Contoh Hedonisme

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali ini kami akan membahas materi Contoh Hedonisme dalam kehidupan sehari hari – lengkap dengan pengertian, konsep, aspek, tujuan, dan fungsinya supaya mudah dipahami.

Contoh Hedonisme – adalah suatu pandangan hidup dalam bidang ideologi sebagai bentuk dari gaya hidup dalam memenuhi kesenangan atau kebahagiaan kehidupan seseorang, sehingga hal ini dapat mengacu pada konsep kesenangan yang akan dicapai.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Hedonisme

Contoh-Hedonisme

Hedonisme berasal dari bahasa Yunani “hedone”, yang berarti kesenangan, hal ini berarti hedonisme adalah salah satu badan ideologi dengan pandangan hidup tentang kebahagiaan yang dapat dicapai dengan mencari kesenangan.

Hedonisme sebuah bentuk orang yang berkomitmen yang disebut hedonis dari sebuah pandangan yang memiliki hubungan dengan kesenangan dari batin, kekayaan, dalam kebebasan.

Hedonisme dalam bidang Ideologi sebuah tindakan yang mengutamakan kesenangan kelompok dengan perasaan sebagai kegembiraan dan dapat dikatakan dengan kesenangan.

Hedonisme itu sendiri dapat mengasumsikan bahwa seseorang akan bahagia dan dapat menghindari perasaan yang dapat menyakitkan perasaan orang lain sebagai dari hidup perasaan manusia.

Gaya hidup hedonisme juga terkait salam pengaruh asosiasi oleh pandangan liberal tentang kehidupan, sehingga hal ini memiliki gaya hidup yang akan menjadikan hidup yang tidak pernah puas yang mereka miliki.

Baca Juga: Sumber Hukum

Faktor Terbentuknya Hedonisme

Gaya hidup yang terdapat dalam hedonisme dan terbentuk dari beberapa faktor baik secara eksternal ataupun internal.

1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah salah satu arus yang dapat memberikan informasi dengan kebiasaan dan pemahaman seseorang yang dianggap dapat menyenangkan dan dapat diadaptasikan oleh masyarakat Indonesia.

2. Faktor internal

Faktor internal adalah salah satu penyebab utama yang menjadi sifat manusia dengan memiliki kesenangan sebanyak mungkin dalam melakukan pekerjaan yang sesederhana. Selain itu juga seseorang akan memiliki sifat dasar yang tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah mereka miliki.

Baca Juga: Profil Negara Asean

Ciri Ciri Hedonisme

Dari pembahasan diatas disini juga kami akan menyampaikan Ciri Ciri Hedonisme dalam pandangan dan perilaku adalah sebagai berikut:

  • Suatu bidang dalam kepuasan atau kesenangan dari diri pribadi
  • Perasaan yang diabaikan dengan kebahagiaan dari orang lain untuk memenuhi keinginan.
  • Materi yang tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki dan selalu mencari kekayaan dalam kehidupan.
  • Mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan.
  • Pergaulan bebas.
  • Mendiskriminasikan keperluan individu berdasarkan kekayaandengan menyombongkan apa yang dimiliki.

Jenis Jenis Hedonisme

Jenis Jenis Hedonisme dalam masyarakat dibagi menjadi tiga jenis diantaranya adalah.

1. Rasionalisasi hedonisme – adalah sebuah bentuk seseorang yang mencari kesenangan tetapi tidak memahami konsekuensinya.

Misalnya:

Seseorang menggunakan narkoba untuk mendapatkan kesenangnan dan tidak memikirkan dampaknya, sehingga seseorang tersebut akan berbahaya dalam kesehatan.

2. Hedonisme psikologis – adalah sebuah bentuk dalam asumsikan bahwa seseorang diciptakan untuk bersenang-senang.

Misalnya:

Seseorang secara naluriah harus mampu menghindari sifat dan rasa sakit dalam penderitaan.

3. Hedonisme evaluatif – adalah sebuah bentuk sikap yang menyenangkan dalam konsep evaluatif hedonisme.

Miasalnya:

Hanya kesenangan yang akan dicari dalam hidup seseorang dan tidak akan mengecewakan hidup orang lain.

Baca Juga: Contoh Negara Kesatuan

Dampak Hedonisme Pada Masyarakat

Dampak Hedonisme Pada Masyarakat akan menimbulkan berbagai dampak yang dihasilkan dari masyarakat dan memiliki sifat yang tidak memuaskan.

