Contoh Cv

Posted on

Contoh Cv – Pada seorang yang ingin membentuk suatu organisasi atau perusahaan pasti tidak asing mendengar kalimat Cv (Commanditaire Vennootschap), karena hal ini sangat berkaitan.

Apa yang  dimaksud dengan Cv (Commanditaire Vennootschap)

Contoh Cv

Pada kesempatan ini lah kita akan membahas tentang Cv (Commanditaire Vennootschap) beserta dengan komponen-komponennya, agar kita bisa memahami apa itu Cv (Commanditaire Vennootschap).

Pengertian Cv (Commanditaire Vennootschap)

Cv (Commanditaire Vennootschap) adalah Suatu bentuk usaha persekutuan yang didirikan oleh 2 orang atau lebih, yang dimana beberapa anggotnya memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dan beberapa sebagian anggota yang memiliki tanggung jawab yang terbatas.

Pada pembentukan Cv (Commanditaire Vennootschap) harus memiliki Akta yang harus didaftarkan, apabila suatu badan usaha yang dibentuk belum memiliki badan hukum.

Di Negara Indonesia sendiri memiliki suatu hukum yang mengenai tentang Badan Usaha yang dibentuk belum memiliki Badan Hukum.

Diatur dalam Undang-Undang Hukum Perdagangan pada pasal ke 16-35 yang berbunyi :

(“Apabila persekutuan yang dibentuk dengan meminjam uang, atau disebut juga dengan persekutuan komanditer, diadakan antara seorang sekutu atau lebih, dan bertanggung jawab secara pribadi seluruhnya dengan seorang atau lebih sebagai peminjam uang”).

Pada pemilik modal suatu Cv (Commanditaire Vennootschap) atau persekutuan Komanditer, dibedakan menjadi 2 jenis bagian, yaitu Sekutu Aktif & Sekutu Pasif.

Sekutu Aktif (Komplementer) : Seorang sekutu yang menjalankan perusahaan yang memiliki hak melakukan perjanjian dengan pihak ketiga.

Sekutu Pasif (Komanditer) Seorang sekutu yang hanya menyerahkan berupa modal dalam suatu persekutuan & tidak ikut turut campur dalam kepengurusan, ataupun kegiatan pada sebuah perusahaan.

Ciri Ciri Cv (Commanditaire Vennootschap)

Untuk dapat mengenali suatu badan usaha yaitu persekutuan Komanditer Cv (Commanditaire Vennootschap) dapat dilihat dari karakteristiknya. Berikut ini adalah Ciri-Ciri Cv (Commanditaire Vennootschap) :

  • Pada Cv (Commanditaire Vennootschap) terdapat 2 jenis bagian keanggotaan, yaitu Sekutu Aktif & Sekutu Pasif.
  • Pada jenis Sekutu aktif merupakan Suatu anggota yang berperan menjalankan perusahaan.
  • Pada jenis Sekutu pasif merupakan Suatu anggota yang hanya menanamkan modal pada usaha tanpa turut serta dalam menjalankan perusahaan.
  • Pada jenis Sekutu aktif memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas pada perusahaan.
  • Pada jenis Sekutu pasif memiliki tanggung jawab hanya menanamkan modal pada perusahaan.

Jenis Jenis Cv (Commanditaire Vennootschap)

Pada Persekutuan Cv (Commanditaire Vennootschap) dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

1. Persekutuan Komanditer Murni

Persekutuan Komanditer Murni adalah Suatu bentuk persekutuan komanditer yang dimana pada dalamnya hanya memiliki 1 sekutu komplementer, sedangkan pada sekutu lainnya merupakan sekutu komanditer.

2. Persekutuan Komanditer Campuran

Persekutuan Koamnditer Campuran adalah Suatu bentuk persekutuan komanditer yang berasal dari bentuk firma. Apabila firma memerlukan modal tambahan, sekutu firma dapat menjadi sekutu komplementer, sedangkan pada sekutu lainnya merupakan sekutu komanditer.

3. Persekutuan Komanditer Bersaham

Persekutuan Komanditer Bersaham adalah Suatu bentuk persekutuan komanditer yang mengeluarkan saham pada perusahaan, dan tidak bisa digunakan dalam perjual belikan. Karena sekutu komplementer & sekutu komanditer dapat mengambil satu saham atau lebih.

Kelebihan & Kekurangan Cv

Sebuah badan usaha yang berbentuk Cv (Commanditaire Vennootschap) memiliki suatu kelebihan & kekurangan tersendiri. Berikut adalah Kelebihan & Kekurangan pada Cv (Commanditaire Vennootschap) :

Kelebihan Cv

  • Pada proses pendirian Cv (Commanditaire Vennootschap) tergolong mudah.
  • Pada kemampuan manajemen badan usaha dalam bentuk CV (Commanditaire Vennootschap) umumnya lebih besar.
  • Pada bentuk usaha CV (Commanditaire Vennootschap) cenderung lebih mudah untuk mendapatkan sebuah modal dari Bank, karena lebih terpercaya.
  • Pada bentuk usaha CV (Commanditaire Vennootschap) lebih mudah berkembang, karena manajemennya dapat dikerjakan dengan profesional sehingga pengelolaan manajemennya lebih baik.
  • Pada bentuk usaha CV (Commanditaire Vennootschap) resiko perusahaan dapat ditanggung secara bersama-sama oleh sekutu yang terkait.

Kekurangan Cv

  • Pada operasional Cv (Commanditaire Vennootschap) tergantung dengan sekutu aktif yang bertindak sebagai pemimpin sekutu, sehingga perkembangan pada perusahaan tidak menentu.
  • Pada modal yang telah diserahkan kepada perusahaan sangat sulit untuk ditarik kembali.
  • Sering terjadi konflik antara sekutu pengusaha yang berada didalam Cv (Commanditaire Vennootschap).

Contoh-Contoh CV

Setelah kita membahas dan mehami apa saja yang menjadi komponen-komponen pada Cv (Commanditaire Vennootschap), Berikut adalah Contoh-Contoh Cv (Commanditaire Vennootschap) :

Contoh Cv Pertama

Contoh Cv

 

Contoh Cv Kedua

Contoh Cv

 

Contoh Cv Ketiga

Contoh Cv

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Cv (Commanditaire Vennootschap) beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Kelebihan & Kekurangan, dan Contoh Cv.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Contoh Cv Rating: 5 Diposkan Oleh: Pengunjung