Contoh Cerpen

Posted on

Contoh Cerpen – Didalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia, kita pasti pernah bertemu dengan salah satu pembahasan dari pelajaran Bahasa Indonesia tersebut yaitu mengenai Cerpen.

Cerpen atau dapat dikatakan sebagai cerita pendek merupakan salah satu jenis karya sastra yang didalamnya memaparkan kisah atau cerita tentang manusia beserta dengan seluk beluknya lewat sebuah tulisan pendek dan singkat.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Contoh Cerpen beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Definisi Cerpen

Cerita pendek atau cerpen termasuk kedalam salah satu jenis dari sebuah karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif, dimana isi dari cerita ini menceritakan sebuah kisah dari seorang tokoh.

Tokoh tersebut diceritakan beserta dengan segala permasalahan yang dilengkapi juga dengan penyelesaiannya, cerita ini ditulis secara ringkas dan juga padat.

Cerita pendek ini umumnya hanya berpusat pada satu tokoh dan situasi tertentu, dimana terdapat puncak masalah (klimaks) dan juga penyelesaiannya.

Contoh Cerpen

Baca Juga : Perbedaan Cerpen Dan Novel

Karakteristik Cerita Pendek

Terdapat beberapa ciri-ciri dari Cerpen yang dapat membedakannya dengan jenis cerita yang lainnya, seperti dibawah ini :

  • Jumlah kata yang digunakan didalam Cerpen terdiri kurang dari 10.000 kata.
  • Dapat selesai hanya dengan dibaca sekali duduk saja.
  • Umumnya, cerita pendek ini bersifat fiktif.
  • Cerita ini juga hanya memiliki 1 alur saja yaitu alur tunggal.
  • Isi yang dibahas dari cerita ini berasal dari kehidupan sehari-hari.
  • Kata-kata yang digunakan sangat mudah untuk dipahami oleh para pembaca.
  • Bentuk tulisannya pun sangat singkat bahkan lebih pendek dari sebuah Novel.
  • Bentuk penokohan yang digunakan didalam cerita pendek ini sangat sederhana.
  • Umumnya, hanya mengangkat beberapa peristiwa saja didalam hidup.
  • Kesan dan juga pesan yang ditinggalkan sangat mendalam sehingga membuat para pembaca ikut merasakan isi dari cerita pendek tersebut.

Struktur Dari Cerita Pendek

Umumnya, struktur yang dimiliki oleh cerpen sama seperti teks yang lainnya, yaitu seperti berikut ini :

  1. Abstrak
    Abstrak merupakan bagian inti dari cerpen yang nantinya akan dikembangkan menjadi serangkaian peritiwa yang terjadi didalam cerita tersebut.
  2. Orientasi
    Orientasi ini sangat berkaitan dengan keterangan waktu, suasana, dan tempat dari jalannya cerpen tersebut.
  3. Komplikasi
    Komlipaksi ini merupakan bagian yang didalamnya berisikan kejadian-kejadian yang sudah dihubungkan secara sebab dan juga akibat.
  4. Evaluasi
    Evaluasi dapat dikatakan sebagai struktur konflik yang terjadi dan mengarah kepada klimaks dan sudah mendapatkan penyelesaian dari konflik yang terjadi.
  5. Resolusi
    Resolusi yaitu salah satu struktur yang didalamnya sudah mendapatkan solusi dari permasalahan yang dialami oleh seroang tokoh yang ada didalam cerpen.
  6. Koda
    Koda merupakan bagian yang didalamnya terdapat sebuah nilai atau pelajaran yang dapat diambil oleh para pembaca dari cerita pendek tersebut.

Baca Juga : Pengertian Drama

Contoh Cerpen

Untuk lebih memahaminya lagi, kita dapat menyimak beberapa contoh dari cerpen yang ada dibawah ini, yaitu diantaranya adalah :

Contoh Cerpen Persahabatan :

“Lin, ada Fina tuh di depan rumah nyariin kamu katanya, ditemuin gih. Dia udah nungguin dari tadi soalnya.” Ucap mamanya kepada Linda yang sedang mengerjakan tugas sekolah di kamarnya.

“Mah, bilang aja aku gak ada gitu, lagi keluar atau cari alasan lain yang penting dia cepet pergi dari sini.” Pinta Linda kepada mamahnya. “Iya, udah kalau gitu nak.” Jawab mamahnya yang tidak lama keluar dari kamarnya.

Tak lama kemudian mamahnya kembali dan bertanya “Kamu kenapa kok kaya gitu sih sama Fina? Lagi marahan ya? Kasian dia, sudah jauh-jauh datang kesini kamu malah seperti ini. Fina itu anak yang baik lho, Lin.”

“Iya, memang luarnya yang sangat keliatan baik, manis, dan juga ramah. Tapi apa cuma dari situ saja mamah mengukur sifat seseorang? Dia itu dari luarnya saja yang manis. Tapi didalamnya tuh pahi, Huftt.” Jawab Linda ketus kepada mamahnya.

“Pahit gimana maksud kamu?” Timpal mamahnya. “Mamah harus tau, Fina itu sering banget ngomongin keburukan teman-temannya sendiri di belakang orangnya. Dan gak cuma itu saja, masih banyak pokoknya, yang gak bisa aku jelasin ke mamah”.

“Beda sama sih Kinar, meskipun dia Judes, ceplas-ceplos kalo ngomong sama aku. Tapi hati dia sangat tulus mah. Aku itu gak butuh temen yang baik di luar tapi jelek didalam.” Jelas Linda kepada mamahnya.

Contoh Cerpen Lucu :

Pagi itu Tika berangkat ke sekolah bersama dengan Intan sahabatnya. Sembari menyusuri lorong kelas yang setiap hari mereka lewati, Tika bertanya kepada Intan.

“Tan, menurut kamu tipe cewek yang menjadi idaman si Bagus itu kaya gimana yaaa?” Sambil tersenyum setelah mendengar pertanyaan dari sahabatnya itu, Intan pun menjawab. “Gimana ya? Setahuku sih tipe cewek yang Bagus suka itu gak muluk-muluk. Karena dia lebih suka sama cewek yang natural dan apa adanya gitu lah.”

“Hmm, owh gitu ya, berarti sih Bagus gak suka sama cewek yang hobi dandan dong?” Sambut Tika dengan wajah yang semakin berbinar-binar kegirangan. “Ya kira-kira seperti itu lah Tik.” Jawab Insan sambil senyum-senyum.

“Terus aku harus gimana dong supaya wajah ku tetep cantik meskipu gak pake make up yang tebal?” Tanya Tika lagi kepada sahabatnya. “Coba deh kamu pakai masker bengkoang dan juga scrub gula pasir biar bibir kamu jadi merah merona gitu” Jawab Intan memberi solusi kepada sahabatnya.

“Wah, iya juga ya, nanti malam mau ku coba deh Tan, ya mudah-mudahan bisa merubah penampilan aku, walaupun gak pakai makeup tebal”. Selama beberapa hari ini Tika sudah mencoba ide yang diberikan oleh Intan.

Tika pun sangat senang, karena wajahnya lama kelamaan sudah mulai tampak lebih cerah dan berseri dari biasanya. Bekas jerawat yang awalnya terlihat sangat jelas pun kini sudah mulai memudar.

Masker Bengkoang dan Scrub gula pasir yang digunakan untuk wajah dan juga bibirnya pun tak pernah lupa untuk terus ia gunakan, karena mengingat seminggu lagi akan ada acara pensi disekolah nya.

Karena dia berfikir bahwa di acara ini ia pasti akan bertemu dengan Bagus dan dia harus tampil secantik dan juga semempesona mungkin agar menarik perhatian dari Bagus, yang menjadi Lelaki idamannya itu.

Baca Juga : Contoh Prosa – Pengertian, Manfaat, Ciri, Jenis, Perbedaan

Apa yang dimaksud dengan Cerpen?

Cerita pendek atau cerpen termasuk kedalam salah satu jenis dari sebuah karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif, dimana isi dari cerita ini menceritakan sebuah kisah dari seorang tokoh.

Fungsi dari Cerita Pendek ini terdapat beberapa segi yaitu?

Terdapat beberapa segi dari fungsi Cerpen ini, yaitu seperti Fungsi rekreatif, didaktif, estetis, moralitas, dan juga relegiusitas.

Mengapa teks ini dimakan sebagai Cerpen?

Sebab karya fiksi ini menceritakan sebuah pristiwa yang dialami oleh seorang tokoh yang terjadi didalam satu situasi yang kemudian dikembangkan menjadi satu jalinan cerita (alur) yang tunggal dan juga padat.

Demikianlah pembahsan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.