Berikut beberapa dampak Dampak Hedonisme Pada Masyarakat:

  1. Mengkonsumsi – adalah salah satu dampak orang akan menjadi lebih suka mengkonsumsi atau mengadopsi dari objek-objek dengan keinginan dan buruk yang tidak terpenuhi.
  2. Individualis – adalah salah satu dampak seseorang yang cenderung dan akan menganggap dirinya sangat penting dari pada yang lain.
  3. Egois – adalah suatu dampak untuk mendapatkan apa yang diinginkan untuk memenuhi kebutuhannya sehingga lebih mementingkan diri sendiri tanpa peduli terhadap orang lain.
  4. Orang yang malas – dalam hal ini adalah suatu sikap Para pengikut hedonisme sebagian besar puas dengan sukacita dan gairah mereka, sehingga mereka tidak bisa menghargai waktu dan menjadi malas.
  5. Kurang bertanggung jawab – adalah suatu dampak yang biasanya lebih mudah untuk memenuhi kewajiban dan tidak bertanggung jawab kepada diri sendiri.
  6. Boros – adalah salah satu dampak untuk mencapai kesenangan dan untuk memuaskan hasrat terkadang rela mengeluarkan banyak uang demi kepentingan nafsunya.
  7. Korupsi – Korupsi adalah salah satu dampak dari hedonisme yang paling berbahaya karena akan menimbulkan ideologis kehidupan bangsa dan negara akan dirugikan.

Selain itu juga dampak dari hedonisme memiliki banyak kekurangan dan tidak memiliki kepekaan sosial sehingga akan mengkhawatirkan ketika kita sebagai manusia arus dapat merasakan situasi satu sama lain.

Begitu banyak yang menjadi korban hedonisme yang tidak dapat memenuhi hasrat mereka karena kurangnya bahan dan harus menjaga lingkungan untuk mencapai tujuan dan keinginannya.

Terlepas kekurangan dampak dari suatu hedonisme juga tampaknya memiliki beberapa keunggulan dalam bidang motivasi yang kuat untuk memenuhi keinginan sehingga seseorang tidak pernah menyerah dan putus asa.

Baca Juga: Contoh Ketahanan Nasional

4 Contoh Hedonisme

Hedonisme

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas mengenai faktor dan jenisnya maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa contoh dari Hedonisme adalah.

1. Perawatan diri pribadi

Perawatan diri pribadi terkadang memang harus dilakukan karena hal ini adalah suatu kebutuhan dan hadiah dari Sang Pencipta, namun dalam melakukannya tidak terlalu banyak menghabiskan uang yang di miliki.

Contohnya:

Beberapa artis akan melakukan operasi plastik walaupun terkadang operasi plastik sangatlah dilarang oleh agama karena sifatnya berlawanan dan ditolak oleh agama akan tetapi masih banyak juga orang yang melakukannya untuk mengimplementasikannya pada diri pribadi.

2. Memanjakan anak

Memanjakan anak adalah suatu perbuatan terkadang yang sering di lakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya, namun hal ini tidak baik dilakukan karena akan membahayakan sikap anak.

Ketika kita memanjakan anak akan berdampak negatif pada psikologi anak sehingga anak-anak akan mudah menjadi malas dan semua kebutuhannya harus tepenuhi.

3. Memiliki Kendaraan mewah

Memiliki Kendaraan mewah adalah suatu kebutuhan dalam kehidupan sehari – hari dan hal ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Namun, mobil mewah bukanlah suatu keharusan yang harus terpenuhi karena harga terlalu tinggi dan pajaknya sangatlah mahal sehingga hal ini harus merogoh uang yang banyak untuk merawat mobil mewah ini.

Biaya tambahan dalam penggunaan mobil mewah juga dapat meningkatkan nilai dolar terhadap rupiah dan dapat diekspor dari luar negeri melalui media pertukaran untuk transaksi dalam bidang internasional.

4. Gemar Berbelanja

Gemar Berbelanja adalah suatu contoh dalam hedonisme sebagau keinginan untuk membeli barang barang yang dibutuhkannya.

Misalnya:

Ketika wanita mengunjungi mal untuk membeli barang A, barang A, B, C, D, dan lainnya dibeli dalam memenuhi keinginan dari pada kebutuhan sehari harinya.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Contoh Hedonisme dalam kehidupan sehari hari dilingkungan masyarakat, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: