Contoh Daftar Riwayat Hidup

Posted on

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik dan Benar Terbaru 2019 – Apakah kalian ingin melamar pekerjaan? salah satu yang harus kalian buat untuk melamar pekerjaan adalah dengan membuat CV (curicullum vitae). Atau nama lainnya yaitu daftar riwayat hidup.

CV merupakan sebuah dokumen persyaratan untuk melamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup ialah data yang berisi tentang data diri kita, seperti identitas pribadi sampai pengalaman kerja yang pernah kita lakukan serta prestasi apapun yang pernah kita raih bisa di tulis di dalam sebuah cv.

Dokumen ini sangat penting sekali untuk kalian yang ingin melamar pekerjaan. Karena dengan dokumen tersebut akan memberi sebuah gambaran yang luas mengenai diri kita, terhadap perusahaan tempat kerja yang dituju.

Mungkin sudah banyak orang yang biasa membuat daftar riwayat hidup atau CV, namun masih banyak juga orang yang belum mengetahui bagaimana cara membuatnya yang baik dan benar agar bisa diterima oleh perusahaan.

Berikut ini akan kami ulas beberapa materi tentang cara membuat, menulis, dan mengisi daftar riwayat hidup yang baik dan benar, sebagai berikut !

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup
Contoh Daftar Riwayat Hidup

Di dalam menulis dan mengisi cv daftar riwayat hidup maka anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa materi penting tentang itu, agar surat cv anda mendapat nilai lebih di mata perusahaan yang anda lamar.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan di dalam membuat daftar riwayat hidup, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Identitas Diri

Identitas diri adalah hal yang utama di tuliskan dalam daftar riwayat hidup. Biasanya identitas diri berisikan nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, status pernikahan, email, dan nomor telepon.

Catatan Penting : Untuk alamat email anda buatlah sesingkat mungkin dan jangan berlebihaan. Karena dari format alamat email, Perusahaan sudah dapat menilai kualitas dari diri kita.

Contoh email yang baik : agushariyadi@gmail.com
Contoh email yang berlebihaan : agusgantengcool99@gmail.com

  1. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan biasanya berisikan tentang pendidikan yang pernah ditempuh. Di mulai dari awal masa pendidikan sampai pendidikan yang terakhir. Dalam hal ini umumnya terdiri dari dua macam yaitu pendidikan formal dan nonformal.

  1. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja di tuliskan jika si pelamar pernah bekerja pada tempat kerja sebelumnya, untuk meyakinkan perusahaan yang dituju jika kalian mempunyai pengalaman kerja. Tetapi bagi yang belum memiliki pengalaman, data ini tidak perlu dituliskan.

  1. Pengalaman Organisasi

Maksudnya adalah apabila si pelamar belum pernah mempunyai pengalaman bekerja sama sekali, seperti halnya pada kasus fresh graduate, biasanya pengalaman kerja diganti dengan pengalaman organisasi yang pernah dilakukan.

  1. Keahlian Khusus

Hal ini sangat penting sekali, terutama jika mencantumkan keahlian yang berhubungan dengan posisi kerja yang dilamar. Keahlian khusus ini yang biasanya menjadi salah satu hal pertimbangkan atau bisa dikatakan menjadi lirikan oleh HRD perusahaan, karena tidak semua pelamar mempunyai keahlian sama dengan posisi bidang pekerjaan perusahaan.

Contohnya seperti : Ahli mengoperasikan Ms.Office dan menggunakan komputer dengan baik.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Setelah kita mengetahui pemaparan materi diatas, maka disini kami akan berikan pula contoh daftar riwayat hidup (cv) lamaran kerja, yang menarik, tulis tangan, untuk fresh graduate, yang baik dan benar, serta file format penulisan cv kosong word.

Download Format CV Kosong Word

Berikut ini contoh format penulisan daftar riwayat hidup dalam bentuk file doc word, berikut ini preview filenya :

Contoh Format Penulisan Daftar Riwayat Hidup

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Curriculum Vitae

I. Data Pribadi

Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Alamat:
No. HP:
Jenis Kelamin:
Agama:
Kewarganegaraan:
Status:
Email
Hobbi:

II.  Pendidikan Formal  

Periode (Tahun)Sekolah / Institusi / UniversitasJurusanJenjang PendidikanIPK / UAN/ RAPOR
    
    
    
    
    

III. Pendidikan Non Formal / Training – Seminar

TahunLembaga / InstansiKeterampilan
   
   
   
   
   

IV. Riwayat Pengalaman Kerja

Periode  Instansi / PerusahaanPosisi
  
  
  
  
  

V. Penguasaan Bahasa

NOBahasaMembacaMenulisBerbicaraMendengar
      
      
      

VI. Lain-lain

…………………………………………………………………………….

