran atau penjelasan mengenai suatu objek baik itu dari segi psikis maupun fisiknya yang dijelaskan secara rinci.

Hal-hal yang biasanya dijelaskan didalam kalimat Deskripsi berupa warna, ukuran, rasa, bentuk dan sifat-sifat lainnya yang dimiliki oleh suatu objek yang sedang dibahas dalam kalimat deskripsi.

Baca Juga : Contoh Kalimat Definisi

Ciri Ciri Kalimat Deskripsi

Secara umum, kalimat deskripsi memiliki karakteristik yang sangat jelas untuk membedakannya dengan jenis kalimat yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Didalamnya berisi penggambaran dari objek yang dibahas secara rinci.
  • Hal-hal yang dijelaskan biasanya berupa warna, ukuran, bentuk, rasa dan sifat yang lainnya.
  • Objek yang digambarkan atau dijelaskan dapat ditangkap oleh panca indera.
  • Secara umum kalimat deskripsi berisi penjelasan dari ciri-ciri fisik suatu objek.
  • Kalimat ini dibuat agar seolah-olah pembacanya dapat merasakan apa yang dijelaskan oleh seorang penulis.
  • Didalamnya banyak ditemukan sebuah frasa yang menyatakan sebuah sifat atau keadaan dari suatu objek yang dibahas.

Struktur Kalimat atau Teks Deskripsi

Selain memiliki ciri-ciri, kalimat deskripsi juga memiliki beberapa struktur yang menyusun kalimat ini, yaitu diantaranya adalah :

  1. Identifikasi, yaitu salah satu struktur yang didalamnya berisi tentang identitas seseorang atau objek yang akan dideskripsikan.
  2. Klasifikasi, adalah salah satu struktur yang didalamnya berisi tentang aturan dalam penulisannya sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.
  3. Deskripsi Bagian, adalah salah satu struktur yang berisi tentang gambaran dari sebuah objek yang berhubungan dengan apa yang sedang dibahas.

Tujuan Kalimat Deskripsi

Kalimat Deskripsi dibuat bertujuan untuk memberikan penjelasan atau menggambarkan sebuah objek kepada para pembacanya agar mereka bisa memahami isi dari kalimat tersebut.

Atau dengan kata lain kalimat ini dibuat agar para pembacanya seolah-olah merasakan secara langsung mengenai apa yang penulis gambarkan atau tuangkan didalam paragrafnya.

Baca Juga : Contoh Kalimat Intransitif

Tahapan Membuat Kalimat Deskripsi

Perlu kalian ketahui terdapat beberapa langkah dalam pembuatan kalimat deskripsi ini, yaitu antara lain :

  1. Pertama, kalian harus menentukan tema atau objek apa yang akan dibahas.
  2. Selanjutnya, kalian perlu menentukan tujuan dari objek yang akan dibahas.
  3. Kemudian kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan secara langsung terhadap apa yang akan dibahas.
  4. Selanjutnya susun data-data yang sudah dikumpulkan tadi untuk menjadi kerangka dari sebuah karangan.
  5. Terakhir, uraikan data-data tersebut untuk menjadi kalimat deskripsi yang sudah disesuaikan dengan objek yang akan dibahas.

Contoh Kalimat Deskripsi

Agar kalian lebih memahami lagi apa yang dimaksud dengan kalimat deskripsi, kalian harus menyimak beberapa contoh dibawah ini, yaitu antara lain :

  • Sapi dan kambing termasuk kedalam jenis hewan mamalia, sebab kedua hewan ini mepunyai kelenjar susu yang terletak dibagian bawah perutnya untuk menyusui anak-anaknya.
  • Komodo mempunyai lidah yang sangat panjang dan lengket yang digunakan untuk menjerat mangsanya.
  • Cicak diberikan kemampuan untuk melepaskan ekornya guna mengelabui dan terbebas dari muruhnya.
  • Pada singa jantan terdapat surau yang terlihat seperti rambut yang menutupi hampir seluruh wajahnya.
  • Hari ini aku bertemu dan berkenalan dengan seorang pria tampan yang mengenakan baju biru, celana coklat yang mengendarai mobil mewah.
  • Gajah jantan dan betina memiliki berat yang berbeda, pada gajah jantan beratnya bisa mencapai sekitar 3 ton dan beratnya hampir sama dengan dua buah bus.
  • Bunga Raflesia Arnoldi salah satu bunga yang mengeluarkan bau sangat busuk hingga menyerupai bau bangkai, bahkan bunga ini sering disebut sebagai bunga bangkai.
  • Tumbuhan kantong semar akan mendaptkan makanannya dengan cara memangsa serangga-serangga kecil yang masuk kedalam kantongnya.
  • Pohon jati akan menggugurkan daun-daunnya ketika sedang musim kemarau, hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan.
  • Ayah baru saja membeli kucing yang sangat lucu, berwarna kuning keemasan, bulunya sangat lembut dan memiliki hidung yang pesek.
  • Pantai Sari Ringgung memiliki pasir yang sangat halus dan berwarna putih bersih, tak heran jika banyak wisatawan yang pergi kesana.
  • Vishal memiliki rambut yang sangat halus, berwarna hitam pekat dan berkulit sawo matang.

Baca Juga : Contoh Kalimat Kompleks

Apa yang dimaksud dengan Kalimat Deskripsi?

Kalimat Deskripsi adalah sebuah kalimat yang didalamnya berisi penggambaran atau penjelasan mengenai suatu objek baik itu dari segi psikis maupun fisiknya yang dijelaskan secara rinci.

Tujuan dibuatnya Kalimat Deskripsi ini adalah?

Kalimat Deskripsi dibuat agar para pembaca bisa ikut merasakan apa yang dideskripsikan oleh seorang penulis.

Hal apa saja yang dijelaskan didalam Kalimat Deskripsi?

Hal-hal yang umumnya dijelaskan didalam kalimat Deskripsi dapat berupa warna, ukuran, rasa, bentuk dan sifat-sifat lainnya yang dimiliki oleh suatu objek yang sedang dibahas dalam kalimat tersebut.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Contoh Kalimat Deskripsi, semoga ulasan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi para pembaca.