Contoh Kalimat Ajakan

Posted on
Contoh Kalimat Ajakan

Contoh Kalimat Ajakan – Perlu kalian ketahui bahwa Kalimat Ajakan masih tergolong kedalam jenis kalimat perintah loh. Mengapa begitu? Sebab kalimat ajakan mengandung unsur memberikan perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Kalimat Ajakan, yuk kita simak bersama-sama pembahasan mengenai kalimat tersebut dan apa saja yang ada didalamnya.

Definisi Kalimat Ajakan

Kalimat Ajakan (Persuasif) merupakan salah satu kalimat yang didalamnya mengandung unsur mengajak atau membujuk para pendengarnya untuk melakukan apa yang diperintahkan.

Biasanya didalam kalimat ini sering menggunakan beberapa frasa yang mengandung unsur ajakan, seperti ayo, mari, ayolah, marilah dan lain sebagainya.

Contohnya :

  • Mari ikuti saya untuk melihat-lihat kebun binatang ini.
  • Ayolah, jangan terus-terusan ngambek, nanti cepet tua loh.
  • Mari kita budayakan menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Contoh Kalimat Opini

Ciri Ciri Kalimat Ajakan (Persuasif)

Seperti apa yang sudah dijelaskan diatas, Kalimat Ajakan memiliki beberapa karakteristik yang dapat membedakannya dengan jenis kalimat perintah yang lainnya, yaitu antara lain :

  1. Kalimatnya bersifat mengajak atau membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu hal.
  2. Memiliki fungsi lain, yaitu berfungsi untuk memberikan perintah, sehingga kalimatnya bisa menggunakan tanda seru (!).
  3. Jika orang yang diajak berjumlah lebih dari satu, maka harus menggunakan kata ganti orang yang bersifat jamak, seperti kawan-kawan, teman-teman, dan lain sebagainya.
  4. Kalimat ini paling sering dipakai dalam promosi, iklan, slogan, atau himbauan dan kalimat ajakan yang lainnya.
  5. Kalimat ini juga tentu memakai beberapa frasa yang mengandung unsur persuasif, seperti ayo, marilah, ayolah, mari dan frasa yang lainnya.
  6. Didalam kalimat ini juga terdapat kata “Kita“, yang berarti pembicara berusaha mengajak para pendengarnya untuk melakukan suatu hal secara bersama-sama.
  7. Didalam penulisannya, kalimat ini harus menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah diingat serta memakai rima kalimat.

Fungsi Dari Kalimat Persuasif (Ajakan)

Secara umum, kalimat ajakan memiliki beberapa fungsi yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  • Berfungsi sebagai kalimat himbauan atau perintah yang dipakai untuk memberikan perintah kepada seseorang secara langsung.
  • Digunakan sebagai bahan promosi, atau dengan kata lain kalimat ajakan dapat digunakan untuk mengajak orang membeli produk yang dipromosikan.
  • Bisa juga digunakan untuk membentuk sebuah paragraf persuasif yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat ajakan.

Macam – Macam Kalimat Persuasif (Ajakan)

Perlu kalian ketahui, bahwa kalimat ajakan atau persuasif ini terbagi menjadi beberapa macam, yaitu antaranya adalah :

  1. Persuasive Politics, salah satu kalimat ajakan yang digunakan didalam bidang politik oleh orang-orang yang terkait didalam politik dan kenegaraan.
  2. Persuasive Education, salah satu kalimat ajakan yang digunakan oleh orang-orang dalam dunia pendidikan, seperti para guru.
  3. Advertence Persuasive, salah satu kalimat yang didalamnya berhubungan dengan dunia bisinis, seperti mempromosikan suatu produk.

Baca Juga : Contoh Kalimat Deskripsi

Contoh Kalimat Ajakan (Persuasif)

Setelah kita menyimak beberapa penjelasan yang ada diatas, agar lebih paham mengenai apa yang dimaksud dengan Kalimat Ajakan ini, yuk perhatikan beberapa contohnya dibawah ini :

  • Bumi ini semakin terasa panas, mari kita tegakkan program hemat energi.
  • Ayolah kita pergi ke pasar malam itu, untuk membeli beberapa barang.
  • Mari kita simak bersama-sama pembahasan dibawah ini.
  • Mari ikuti saya untuk berkeliling melihat-lihat keindahan hotel kami.
  • Teman-teman sekalian, marilah kita jauhi narkoba demi Indonesia yang sehat.
  • Ayo kita berangkat ke sekolah sekarang, nanti kita bisa telat untuk ikut upacara memperingati hari Kesaktian Pancasila.
  • Para hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita atas Kehadirat Alla Swt.
  • Nikmatilah hidup kita yang hanya sementara ini dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.
  • Marilah biasakan hidup sehat, agar kita terhindar dari segala macam penyakit.
  • Untuk membuktikan bahwa kita adalah warga negara yang baik, ayo kita pakai hak pilih kita dalam Pemilu, jangan sampai Golput yaaa!
  • Kawan – kawan yang saya sayangi, marilah kita lestarikan bumi ini dengan terus menjaga dan menanam tumbuh-tumbuhan dilingkungan sekitar kita.
  • Ayo galakkan program menanam ribuan pohon untuk menjaga bumi kita ini.
  • Marilah kita laksanakan shalat lima waktu dengan tepat waktu.
  • Belajarlah yang giat agar kamu jadi anak yang cerdas.

Baca Juga : Contoh Kalimat Definisi

Apa yang dimaksud dengan Kalimat Ajakan?

Kalimat Ajakan (Persuasif) merupakan salah satu kalimat yang didalamnya mengandung unsur mengajak atau membujuk para pendengarnya untuk melakukan apa yang diperintahkan.

Apakah Kalimat Ajakan dan Kalimat Persuasif itu sama?

Iya, sebab kalimat persusif dan ajakan didalamnya sama-sama berisikan tentang bujukan atau mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu.

Umumnya Kalimat Ajakan ini menggunakan beberapa Frasa yang mengandung unsur Persuasif, seperti?

Didalam penulisan kalimat ajakan ini sering menggunakan beberapa frasa yang mengandung unsur ajakan, seperti ayo, mari, ayolah, marilah dan lain sebagainya.

Sekian dari pembahasan kali ini tentang Contoh Kalimat Ajakan beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya, semoga ulasan kali ini bermanfaat.