Demikian CV ini saya buat dengan sebenarnya.

 

( Nama Anda )

Untuk mendapatkan file doc nya silahkan langsung saja download di tombol dibawah ini :

Anda hanya mengisi saja sesuai dengan data diri anda setelah anda unduh file diatas.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Di bawah ini contoh daftar riwayat hidup yang telah di isi untuk pelamar kerja yang baru yang belum pernah bekerja (fresh graduate) ataupun untuk pelajar dan mahasiswa :

Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Curicullum Vitae

BIODATA DIRI :

Nama : Syaifullah
Tempat/Tanggal/Lahir : Bogor/20 Juni 1997
Alamat : Jl Agrowisata 1 No.21B Bandar Lampung
No Handphone : 086233322211
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Warga Negara : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email :Syaifullah@yahoo.com

PENDIDIKAN FORMAL :

  1. SDN 1 Campang Raya Bandar Lampung
  2. SMPN 2 Bandar Lampung
  3. SMAN 7 Bandar Lampung
  4. Universitas Lampung

PENGALAMAN ORGANISASI :

  1. Ketua Paskibra SMAN 7 Bandar Lampung 2002 – 2005
  2. Sekertaris badan esekutif mahasiswa Universitas Lampung 2005 – 2007

KEAHLIAN :

  1. Sopan santun dan disiplin
  2. Menguasai microsoft word, excel, dan power point
  3. Suka blogging

Demikianlah daftar riwayat hidup saya yang saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

Syaifullah

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

Berikut contoh singkat terbaru bagi anda yang telah bekerja, sebagai berikut :

Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Curicullum Vitae

BIODATA DIRI :

Nama : Syaifullah
Tempat/Tanggal/Lahir : Bogor/20 Juni 1997
Alamat : Jl Agrowisata 1 No.21B Bandar Lampung
No Handphone : 086233322211
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Warga Negara : Indonesia
Status : Belum Menikah
Email :Syaifullah@yahoo.com

PENDIDIKAN FORMAL :

  1. SDN 1 Campang Raya Bandar Lampung
  2. SMPN 2 Bandar Lampung
  3. SMAN 7 Bandar Lampung
  4. Universitas Lampung

PENGALAMAN ORGANISASI :

  1. Ketua Paskibra SMAN 7 Bandar Lampung 2002 – 2005
  2. Sekertaris badan esekutif mahasiswa Universitas Lampung 2005 – 2007

PENGALAMAN KERJA:

  1. PT.Indormarco sebagai staff office tahun 2015
  2. Bank BCA sebagai Trainner tahun 2017

KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN:

  1. Berbahasa inggris dengan pasif
  2. Bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan lancar
  3. Menguasai internet marketing

Demikianlah daftar riwayat hidup saya yang saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

Ahmad Syaifullah

Contoh Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Bagi anda yang ingin menggunakan bahasa inggris di dalam pembuatan cv, berikut ini contohnya, atau anda juga bisa download disini cv bahasa inggris :

Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

CURRICULUM VITAE

Name : Muhammad Syaifullah
Adress : Agrowisata 1 No.21B Bandar Lampung
Place Date Of Birth : Bogor 20 Juni 1997
Gender : Male
Marital Status : Married
Nationality : Indonesia
Religion : Moslem
Email :Muhammadsyaifullah@gmail.com
Hobby : Singing and Sport

EDUCATION

  1. SDN 1 Campang Raya Bandar Lampung
  2. SMPN 2 Bandar Lampung
  3. SMAN 7 Bandar Lampung
  4. Universitas Lampung

PROFESSIONAL EXPERIENCE

  1. 2010 – State Elementary School – SDN 4 Bandar Lampung
  2. 2015 – programmer at PT Indoress

COMPUTER SKILLS

  1. Web development
  2. Internet Marketing
  3. Web designer
  4. Ms.office

LANGUAGE PROFICIENCY

  1. Indonesian : Native
  2. English : Good at daily conversation

INTEREST

  1. Fishing
  2. Reading
  3. Travelling

So I stated that the curriculum vitae above is made in truth.

Sincerely,

 

Muhammad Syaifullah

Contoh CV Menarik

Berikut kami juga akan memberikan beberapa contoh cv menarik yang bagus dan profesional untuk di gunakan.

Berikut ini beberapa contoh daftar riwayat hidup menarik, dan anda dapat mendownload file wordnya

contoh daftar riwayat hidup menarik

contoh daftar riwayat hidup menarik

contoh daftar riwayat hidup

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Mengetahui komponen yang perlu dimasukkan dalam cv penting juga menjelaskan cara menulis cv yang tepat. Jika Anda merasa sulit untuk melihat format CV yang dijelaskan di atas, lihat lah contoh-contoh CV yang telah disediakan di atas. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menulis CV yang baik dan benar agar mudah diterima oleh perusahaan rekrutmen:

  • Buatlah Seindah Mungkin: di dalam cv meskipun resmi dan formal, Anda harus melihat tampilan agar terlihat enak di pandang mata (eye catching). Anda bisa melihat dan mengedit contoh cv menarik yang telah disediakan diatas.
  • Gunakan kertas standar: Untuk jenis kertas yang biasa digunakan dalam sebuah cv yaitu kertas dengan ukuran A4 80 Gram kemudian gunakan pula kertas putih polos agar mudah di baca oleh bagian HRD Perusahaan.
  • Gunakan tanda baca, tata bahasa, dan ejaan menurut EYD: Saat menulis CV, perlu menggunakan tata bahasa dan ejaan menurut EYD sehingga pembaca dapat dengan mudah memahaminya. Jangan menggunakan bahasa non-standar (tidak baku) yang sulit dipahami perusahaan.
  • Pilih Jenis Font yang Resmi. Karakter CV umumnya digunakan sebagai karakter resmi, seperti Arial, Calibri, ataupun Times New Roman, dengan ukuran font 11 atau 12. Kami rekomendasikan gunakan ukuran 12.
  • Jangan membuat lebih dari 2 halaman. CV itu bukan cerita yang panjang, jadi buatlah seringkas mungkin tapi padat dan jelas informasinya.
  • Gaya bahasa yang Baik: Saat menulis cv, gunakan kalimat yang jelas dan terperinci dan tidak ada kalimat yang rumit. Tulis apa adanya sehingga mereka kedepannya tidak mengajukan pertanyaan yang anda tidak paham.

Ikuti beberapa langkah sebelumnya untuk membuat kurikulum yang baik dan benar, seperti yang ditunjukkan dalam contoh cv yang telah di sediakan di atas. Jika CV ditulis dengan serius, baik, benar, dan rapih maka peluang untuk di terima berkas cv andapun akan lebih besar.

Langkah Pembuatan CV

Membuat CV adalah proses pertama sebelum melamar ke perusahaan yang diinginkan untuk suatu pekerjaan. Daftar riwayat hidup yang memukau bagian SDM ( sumber daya manusia ) adalah modal yang dibutuhkan untuk menemukan pekerjaan yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak yakin cara membuat CV yang menarik, jangan khawatir. Langkah-langkah berikut dapat dilakukan langkah demi langkah untuk membuat efek dari cv sehingga menarik.

  • Lakukan pencarian pekerjaan

Pencarian pekerjaan dirancang untuk memberi Anda informasi akurat tentang perusahaan dan informasi tentang pekerjaan yang Anda lamar. Langkah ini sangat penting sebelum Anda merasakan dampak cv. Beberapa hal yang perlu diingat:

  1. Tanyakan tentang persyaratan untuk aplikasi. Kumpulkan informasi absolut tentang syarat dan pertanyaan kandidat sehubungan dengan posisi yang ditawarkan, seperti: Keterampilan, usia, dan pengalaman kerja yang harus Anda penuhi.
  2. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan. Dalam profil perusahaan, umumnya terdapat visi, misi, dan nilai-nilai yang benar-benar dipegang perusahaan. Selain etos kerja karyawan dari perusahaan-perusahaan ini, perlu diperhatikan terlebih dahulu.
  • Cari informasi CV

Sekarang setelah Anda mengumpulkan informasi dengan cermat dan komprehensif tentang aktivitas yang ingin Anda minta, sekarang saatnya untuk mengumpulkan informasi di CV Anda.

Anda mungkin sudah mengerti apa itu resume, tetapi Anda diharuskan untuk selalu memperbarui informasi resume. Karena itu, ikuti langkah-langkah ini:

Ketahui konten CV secara umum. Jika Anda seorang lulusan, Anda harus menyadari bahwa menyelesaikan cv Anda umumnya merupakan langkah yang akan membantu Anda membuat resume yang bermakna. Secara umum, curriculum vitae berisi informasi berikut:

  1. Identifikasi pribadi: nama lengkap, nomor telepon, alamat , dan email.
  2. Jurusan, jurusan dan IPK
  3. Kepribadian: sifat dan sifat yang Anda miliki
  4. Pengalaman kerja – hal-hal yang telah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya
  5. Pelatihan / Training – Pelatihan yang telah Anda ikuti selama 3 tahun terakhir
  6. Informasi pribadi lainnya – Hobi, referensi atau informasi pribadi lainnya yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar.
  • Mulai Buat CV

Sekarang setelah Anda memiliki curriculum vitae dan desain yang sesuai dengan selera Anda, saatnya untuk merasakan dampak dari kurikulum. Jika Anda melakukan langkah pertama dan kedua dengan baik, Anda akan memiliki dampak yang lebih kecil pada CV Anda. Untuk alasan ini, Anda dapat membuat lebih dari satu langkah:

  1. Tambahkan identitas Anda. Bagian pertama yang Anda tulis ke CV adalah nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan alamat email Anda. Jangan lupa lampirkan foto Anda saat ini. Untuk keluar lebih profesional.
  2. Tulis tingkat pendidikan yang singkat dan jelas. Daftar riwayat hidup berisi kualifikasi pendidikan dari TK hingga universitas. Namun, untuk curriculum vitae, hanya nilai atau derajat terakhir yang saat ini terdaftar dalam kaitannya dengan pekerjaan yang diminta.
  3. Jelaskan keterampilan dan hasil Anda. Agar lebih menarik, Anda dapat membuat diagram dampak, grafik, atau evaluasi untuk mendaftar dengan cermat keterampilan dan hasil yang telah Anda raih. Metode ini lebih efisien dan efisien dan membuat pembaca lebih sadar akan dampak kurikulum.
  4. Identifikasi pengalaman kerja dan pelatihan yang Anda hadiri. Tulis pengalaman kerja yang menarik dan tidak membosankan dengan siswa. Hubungi posisi yang Anda lamar agar tampak lebih relevan dan untuk membuktikan bahwa Anda adalah kandidat potensial.
  • Teliti Kembali CV Anda

Jangan pernah bernapas secara legah setelah selesai membuatnya. Langkah selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah membuat cv lebih menarik. Penting untuk melakukan proofreading (baca ulang) di bagian ini untuk meningkatkan kualitas cv dan memperbaiki apapun yang tertinggal yang belum di tulis Anda.

  1. Tingkatkan ejaan dan tata bahasa. Ketika Anda membaca kembali, Anda harus memperhatikan ejaan, gaya bahasa, dan tata bahasa berasal dari setiap kata yang Anda tulis. Hindari bahasa sehari-hari atau tidak baku dan bertele-tele, gunakan bahasa sesuai dengan EYD.
  2. Buat kata-kata lebih pendek, singkat, dan lebih efektif. Saat membuat cv, jangan katakan pada diri sendiri kata-kata pendek dan efektif, daripada paragraf yang panjang.

Setelah membaca dan meningkatkan gaya bahasa dan ejaan, Anda perlu melakukan hal berikut:

  1. Baca ulang daftar riwayat hidup anda seolah-olah, Anda adalah bagian SDM.
  2. Minta orang lain yang lebih berpengalaman untuk membaca resume Anda. Jika Anda merasa tidak bisa, hubungi seseorang yang sudah memiliki pengalaman yang berkerja dibagian HRD. Lihat CV yang Anda buat dan minta orang itu untuk memberikan tinjauan lebih lanjut tentang cv yang telah Anda buat.
  • Analisis CV Anda

Ini berarti Anda menganalisis cv Anda seolah-olah Anda seorang SDM yang mencari karyawan yang cocok. Ukur, Anda tertarik atau tidak dengan cv itu setelah di analisis.

Jika menurut Anda itu baik, cobalah CV kedua dari pertanyaan Anda dengan teman-teman Anda. Karena dia menilai pembuat CV lebih objektif daripada Anda.

Atau anda buat 3 cv berbeda dengan desain dan tata bahasa yang berbeda, mintalah orang lain untuk memilih mana yang lebih baik di antara cv cv yang anda buat.

Jika Anda telah membuat CV dengan tips dan trik di atas, itu berarti cv riwayat hidup Anda benar-benar meningkat. Sudah waktunya bagi Anda untuk melamar dan jangalah lupa faktor yang terpenting adalah Doa.

Demikian penjelasan mengenai contoh daftar riwayat hidup cv lamaran kerja secara lengkap. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Artikel Terkait :